Real Madrid Kembali Merajai Liga Champions

Oleh : Irvan AF | Minggu, 04 Juni 2017 - 09:39 WIB

Real Madrid merayakan kemenangan Liga Champions, Minggu (4/6/2017). (Foto: BBC)
Real Madrid merayakan kemenangan Liga Champions, Minggu (4/6/2017). (Foto: BBC)

INDUSTRY.co.id, Cardiff - Cristiano Ronaldo mencetak dua gol ketika Real Madrid menjadi tim pertama yang mampu mempertahankan gelar Eropa mereka di era Liga Champions, dengan kemenangan 4-1 atas Juventus pada pertandingan final yang berlangsung pada Sabtu ((3/6/2017) untuk mengukir kesuksesan ketiga mereka dalam empat tahun, dan yang ke-12 kalinya secara keseluruhan. Ronaldo mencetak gol pembukaan pada menit ke-20 namun Mario Mandzukic menyamakan kedudukan bagi sang juara Italia dengan sepakan spektakulernya tujuh menit kemudian.

Bagaimanapun, Real memegang kendali permainan pada babak kedua dan sepakan jarak jauh Casemiro yang terdefleksi pada menit ke-60, penyelesaian Ronaldo, dan sepakan pemain pengganti Marco Asensio memastikan kemenangan tim Spanyol itu pada salah satu pertandingan final paling menghibur dalam beberapa tahun terakhir.

Ini merupakan gelar ke-12 Real pada final ke-15 mereka ketika mereka menjadi tim pertama yang mampu mempertahankan gelar juara di era Liga Champions. AC Milan menjadi tim terakhir yang mampu mempertahankan mahkota tertinggi level klub Eropa itu ketika mereka memenanginya pada 1989 dan 1990.

Bagaimanapun, ini merupakan hasil yang membuat patah hati bagi Juventus, yang mengincar "treble" setelah menjuarai Liga Italia dan Piala Italia. Mereka berada di kubu yang kalah untuk ketujuh kalinya dari sembilan final, setelah mereka juga kalah dari Barcelona pada 2015.

Juventus kemasukan lebih banyak gol pada Sabtu dibandingkan tiga gol yang masuk ke gawang mereka dalam 12 pertandingan saat melakukan perjalanannya ke final, ketika skenario serangan Real melawan pertahanan Juve terwujud dengan menguntungkan tim ibukota.

Ini tidak seperti jalannya awal pertandingan, ketika Juventus terlihat sangat berniat menyerang pada fase awal laga.

Bagaimanapun, Real secara bertahap mengembangkan permainan, dan mencetak gol dengan peluang pertama mereka setelah pembangunan serangan trigonometri. Ronaldo menjadi jantung permainan itu, memainkan bola menuju jalur pergerakan Dani Carvajal yang mengirimkan kembali umpan tarik untuk disambar penyerang Portugal ke sudut gawang.

Hal itu membuat dirinya menjadi pemain kedua yang mencetak gol di tiga final, setelah Alfredo di Stefano, yang mencetak gol dalam lima final beruntun untuk Real pada 1950-an, namun ia jauh dari selesai pada malam itu.

Gol hebat Usaha itu sempat tertutupi tujuh menit kemudian oleh salah satu gol terhebat sepanjang masa di partai final.

Bek tengah Juve Leonardo Bonucci mengirimkan bola diagonal panjang menuju lini depan, untuk menciptakan operan bola brilian.

Alex Sandro mencapainya dan mengirimkan bola kembali ke kotak penalti. Gonzalo Higuain meneruskannya ke Mandzukic yang sempat menyentuh bola dengan dadanya dan melompat, dengan punggungnya menghadap ke gawang, untuk menyambarnya dengan sepakan "overhead" yang gagal dihentikan kiper Keylor Navas.

Para penggemar Juventus bersuka cita menyambut gol tersebut, menambah atmosfer gemuruh di stadion yang atapnya ditutup ini.

Bagaimanapun, cerita berbeda terjadi setelah turun minum, dan dominasi Real mengamankan kemenangan mereka melalui dua gol dalam rentang waktu empat menit.

Gelandang Brazil Casemiro mengubah skor menjadi 2-1 ketika sepakan jarak jauhnya yang terdefleksi mengecoh Buffon, dan Ronaldo memasukkan bola untuk menjadi gol ketiga setelah laju dan umpan silang bagus yang dikirimkan Luka Modric.

Gol-gol itu menghantam Juventus, yang harus mengakhiri pertandingan dengan sepuluh pemain setelah Juan Cuadrado diusir keluar lapangan pada menit ke-84, 18 menit setelah masuk sebagai pemain pengganti, menyusul sentuhan ringannya terhadap Sergio Ramos.

Aksi teatrikal Ramos merupakan momen yang tidak perlu pada final yang secara umum berlangsung menarik ini, dan laga ini berakhir dengan catatan positif ketika Marcelo menggiring bola di tepi lapangan dan mengirimkan bola untuk diteruskan Asensio menjadi gol keempat.(ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…