Petani Mesuji Meradang, Harga Karet Hanya Rp4 Ribu perKg

Oleh : Hariyanto | Senin, 03 Oktober 2016 - 16:08 WIB

Petani Mesuji Meradang, Harga Karet Hanya Rp4 Ribu perKg
Petani Mesuji Meradang, Harga Karet Hanya Rp4 Ribu perKg

INDUSTRY.co.id - Sejumlah petani karet di Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung mengeluhkan harga getah karet yang anjlok hingga berada pada kisaran Rp 4 ribu perKg. Sebelum nya harga karet mencapai Rp14 ribu hingga Rp15 ribu perKg.

Para petani karet warga Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji berharap pemerintah segera memberikan solusi, karena saat ini petani karet berada dalam kondisi terpuruk.

Dorisman, salah seorang petani karet menuturkan, dulu saat harga getah karet tinggi, umum nya petani karet warga setempat bisa hidup sejahtera.

“Tapi kini hal itu sangat sulit, kendati sekedar memenuhi kebutuhan sehari-hari pun terkadang tak cukup.”tuturnya minggu (2/10).

Anjlok nya harga karet membuat pendapatan mereka yang dulu mencapai Rp3 hingga Rp5 juta sebulan tapi sekarang hanya tersisa Rp300 ribu hingga Rp500 ribu saja per bulan.

Ferdi, petani karet lainya mengeluhkan hal yang sama, menurutnya dengan harga karet Rp4 ribu perKg tidak akan dapat mencukupi kebutuhan keluarganya. Bahkan, menurutnya, banyak petani karet akhirnya memilih menjual dan meninggalkan kebun memilih menjadi buruh serabutan untuk penuhi kebutuhan keluarga.

“Harga karet cuma Rp4 ribu praktis penghasilan kami sebulan cuma sekitar Rp 600 ribu. Untuk memenuhi kebutuhan empat orang di keluarga saya jelas nggak cukup mas kalo untuk kebutuhan keluarga kami,”ujarnya.

Mereka berharap, untuk mengurangi beban ekonomi petani, pemerintah setempat dapat memberikan bantuan langsung seperti beras dan sembako. (Hariyanto)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:37 WIB

Telkom Paparkan Strategi Indonesia Menuju Global Digital Hub di Indonesia Pavilion

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk memiliki peran penting dalam memastikan pemerataan jaringan dan akses telekomunikasi sekaligus percepatan pertumbuhan ekonomi digital. Kehadiran Telkom secara…

Kepala BPOM Penny K. Lukito (Foto Ist)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:33 WIB

BPOM Komitmen Pembangunan Kesehatan Palestina

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Penny Lukito mengatakan Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk membangun kapasitas Palestina salah satunya pada sektor kesehatan.

- Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj (Foto Ist)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:24 WIB

PBNU Luncurkan NU Channel Tayangan Program Dakwah

Ormas Islam terbesar di Indonesia Nahdlatul Ulama (NU) meluncurkan "NU Channel" yang menayangkan sejumlah program seperti dakwah, doa, kebudayaan, seni dan diskusi.

Manchester United (MU)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 13:20 WIB

Siapkan Dana Capai Rp 60 Triliun, Pangeran Saudi Ini Siap Beli Manchester United

Pangeran Muhammad bin Salman dikabarkan akan mengambil alih Manchester United dari keluarga Glazer senilai 4 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp60 triliun.

PT Mobil Anak Bangsa segera produksi massal bus listrik merek MAB (Foto: Fadli INDUSTRY.co.id)

Selasa, 16 Oktober 2018 - 12:32 WIB

Gandeng Tiongkok, Bakrie Otoparts Akan Kembangkan Bus Listrik

Bakrie Otoparts gandeng perusahaan Tiongkok BYD Corporation mengembangkan bus listrik untuk digunakan di sejumlah kota di Indonesila dalam upaya menciptakan transportasi ramah lingkungan dan…