Petani Mesuji Meradang, Harga Karet Hanya Rp4 Ribu perKg

Oleh : Hariyanto | Senin, 03 Oktober 2016 - 16:08 WIB

Petani Mesuji Meradang, Harga Karet Hanya Rp4 Ribu perKg
Petani Mesuji Meradang, Harga Karet Hanya Rp4 Ribu perKg

INDUSTRY.co.id - Sejumlah petani karet di Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung mengeluhkan harga getah karet yang anjlok hingga berada pada kisaran Rp 4 ribu perKg. Sebelum nya harga karet mencapai Rp14 ribu hingga Rp15 ribu perKg.

Para petani karet warga Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji berharap pemerintah segera memberikan solusi, karena saat ini petani karet berada dalam kondisi terpuruk.

Dorisman, salah seorang petani karet menuturkan, dulu saat harga getah karet tinggi, umum nya petani karet warga setempat bisa hidup sejahtera.

“Tapi kini hal itu sangat sulit, kendati sekedar memenuhi kebutuhan sehari-hari pun terkadang tak cukup.”tuturnya minggu (2/10).

Anjlok nya harga karet membuat pendapatan mereka yang dulu mencapai Rp3 hingga Rp5 juta sebulan tapi sekarang hanya tersisa Rp300 ribu hingga Rp500 ribu saja per bulan.

Ferdi, petani karet lainya mengeluhkan hal yang sama, menurutnya dengan harga karet Rp4 ribu perKg tidak akan dapat mencukupi kebutuhan keluarganya. Bahkan, menurutnya, banyak petani karet akhirnya memilih menjual dan meninggalkan kebun memilih menjadi buruh serabutan untuk penuhi kebutuhan keluarga.

“Harga karet cuma Rp4 ribu praktis penghasilan kami sebulan cuma sekitar Rp 600 ribu. Untuk memenuhi kebutuhan empat orang di keluarga saya jelas nggak cukup mas kalo untuk kebutuhan keluarga kami,”ujarnya.

Mereka berharap, untuk mengurangi beban ekonomi petani, pemerintah setempat dapat memberikan bantuan langsung seperti beras dan sembako. (Hariyanto)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi PLTA Batangtoru di Medan

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:42 WIB

Warga Batangtoru: Percayakan Keselamatan Orangutan Kepada Kami, Mereka Keluarga Kami Ratusan Tahun

Medan Masyarakat di sekitar lokasi pembangunan PLTA Batang Toru, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, terus menyuarakan dukungan terhadap proyek energi bersih terbarukan itu. Mereka menuding, penolakan…

Pejualan Indihome di masyarakat.

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:33 WIB

Telkom Umumkan Pemenang Grand Prize IndiHome Family Vaganza

Jakarta Bertempat di Trans TV Jakarta, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melaksanakan pengundian Grand Prize Program IndiHome, dalam sebuah acara bertajuk Grand Prize - IndiHome Family…

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:00 WIB

Dukungan Pemda Penting Bagi Industri Sawit

Keberadaan perkebunan dan industri sawit sebagai investasi padat karya telah menjadi solusi Pemerintah untuk mendorong peningkatan lapangan kerja serta penyerapan tenaga kerja daerah.

KAI bekerjasama dengan Gerakan Suluh Kebangsaan mengadakan Jelajah Kebangsaan dengan rute dari Merak ke Banyuwangi, 18-22 Februari 2019.

Kamis, 21 Februari 2019 - 19:51 WIB

KAI Jadi Tuan Rumah Kegiatan Jelajah Kebangsaan

PT Kereta Api Indonesia (Persero) senantiasa mendukung kegiatan-kegiatan positif yang dapat memajukan dan mencerdaskan bangsa.

Foto Ilustrasi Kawasan Kumuh

Kamis, 21 Februari 2019 - 19:33 WIB

Tahun Ini, Pemerintah Bakal Tata Kawasan Kumuh Capai 24 Ribu Hektar

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) akan melakukan melaksanakan penataan terhadap 888 hektare (ha) kawasan kumuh pada 2019.