Petani Mesuji Meradang, Harga Karet Hanya Rp4 Ribu perKg

Oleh : Hariyanto | Senin, 03 Oktober 2016 - 16:08 WIB

Petani Mesuji Meradang, Harga Karet Hanya Rp4 Ribu perKg
Petani Mesuji Meradang, Harga Karet Hanya Rp4 Ribu perKg

INDUSTRY.co.id - Sejumlah petani karet di Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung mengeluhkan harga getah karet yang anjlok hingga berada pada kisaran Rp 4 ribu perKg. Sebelum nya harga karet mencapai Rp14 ribu hingga Rp15 ribu perKg.

Para petani karet warga Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji berharap pemerintah segera memberikan solusi, karena saat ini petani karet berada dalam kondisi terpuruk.

Dorisman, salah seorang petani karet menuturkan, dulu saat harga getah karet tinggi, umum nya petani karet warga setempat bisa hidup sejahtera.

“Tapi kini hal itu sangat sulit, kendati sekedar memenuhi kebutuhan sehari-hari pun terkadang tak cukup.”tuturnya minggu (2/10).

Anjlok nya harga karet membuat pendapatan mereka yang dulu mencapai Rp3 hingga Rp5 juta sebulan tapi sekarang hanya tersisa Rp300 ribu hingga Rp500 ribu saja per bulan.

Ferdi, petani karet lainya mengeluhkan hal yang sama, menurutnya dengan harga karet Rp4 ribu perKg tidak akan dapat mencukupi kebutuhan keluarganya. Bahkan, menurutnya, banyak petani karet akhirnya memilih menjual dan meninggalkan kebun memilih menjadi buruh serabutan untuk penuhi kebutuhan keluarga.

“Harga karet cuma Rp4 ribu praktis penghasilan kami sebulan cuma sekitar Rp 600 ribu. Untuk memenuhi kebutuhan empat orang di keluarga saya jelas nggak cukup mas kalo untuk kebutuhan keluarga kami,”ujarnya.

Mereka berharap, untuk mengurangi beban ekonomi petani, pemerintah setempat dapat memberikan bantuan langsung seperti beras dan sembako. (Hariyanto)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

MedcoFoundation gelar Talkshow Literasi Budaya Nusantara (dok INDUSTRY.co.id)

Senin, 18 Desember 2017 - 23:16 WIB

Melalui Nusa Buku, Medco Ajak Masyarakat Perkuat Literasi Nusantara

Medco Group mengajak semua elemen bekerja bersama memperkuat literasi budaya nusantara.

Menteri Perindusterian Airlangga Hartarto

Senin, 18 Desember 2017 - 21:34 WIB

Inilah Strategi Kemenperin Tangkap Peluang Pengembangan Era Digital

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto menegaskan, pihaknya tidak hanya mengajak kepada pelaku industri berskala besar, tetapi juga industri kecil dan menengah (IKM) agar ikut menangkap peluang…

Mobil Listrik Supercar Lowo Ireng

Senin, 18 Desember 2017 - 21:29 WIB

Besok, Jokowi Resmikan Tol Sumo Sekaligus Jajal Mobil Listrik Karya ITS

Jalan tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) seksi 1B, II, dan III akan segera diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo, Selasa (19/12/2017). Kesempatan tersebut rencananya sekaligus dimanfaatkan Presiden…

Vokalis Utama SHINee, Kim Jong Hyun (Foto:soompi.com)

Senin, 18 Desember 2017 - 20:05 WIB

Dugaan Bunuh Diri, Jonghyun SHINee Ditemukan Tak Bernyawa

Kabar duka dari boy band asal Korea Selatan, Vokalis utama grup SHINee, Kim Jong Hyun, Sore ini dikabarkan meninggal dunia. Menurut polisi dan pemadam kebakaran, Jonghyun ditemukan tidak sadarkan…

Pengurus ILUNI UI pimpinan Arief Budhy Hardono (Foto Ist)

Senin, 18 Desember 2017 - 19:04 WIB

ILUNI UI Minta Pemerintah Dorong BUMN Segera Produksi Serum Vaksin Sendiri

Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI), meminta pemerintah untuk segera mendorong badan-badan usaha milik negara (BUMN) dan daerah (BUMD) , memproduksi berbagai serum…