Indonesia dan Jerman Ikat Kerja Sama Maritim

Oleh : Irvan AF | Kamis, 01 Juni 2017 - 10:19 WIB

Kepala Staf Kepresidenan Luhut Binsar Pandjaitan saat ditanya wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta (14/1). (Foto: Setkab.go.id)
Kepala Staf Kepresidenan Luhut Binsar Pandjaitan saat ditanya wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta (14/1). (Foto: Setkab.go.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Indonesia dan Jerman menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk kerja sama di bidang kemaritiman. Penandatangan MoU dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Deputi Perdana Menteri Jerman, yang juga merangkap sebagai Menteri Luar Negeri Jerman, Sigmar Gabriel di kantor Kementerian Luar Negeri Jerman di Berlin, Rabu (31/5).

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis, disebutkan penandatanganan MoU tersebut merupakan implementasi dari deklarasi bersama antara RI-Jerman dalam kerja sama komprehensif yang dilakukan di Jakarta pada 12 Juli 2012.

Beberapa poin yang masuk dalam agenda kerja sama yakni kerja sama strategis maritim, keamanan dan keselamatan laut, investasi infrastuktur maritim, investasi galangan kapal, kerja sama riset dan teknologi serta pelatihan.

Dalam pertemuan tersebut, Menko Luhut didampingi oleh Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim Kemenko Kemaritiman Arif Havas Oegroseno, Deputi Bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Budaya Maritim Kemenko Kemaritiman Safri Burhanuddin, Dubes RI untuk Jerman Fauzi Bowo serta beberapa staf khusus.

Selain menandatangani MoU kerja sama bidang kemaritiman, Luhut juga melakukan dialog dengan Deputi PM Jerman Sigmar Gabriel.

Kedua pihak mendiskusikan beberapa topik hangat termasuk geopolitik di kawasan, keamanan laut, kontra terorisme, dan kerja sama strategis Indonesia-Jerman.

Pertemuan tersebut rencananya akan ditindak lanjuti dengan dua kunjungan balasan Deputi PM Jerman Sigmar Gabriel dan kunjungan Menteri Transportasi dan Infrastruktur Digital Jerman Alexander Dobrindt.

"Deputi PM Jerman akan datang ke Indonesia setelah Pemilu Jerman sekitar akhir September atau awal Oktober, sedangkan untuk kerja sama di bidang konektivitas maritim, Menteri Transportasi Jerman akan datang ke Indonesia sekitar Juli," kata Deputi Arif Havas yang hadir dalam pertemuan tersebut.(ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Pelatihan pengolahan sampah ke Pesantren

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:14 WIB

Kolaborasi CCEP Indonesia dengan Lima Belas Pesantren di Indonesia

Dalam rangka memperkuat komitmen sosial dan lingkungan di bulan Ramadan, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar serangkaian kegiatan bersama lima belas pesantren…