Sate Susu Sapi, Kuliner Khas yang Unik Cocok Untuk Berbuka Puasa

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 31 Mei 2017 - 16:50 WIB

Kuliner Khas dari Kampung Jawa, di Bali, Sate Susu Sapi (Instagram/madewedastra)
Kuliner Khas dari Kampung Jawa, di Bali, Sate Susu Sapi (Instagram/madewedastra)

INDUSTRY.co.id, Bali - Selain keberagaman budaya, adat dan aneka ragam destinasi wisata, Indonesia memang terkenal akan kulinernya yang enak dan unik. Salah satunya yakni kuliner khas dari Bali, Sate Susu Sapi. Hmm.. mendengarnya saja sudah bingung, memang ada yang jual ya? Pasti ada kok, tepatnya di kampung Jawa jalan A.Yani Denpasar, Bali.

Makanan ini memang disajikan khusus saat Bulan Ramadhan, teksturnya dagingnya yang lembut, kenyal dan lezat ini memiliki aroma yang benar-benar menggugah selera. Sate ini memang menjadi salah satu ciri khas di Kampung Jawa atau Kampung Islam di Bali.

Menurut salah satu pengguna Instagram/madewedastra, mengungkapkan dalam postingannya, "Salah satu kuliner khas Ramadhan yang selalu ada waktu bulan puasa di Kampung Jawa dan selalu ramai dicari pembeli....sate susu sapi..eitss bukan susu sapi perah yang di bekukan atau difermentasikan ya...tapi kelenjar susu sapi yang dipakai sate."

Uniknya, bahan dasarnya memang berasal dari payudara sapi, dan ketika saat disantap tekstur kenyal sate susu begitu terasa di mulut, rasanya mirip seperti keju. Warga setempat meyakini sate susu sapi ini dapat memulihkan stamina juga.

Namun, sate susu sapi ini hanya ada pada Bulan Ramadhan saja, dan Anda dapat menemui di sepanjang Jalan Ahmad Yani Denpasar Barat tepatnya di dekat Masjid Baiturrahman. Untuk mencicipi sate susu sapi ini, harganya sangat terjangkau untuk ukuran makanan langka ini.

"Dengan tambahan sambal yang sedikit pedas dan asam menambah rasa nikmat sate ini. Satu porsi isi 10 tusuk seharga Rp 20 ribu. Wajib di coba ini karena hanya ada waktu bulan puasa saja. Selamat berbuka bagi yang berpuasa," kutip madewedastra dalam akun Instagramnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:00 WIB

Berprestasi, Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Empat mahasiswa SIA UBSI yaitu Martina Ayu Wigati, Sari Indriyani, Muhammad Yamin dan Siti Nuraeni Bariati berhasil menjadi Juara 1 Kategori Analisa Keuangan di Gunadarma All About Competition…

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani saat menemui Presiden Komite Organisasi Luar Negeri Musiad Ibrahim Uyar (Foto: Kadin)

Jumat, 18 Januari 2019 - 13:55 WIB

Kunjungi Kadin, Musiad Jajaki Kerja Sama Bisnis

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) siap menjalin kerja sama bisnis dan perdagangan dengan Mustakil Sanayici ve Isadamlari Dernegi (Musiad) atau Asosiasi Pebisnis dan Industri Independen…

Stephanie Tangkilisan (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 18 Januari 2019 - 11:59 WIB

Politik Identitas VS Hoaks Jelang Pemilu 2019

Pertanyaan-pertanyaan yang umumnya timbul adalah apakah isu politik identitas dan hoaks benar-benar akan menurunkan kualitas demokrasi Indonesia di Pemilu nanti?

MRT akan mulai proses uji coba operasi secara penuh mulai tanggal 26 Februari 2019.

Jumat, 18 Januari 2019 - 10:40 WIB

Mulai 26 Februari, Warga Jakarta Bisa Jajal MRT Jakarta Gratis

PT Moda raya terpadu (MRT) Jakarta segera beroperasi pada bulan Maret 2019 mendatang. Namun masyarakat sudah mulai bisa menjajal Ratangga, sebutan untuk kereta MRT, pada akhir Februari mendatang.

Direksi PT Nusantara Properti International Tbk (NATO) berpose bersama I Gede Nyoman Yetna, Direktur Penilaian PT Bursa Efek Indonesia (BEI) usai Perdagangan Perdana saham di Gedung BEI Jakarta.

Jumat, 18 Januari 2019 - 10:28 WIB

Perdagangan Perdana di Bursa Efek Indonesia, Harga NATO Melesat 69,9%

Harga saham PT Nusantara Properti International Tbk (NATO) langsung melesat 69,9% ke posisi Rp175 per unit pada perdagangan perdana di lantai Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (18/01/2019) dibandingkan…