Penjualan Semen Indonesia Tahun Ini Bisa Tumbuh Hingga 5%

Oleh : Hariyanto | Selasa, 30 Mei 2017 - 16:24 WIB

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)
PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)

INDUSTRY.co.id , Jakarta - PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) berharap penjualan semen sepanjang tahun ini bisa tumbuh, meski masih single digit.

"Pertumbuhan penjualan semen perusahaan ini bisa mencapai 4% sampai 5% di tahun ini," kata Sekretaris Perusahaan Semen Indonesia, Agung Wiharto di Jakarta, Selasa (30/5/2017).

Menurut Agung, penjualan semen pada kuartal I tahun ini agak melambat dikarenakan banyak proyek infrastruktur yang tertunda pelaksanaannya. Selain itu juga ada pula proyek yang memang belum berjalan di awal tahun ini.

"Hujan di Januari dan Februari kemarin juga mempengaruhi distribusi semen," tutur Agung.

Untuk bisa menggeber target bisnis tersebut, Semen Indonesia mulai ancang-ancang. Apalagi biasanya menjelang pertengahan tahun biasanya pengerjaan beragam proyek sudah mulai terlihat.

"Bila kondisi ini terjadi, permintaan semen bakal melonjak cepat. Selain itu, biasanya banyak proyek yang statusnya sudah berjalan, bakal dikebut pengerjaannya jelang Lebaran, keadaan tersebut sejatinya sudah mulai terlihat di akhir Maret 2017 kemarin," ujar Agung.

Agung menambahkan, pengerjaan proyek jelang Lebaran biasanya menjadi siklus tahunan. Maklum, kontraktor musti kejar target lantaran akan berhenti beroperasi saat libur Lebaran selama kisaran dua pekan.

"Diharapkan kuartal II ini bisa untung, jika dibandingkan kuartal lainnya, triwulan satu biasanya lesu karena dan permintaan semen tinggi pada Agustus dan September," pungkasnya.

Berdasarkan data Asosiasi Semen Indonesia (ASI), penjualan semen Indonesia periode Januari sampai April 2017 masih bisa tumbuh 4,6% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, yakni 8,2 juta ton.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 19 Maret 2019 - 21:30 WIB

Indonesia Posisi Kedua Sebagai Negara Dengan Optimisme Tinggi Terapkan Industri 4.0

Berdasarkan hasil riset McKinsey, Indonesia menempati posisi kedua sebagai negara dengan optimisme tertinggi dalam menerapkan industri 4.0, yakni 78%.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Ngakan Timur Antara

Selasa, 19 Maret 2019 - 21:06 WIB

INDI 4.0 Jadi Acuan Kemenperin Ukur Kesiapan Industri Masuk Era Digitalisasi

Kementerian Perindustrian terus memacu kesiapan sektor manufaktur nasional dalam memasuki era industri 4.0 khususnya lima sektor yang telah menjadi prioritas berdasarkan peta jalan Making Indonesia…

Kemen Kominfo

Selasa, 19 Maret 2019 - 19:33 WIB

Kominfo Blokir 11.803 Konten Radikalisme dan Terorisme

Jakarta-Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melakukan pemblokiran konten internet yang memuat radikalisme dan terorisme sebanyak 11.803 konten mulai dari tahun 2009 sampai tahun 2019.…

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Selasa, 19 Maret 2019 - 16:50 WIB

Lewat Program Santripreneur, Kemenperin Telah Bina Lebih dari 4 Ribu Santri Jadi Wirausaha

Kementerian Perindustrian hingga saat ini telah membina dan memberikan pelatihan tentang kewirausahaan kepada 4.720 santri.

Direktur Utama PT Jababeka Morotai Basuri Tjahja

Selasa, 19 Maret 2019 - 16:48 WIB

Dirut PT Jababeka Morotai Cari Investor untuk Kembangkan Bandara Internasional KEK Morotai

Perhelatan Metal & Energy International Summit 2019 kembali digelar selama dua hari yang berlangsung 19 -20 Maret 2019, di Hotel JS Luwansa. Acara ini menghadirkan sekitar 100 delegasi negara…