Penjualan Semen Indonesia Tahun Ini Bisa Tumbuh Hingga 5%

Oleh : Hariyanto | Selasa, 30 Mei 2017 - 16:24 WIB

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)
PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)

INDUSTRY.co.id , Jakarta - PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) berharap penjualan semen sepanjang tahun ini bisa tumbuh, meski masih single digit.

"Pertumbuhan penjualan semen perusahaan ini bisa mencapai 4% sampai 5% di tahun ini," kata Sekretaris Perusahaan Semen Indonesia, Agung Wiharto di Jakarta, Selasa (30/5/2017).

Menurut Agung, penjualan semen pada kuartal I tahun ini agak melambat dikarenakan banyak proyek infrastruktur yang tertunda pelaksanaannya. Selain itu juga ada pula proyek yang memang belum berjalan di awal tahun ini.

"Hujan di Januari dan Februari kemarin juga mempengaruhi distribusi semen," tutur Agung.

Untuk bisa menggeber target bisnis tersebut, Semen Indonesia mulai ancang-ancang. Apalagi biasanya menjelang pertengahan tahun biasanya pengerjaan beragam proyek sudah mulai terlihat.

"Bila kondisi ini terjadi, permintaan semen bakal melonjak cepat. Selain itu, biasanya banyak proyek yang statusnya sudah berjalan, bakal dikebut pengerjaannya jelang Lebaran, keadaan tersebut sejatinya sudah mulai terlihat di akhir Maret 2017 kemarin," ujar Agung.

Agung menambahkan, pengerjaan proyek jelang Lebaran biasanya menjadi siklus tahunan. Maklum, kontraktor musti kejar target lantaran akan berhenti beroperasi saat libur Lebaran selama kisaran dua pekan.

"Diharapkan kuartal II ini bisa untung, jika dibandingkan kuartal lainnya, triwulan satu biasanya lesu karena dan permintaan semen tinggi pada Agustus dan September," pungkasnya.

Berdasarkan data Asosiasi Semen Indonesia (ASI), penjualan semen Indonesia periode Januari sampai April 2017 masih bisa tumbuh 4,6% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, yakni 8,2 juta ton.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirjen IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih

Sabtu, 19 Januari 2019 - 19:35 WIB

Kemeneperin Bidik Industri Perhiasan Tumbuh 5 Persen

Kementerian Perindustrian terus mendorong penguatan branding produk perhiasan Indonesia agar lebih berdaya saing di tingkat global.

Peluncuran Kampanye #KomuterTegar Redoxon

Sabtu, 19 Januari 2019 - 19:30 WIB

Kampanye #KomuterTegar Redoxon, Siapkan Komuter Indonesia untuk Jaga Daya Tahan Tubuh Sehat dan Kuat

Redoxon, merek vitamin daya tahan tubuh terkemuka dari Bayer. hari ini meluncurkan kampanye #KomuterTegar guna menyebarluaskan kesadaran kepada para komuter di Indonesia untuk menjaga daya tahan…

Jenius solusi life financebagi masyarakat melek digital ataudigital savvy.

Sabtu, 19 Januari 2019 - 17:53 WIB

Jenius Hadirkan Solusi Dongkrak Penetrasi Keuangan di Jawa Timur

Diciptakan melalui semangat kokreasi, Jenius terus berinovasi menciptakan fitur-fitur unik sebagai solusilife financebagi masyarakat melek digital ataudigital savvy. Setelah diperkenalkan kepada…

Sabtu, 19 Januari 2019 - 16:49 WIB

Pemangkas Rambut Garut Mendapat Akses KPR Subsidi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memperluas jangkauan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang bisa menikmati subsidi rumah seperti program KPR Fasilitas Likuiditas…

Presiden Jokowi Minta Pembangunan Rusun Terus Dilanjutkan

Sabtu, 19 Januari 2019 - 16:23 WIB

Presiden Jokowi Minta Pembangunan Rusun Terus Dilanjutkan

Salah satu Rusun yang dibangun tahun 2018 adalah Rusun Pondok Pesantren Darul Arqom di Desa Ngamplangsari, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut.