Burger King Bikin Ulah, Raja Belgia Marah

Oleh : Irvan AF | Selasa, 30 Mei 2017 - 14:10 WIB

Gerai Burger King. (Foto: Daily Mail)
Gerai Burger King. (Foto: Daily Mail)

INDUSTRY.co.id, Brussels - Burger King bermasalah dengan Kerajaan Belgia gara-gara iklan promosi yang meminta warga Belgia mengikuti pemungutan suara daring untuk "memahkotai" Burger King sebagai penguasa sejati negara tempat merek Amerika Serikat akan diluncurkan bulan depan itu.

Perwakilan Raja Belgia Philippe pada Senin (29/5) meminta unit lokal Burger King, yang dimiliki oleh Restaurant Brands International, untuk menjelaskan maksud iklan tersebut.

"Kami katakan kepada mereka bahwa kami tidak senang dengan penggunaan citra raja dalam kampanye mereka," kata juru bicara istana Pierre-Emmanuel De Bauw kepada kantor berita Reuters.

Dia menambahkan citra raja yang dimunculkan dalam bentuk kartun tersebut tidak dapat digunakan untuk kepentingan komersial.

Shana Van den Broeck, juru bicara Burger Brands Belgium, mengatakan perusahaan sedang mempertimbangkan apakah akan mengubah iklan itu.

"Kami sedang mempertimbangkan bagaimana melanjutkannya," kata dia. "Jika kami membuat perubahan kampanye, kami akan mengkomunikasikannya," kata dia seperti dinukil kantor berita Reuters.

Iklan animasi itu, yang menyebut Raja Philippe nobatkan pada 2013, mengumumkan peluncuran merek Burger King di Belgia bulan ini dan bertanya: "Dua Raja. Satu mahkota. Siapa yang akan memerintah? Berikan suara sekarang..."

Siapa pun yang memilih raja berusia 57 tahun itu, kemudian menghadapi serangkaian pertanyaan seperti: "Anda yakin ... ? Dia tidak akan memasak kentang goreng untuk Anda."

Jajak pendapat lucu-lucuan itu mungkin telah menyentuh bagian sensitif di Brussels. Tahun 1950, warga Belgia melaksanakan referendum mengenai usul untuk menghapus kerajaan pada masa pemerintahan kakek Raja Philippe, Leopold III, selama pendudukan Nazi. Leopold terpaksa turun takhta untuk anaknya, paman Philippe.(ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pesawat AirAsia Tampilkan Logo Wonderful Indonesia (Foto Dije)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:30 WIB

AirAsia X Pastikan Tambah 34 Airbus A330neo

Afiliasi AirAsia, AirAsia X memastikan telah memesan tambahan 34 pesawat Airbus A330neo berbadan lebar.

Ilustrasi Exit Tol

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:26 WIB

Perbankan Danai Rp3,3 Triliun Tol Kunciran-Serpong

Pihak perbankan yang terdiri atas sindikasi empat bank memberikan dana pinjaman Rp3,3 triliun untuk pembangunan ruas jalan tol Kunciran-Serpong oleh PT Marga Trans Nusantara (MTN), yang merupakan…

Terminal LCC di Bandara Soetta (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:22 WIB

Terminal 4 Soetta Bukan untuk LCC

PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta tidak didesain untuk penerbangan berbiaya murah (low cost carrier/LCC).

Dian Sastro dan Mikha Tambayong dalam jumpa pers Torch Relay Asian Games 2018. (Foto: Detik.com)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 15:30 WIB

Ini Deretan Seleb yang Jadi Pembawa Obor Torch Relay Asian Games 2018

Pagelaran Asian Games 2018 tinggal menghitung hari. Pesta olahraga se-Asia ini diselenggarakan pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang. Ini menjadi momentum berharga…

Inneke Koesherawati, artis (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 15:14 WIB

KPK Segera Jelaskan Keterlibatan Inneke Koesherawati Saat OTT di Lapas Sukamiskin

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) turut mengamankan artis Inneke Koesherawati, istri terpidana perkara korupsi Fahmi Darmawansyah dalam kegiatan operasi tangkap tangan (OTT) di Lapas Sukamiskin…