Inilah Hasil Kajian Dari B2TKE-BPPT Terhadap Besaran Listrik Pohon kedongdong

Oleh : Ridwan | Senin, 29 Mei 2017 - 14:35 WIB

BPPT (Foto Setkab)
BPPT (Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah melakukan penelitian, bersangkutan dengan penemuan listrik pohon kedongdong yang diciptakan oleh Naufal di Langsa, Aceh Timur.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil produksi listrik dari tumbuhan masih belum memadai untuk kebutuhan listrik yang wajar.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Balai Besar Teknologi Konservasi Energi (B2TKE-BPPT), Andhika Prastawa saat konferensi pers di kantor BPPT, Jakarta.

"Pengukuran tersebut menhasilkan data bahwa besaran listrik pada pohon masih dalam kisaran mili watt, dengan tegangan yang dihasilkan dalam skala ratusan mili hingga satuan volt, serta arus dalam mili ampere," ungkap Andhika Prastawa di jakarta (29/5/2017).

Berikut analisa yang dihasilkan oleh B2TKE-BPPT, sejumlah 6 pohon kedongdong dipasang masing-masing 6 pasang elektroda seng dan tembaga. Dari rangkaian seri paralel, diujung elektroda diperoleh pengukuran tegangan total sebesar 2,774 vdc. Ujung rangkaian pohon ini dihubungkan pada conveter arus searah untuk mencatu batere bertegangan 3,5 Vdc, kemudian melaliu inveter dihubungkan ke beban lampu LED 5 watt 220 Vac. Pada saat lampu dinyalakan, setelah 10 menit terukur tegangan dari pohon energi turun dari 2,774 Vdc menjadi 1,870 Vdc.

Dengan laju penurunan seperti itu, diperkirakan 6 pohon kedongdong tersebut hanya sanggup mencatu lampu tidak lebih dari 20 menit, dengan perkiraan energi sekitar 1,7 Watt selama 1 jam.

"Dengan demikian, meskipun terbukti pohon kedongdong dapat menghasilkan listrik, namun masih belum mencukupi kebutuhan listrik secara wajar," terangnya.

Menurut Andhika, kesimpulannya bahwa pohon kedongdong ini dapat menghasilkan listrik dalam jumlah waktu yang terbatas. dengan demikian, pohon ini hanya dapat dijadikan salah satu sumber energi bagi peralatan energi rendah.

Andhika berharap agar pemerintah dapat memberikan perhatian dan pembinaan yang intensif kepada Naufal, agar yang bersangkutan dapat berkembang kemampuan dan minat penelitiannya.

"Kepada berbagai pihak, diharapkan dapat menyikapi hasil percobaan tersebut secara wajar dan bujaksana, sehingga tidak memberikan beban harapan terlalu besar bagi percobaan listrik dari pohon kedongdong ini," tutup Andhika.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelombang tinggi (Foto Sindonews)

Jumat, 22 Maret 2019 - 04:44 WIB

BMKG: Gelombang Laut Laut Sawu NTT Diprediksi Capai 3,5 Meter

Badan Meteorologi, Klimatologi dan dan Geofisika (BMKG) menyatakan gelombang tinggi yang terjadi pada beberapa wilayah perairan laut di Nusa Tenggara Timur (NTT) saat ini, akibat siklon tropis…

Kondisi Jalan Pasca Banjir Bandang Sentani Jayapura

Jumat, 22 Maret 2019 - 04:37 WIB

11.156 Orang Pengungsi Banjir Jayapura Papua

Jumlah pengungsi yang terdampak banjir bandang di Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, hingga Kamis (21/3/2019) mencapai 11.156 orang.

Mbak Tutut (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 22 Maret 2019 - 04:29 WIB

Mbak Tutut : Perbedaan Memperkaya Indonesia Kita

Siti Hardijanti Rukmana, putri sulung Presiden Soeharto yang akrab disapa Mbak Tutut mengatakan, perbedaan dan keanekaragam di berbagai aspek di nusantara tercinta, justru akan memperkaya Indonesia.

Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Maret 2019 - 21:00 WIB

Capres Prabowo dan AHY Dijadwalkan Kampanye Akbar di Makassar

Calon Presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, dijadwalkan melaksanakan kampanye akbar pada Minggu, 24 Maret 2019 di Makassar, Sulawesi Selatan.

Eksplorasi Budaya Betawi Dalam Desain Kontemporer di Superdesign Show Milan 2019

Kamis, 21 Maret 2019 - 20:52 WIB

Delapan Ikon Betawi Pamer Budaya di Milan Design Week 2019

Setelah melewati proses kurasi, Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD) oleh Artura kembali menampilkan karya desain kontemporer kreatif dalam ajang Super Design Show, yang merupakan bagian…