Sektor Infrastruktur Meningkat, Semen Indonesia Bangun Pabrik di Aceh dan Kupang

Oleh : Herry Barus | Senin, 29 Mei 2017 - 13:15 WIB

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)
PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)

INDUSTRY.co.id - Jakarta—  PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) tengah melakukan studi kelayakan untuk rencana pembangunan dua pabrik barunya yaitu Semen Indonesia Aceh dan Semen Kupang Indonesia.

"2 Pabrik tersebut akan memperkuat portofolio fasilitas produksi perusahaan semen pelat merah terbesar di Tanah Air tersebut di wilayah Sumatra dan timur Indonesia. Untuk nilai investasinya belum ada, tapi kebijakan perusahaan adalah capital expenditure (Capex) tahun ini sebesar 20% dari total revenue tahun lalu, termasuk untuk akuisisi dan pembangunan fasilitas," kata Direktur Keuangan PT Semen Indonesia Tbk, Darmawan Junaidi kepada  Imq di Jakarta, Senin (29/5/2017).

Darmawan mengatakan, pabrik di Aceh merupakan proyek yang sebelumnya dimiliki perusahaan lain, tetapi diambil alih oleh Semen Indonesia dengan kepemilikan saham sebesar 52%. Pabrik di Kabupaten Pidie Jaya tersebut ditargetkan dapat beroperasi pada 2020 hingga 2021.

"Untuk pabrik semen di Kupang, saat ini perseroan sedang mengupayakan pengadaan lahan sehingga pembangunan belum dimulai. Pabrik tersebut juga ditargetkan dapat beroperasi pada 2020," papar dia.

Adapun, saat ini Semen Indonesia telah memiliki empat pabrik yang berlokasi di Gresik dan Tuban di Jawa Timur, Sumatra Barat, dan Sulawesi Selatan. Total kapasitas keempat pabrik tersebut yaitu 35,50 juta ton per tahun atau tertinggi di antara pabrik semen lain yang beroperasi di Indonesia.

Darmawan menambahkan, perseroan ingin menjaga posisi sebagai pemimpin pangsa pasar untuk menjamin pertumbuhan ekonomi nasional tetap bertumpu pada perusahaan nasional.

"Makanya, kami ingin terus bisa lead pasar. Setiap negara saat ini sudah oversupply semen dan kami masih paling tinggi pangsa pasarnya karena saluran distribusi yang terbesar," tutur Darmawan.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Natasha Demetra, Cheryl Halpern, Imam Prihadiyoko, Sri Anglung Prabu Punta dan Damien Dematra dalam sesi diskusi "vision of peace"i

Rabu, 12 Desember 2018 - 11:41 WIB

Visions of Peace Jadi Tema Lomba Karya Seni Film, Lukisan dan Puisi

Dalam rangkaian peringatan Hari Toleransi Sedunia yang jatuh tanggal 10 Desember setiap tahunnya, Majelis Adat Budaya Keraton Nusantara (Madukara), Menara62 Muhammadiyah dan International Festivals…

Dirjen Horti, Suwandi memegang hasil panen cabai

Rabu, 12 Desember 2018 - 11:19 WIB

Jaga Pasokan dan Harga, Kementan Terus Dorong Pengembangan Olahan Aneka Cabai

Pati,- Salah satu program fokus Kementerian Pertanian (Kementan) yakni membangun kawasan cabai di daerah sentra guna meningkatkan produksi dan stabilisasi harga. Hal ini penting karena cabai…

Ilustrasi Petani Kakao

Rabu, 12 Desember 2018 - 11:05 WIB

Indonesia sebagai Produsen Kakao Dunia Bukan Mimpi

Bogor, Jawa Barat Hasil riset Peneliti Kementerian Pertanian menawarkan solusi untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas biji kakao Indonesia. Tanaman kakao (Theobroma cacao L.) merupakan…

Bank Indonesia

Rabu, 12 Desember 2018 - 10:47 WIB

Festival Ekonomi Syariah Indonesia Resmi Dibuka

Surabaya - Festival Ekonomi Syariah Indonesia atau Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2018 secara resmi dibuka pada hari ini (11/12) di Surabaya.Penyelenggaraan ISEF tahun ini mengangkat…

Gedung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jakarta

Rabu, 12 Desember 2018 - 10:30 WIB

OJK Akan Tindak Lanjuti 200 Pengaduan Fintech Bermasalah

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan segera menindaklanjuti sekitar 200 pengaduan masyarakat terhadap layanan fintech lending yang masuk ke institusinya.