Sektor Infrastruktur Meningkat, Semen Indonesia Bangun Pabrik di Aceh dan Kupang

Oleh : Herry Barus | Senin, 29 Mei 2017 - 13:15 WIB

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)
PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)

INDUSTRY.co.id - Jakarta—  PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) tengah melakukan studi kelayakan untuk rencana pembangunan dua pabrik barunya yaitu Semen Indonesia Aceh dan Semen Kupang Indonesia.

"2 Pabrik tersebut akan memperkuat portofolio fasilitas produksi perusahaan semen pelat merah terbesar di Tanah Air tersebut di wilayah Sumatra dan timur Indonesia. Untuk nilai investasinya belum ada, tapi kebijakan perusahaan adalah capital expenditure (Capex) tahun ini sebesar 20% dari total revenue tahun lalu, termasuk untuk akuisisi dan pembangunan fasilitas," kata Direktur Keuangan PT Semen Indonesia Tbk, Darmawan Junaidi kepada  Imq di Jakarta, Senin (29/5/2017).

Darmawan mengatakan, pabrik di Aceh merupakan proyek yang sebelumnya dimiliki perusahaan lain, tetapi diambil alih oleh Semen Indonesia dengan kepemilikan saham sebesar 52%. Pabrik di Kabupaten Pidie Jaya tersebut ditargetkan dapat beroperasi pada 2020 hingga 2021.

"Untuk pabrik semen di Kupang, saat ini perseroan sedang mengupayakan pengadaan lahan sehingga pembangunan belum dimulai. Pabrik tersebut juga ditargetkan dapat beroperasi pada 2020," papar dia.

Adapun, saat ini Semen Indonesia telah memiliki empat pabrik yang berlokasi di Gresik dan Tuban di Jawa Timur, Sumatra Barat, dan Sulawesi Selatan. Total kapasitas keempat pabrik tersebut yaitu 35,50 juta ton per tahun atau tertinggi di antara pabrik semen lain yang beroperasi di Indonesia.

Darmawan menambahkan, perseroan ingin menjaga posisi sebagai pemimpin pangsa pasar untuk menjamin pertumbuhan ekonomi nasional tetap bertumpu pada perusahaan nasional.

"Makanya, kami ingin terus bisa lead pasar. Setiap negara saat ini sudah oversupply semen dan kami masih paling tinggi pangsa pasarnya karena saluran distribusi yang terbesar," tutur Darmawan.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PMA 9502 dan Polytron Play meraih penghargaan GDI 2018 dari Kemendag

Senin, 23 Juli 2018 - 19:55 WIB

PMA 9502 dan Polytron Play Raih Penghargaan GDI 2018 dari Kemendag

Selain mengutamakan kualitas pada barang, setiap orang pasti mempertimbangkan juga model, bentuk dan design. Karena komponen diatas adalah salah satu penentu sehingga diputuskan untuk mendapatkannya…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada acara Sarasehan OTNAS (Foto: Dok. Kemenperin)

Senin, 23 Juli 2018 - 19:43 WIB

Kemenperin Usulkan Bangun Laboratorium Kimia di Indonesia

Kementerian Perindustrian tengah mengusulkan agar di Indonesia dapat dibangun laboratorium rujukan kimia yang memiliki standar internasional. Pasalnya, keberadaan laboratorium tersebut di wilayah…

Jumpa pers kampanye #1000HariPerlindungan pada anak bersama Sleek Baby, di Djakarta Theater XXI (23/7). (Dina Astria/Industry.co.id)

Senin, 23 Juli 2018 - 19:35 WIB

Jangan Salah Pilih, Ini 3 Kriteria Wajib untuk Beri Perlindungan Higienis Pada Anak

Semua orang tua pastinya ingin memberikan perlindungan optimal untuk anak. Sejak janin dalam kandungan, hingga ia tumbuh dan beranjak dewasa. Perlindungan yang diberikan mulai dari asupan nutrisi…

Mi Terpedas di Dunia di Ubud Food Festival 2018 (Foto: Chodijjah Febriyani/Industry.co.id)

Senin, 23 Juli 2018 - 19:30 WIB

Wow! Ada Mie Terpedas di Dunia, Berani Coba?

Kuliner Indonesia identik dengan makanan pedasnya. Salah satunya masakan yang sedang hits yakni mie terpedas yang terdapat di Warung Abang Adek yang legendaris itu. Memiliki rasa yang sangat…

Ketum PPP dan Presiden Jokowi (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 23 Juli 2018 - 19:29 WIB

Senin Malam, Presiden Jokowi Bertemu Ketum Parpol Koalisi

Presiden Joko Widodo, Senin malam, dijadwalkan melakukan pertemuan dengan enam ketua umum partai politik anggota koalisinya di Istana Bogor.