BPPT: Pengembangan Energi Listrik Pohon Kedongdong Tidaklah Semudah Memasang Listrik Elektrik

Oleh : Ridwan | Senin, 29 Mei 2017 - 12:35 WIB

BPPT (Foto Setkab)
BPPT (Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Nama Naufal Raziq, siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Langsa, Aceh Timur baru-baru ini sempat viral di berbagai lini masa dengan penemuan listrik yang bersumber dari pohon kedongdong.

Hal ini pun ditanggapi Badan PEngkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melalui Deputi Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi (TAB), Eniya L. Dewi yang menyebutkan bahwa pada dasarnya semua makanan dan minuman yang mengandung asam dapat menjadi sumber energi baterai.

"Temuan energi listrik terapan itu harus didukung pengembangannya sehingga dapat menjadi sumber listrik yang mumpuni dan dapat digunakann sehari-hari," ungkap Eniya L. Dewi saat konferensi pers di kantor BPPT, Jakarta (29/5/2017).

Dalam kesempatan yang sama, Eniya juga memberi apresiasi atas percobaan yang dilakukan Naufal yang menemukan adanya listrik pada poho kedongdong pagar. "Inisiatif siswa tersebut untuk melakukan percobaan ini sangat baik, semangat peneliti tersebut harus dibina dan terus dikembangkan," ucapnya.

Menurut Eniya, pengembangan energi listrik alternatif pohon kedongdong ini tidaklah semudah memasang listrik elektrik, sebab perlu penelitian lebih lanjut terhadap unsur hara tanah, iklim dann topografi wilayah. Mengingat energi ini berasal dari kambium zat asam pohon yang dapat berasimilasi dengan iklim yang berbeda untuk dapat berkembang labih baik.

Sejauh ini, energi alternatif yang diciptakan oleh Naufal memang belum bisa menggantikan kebutuhan masyarakat atas listrik untuk kebutuhan sehari-hari.

"Kami dari BPPT akan siap membantu mengembangkan dan mengaplikasikan ke masyarakat yang membutuhkan. Hasil karya anak bangsa ini harus kita dukung," tutup Eniya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Suasana diskusi yang bertajuk “Kasus Privatisasi JICT Jilid II (2015-2039), Kemana Pemerintah dan KPK” yang digelar Serikat Pekerja (SP) JICT di Hotel Sunlake, Sunter, Jakarta, Kamis (21/03/2019) petang.

Jumat, 22 Maret 2019 - 20:49 WIB

Pakar Hukum UGM: Perpanjangan Kontrak Pelindo II dan Hutchison Ports Tetap Sah

Oce Madril, pakar Tindak Pidana Korupsi Universitas Gajah Mada (UGM), menilai perjanjian perpanjangan kontrak PT Jakarta International Container Terminal (JICT) antara PT Pelindo II dan Hutchison…

Tommy Soeharto Ketum Partai Berkarya (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 22 Maret 2019 - 20:00 WIB

Tommy Soeharto: Kami Hadir Memberi Bukti, Bukan Janji

Ketua Umum Partai Berkarya Tommy Soeharto mengatakan partainya berkomitmen memberi solusi dan bukti, bukan janji, untuk meningkatkan produksi pangan nasional.

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Jumat, 22 Maret 2019 - 19:05 WIB

Kemenperin Dorong IKM Logam Perluas Kemitraan Dengan Perusahaan Otomotif

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menegah dan Aneka (IKMA) meenggelar acara Kick-Off IKM dalam Supply Chain Industri Otomotif Nasional.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto ketika mengunjungi sentra IKM logam Ngingas, Sidoarjo, Jawa Timur

Jumat, 22 Maret 2019 - 18:18 WIB

IKM Siap Berkontribusi dalam Rantai Pasok Industri Otomotif Nasional

Industri Kecil Menengah (IKM) siap berkontribusi dalam rantai pasok industri otomotif nasional yang diwujudkan melalui keberhasilan Koperasi Batur Jaya (KBJ) yang sejak awal Januari 2019 berhasil…

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

Jumat, 22 Maret 2019 - 18:00 WIB

Tingkat Layanan Jalan Tol, Menteri Rini Ikut Simulasi RFID Jasa Marga

PT Jasa Marga Tbk menggelar simulasi transaksi nir sentuh berbasis Radio-Frequency Identification (RFID) atau Single Lane Free Flow (SLFF) untuk meningkatkan layanan dan kenyamanan bagi para…