PT Perkebunan Nusantara III Garap Pabrik Minyak Goreng di Sumatera Utara

Oleh : Hariyanto | Senin, 29 Mei 2017 - 08:51 WIB

PTPN III (ist)
PTPN III (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III Holding bersama PTPN IV membentuk anak usaha baru bernama PT Industri Nabati Lestari, berlokasi di Kawasan Industri Sei Mangkei, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, anak usaha PTPN ini akan memproduksi minyak goreng.

"Berdiri di lahan seluas 2.000 hektar (ha), pabrik yang saat ini masuk dalam tahap pembangunan atau konstruksi ini memiliki kapasitas produksi minyak goreng sebesar 600.000 ton setahun," kata Direktur Utama PTPN III Holding, Dasuki Amsir di Jakarta, Jumat (26/5/2017).

Dasuki mengatakan, untuk membangun pabrik minyak goreng, pihaknya menyiapkan investasi hampir Rp1 triliun. Dana berasal dari internal sebesar 30% dan 70% dari pinjaman perbankan.

"Sekarang sudah memasuki tahap konstruksi dan ditargetkan sudah mulai beroperasi akhir 2018 atau awal 2019," tuturnya.

Kebutuhan minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) yang digunakan sebagai bahan baku minyak goreng mencapai 2.000 ton per hari. Pasokan bahan baku itu berasal dari PTPN III dan PTPN IV masing-masing 1.000 ton.

Dalam proses pengolahan, tidak semua CPO akan menjadi minyak goreng. Sekitar 75% dari CPO dapat dijadikan minyak goreng, sementara 25% sisanya menjadi oleochemical.

Untuk mengolah oleochemical itu, perusahaan plat merah ini akan bekerjasama dengan PT Unilever Oleochemical Indonesia (UOI). Unilever nantinya akan menyerap dan mengolah oleochemical yang dihasilkan PTPN.

Minyak goreng yang di produksi akan dibagi dalam dua jenis, yakni minyak goreng curah dan minyak koreng kemasan. Minyak goreng curah rencananya akan didistribusikan ke pasar dengan menggunakan kontainer, sementara minyak goreng kemasan dikemas dalam ukuran 1 liter hingga 5 liter.

PTPN masih membuka peluang menambah kapasitas produksi pabrik minyak goreng bila permintaan terus meningkat. Pendirian pabrik ini untuk memenuhi kebutuhan minyak goreng yang terus naik. Pada 2017, kebutuhan minyak goreng kemasan Indonesia diproyeksikan 1,1 juta ton dan curah 3,5 juta ton.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gerai Mitra 10. (Foto: Panoramio)

Senin, 16 Juli 2018 - 21:08 WIB

Jadi Pemegang Saham Strategis di CSAP, SCG Percepat Pertumbuhan Mitra 10

Siam Cement Group (SCG), salah satu pemimpin konglomerat bisnis di ASEAN, hari ini, Senin (16/7/2018) mengumumkan penandatanganan perjanjian kerja sama denganPT Catur Sentosa Adiprana Tbk. (Kode…

Tim Wushu Indonesia yang berlagapada ajangKejuaraan Dunia Wushu Junior di Brasilia, Brasilberfoto bersama denganDuta BesarIndonesiauntuk Brasil, TotoRiyanto (Foto: Dok. Kemenperin)

Senin, 16 Juli 2018 - 20:33 WIB

Harumkan Nama Bangsa di Kejuaraan Dunia, Tim Wushu RI Juga Bawa Misi Ekonomi Berkelanjutan

Tim Wushu Indonesia mampu harumkan nama bangsa di ajang Kejuaran Dunia Wushu Junior ke-7 (7th World Junior Wushu Championships) di Brasilia, Brasil yang berlangsung pada tanggal 9-15 Juli 2018.…

PLN Ilustrasi

Senin, 16 Juli 2018 - 20:00 WIB

KPK Geledah Kantor Pusat PLN

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah kantor pusat Perusahaan Listrik Negara (PLN) di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin dalam penyidikan dugaan tindak pidana korupsi suap…

Dirut PLN Sofyan Basir beserta manajamen menggelar konferensi pers perihal kasus PLTU Riau 1, Senin (16/7/2018) (Dok: INDUSTRY.co.id)

Senin, 16 Juli 2018 - 19:42 WIB

Tersandung Hukum, PLN Hentikan Proyek PLTU Riau 1

Manajemen PLN akhirnya memutuskan proyek pembangunan PLTU Riau 1 hingga proses hukum selesai. Dimana PLTU Riau 1 merupakan proyek konsorsium anak usaha PLN yaitu PT Pembangkit Jawa Bali (PJB)…

Sofyan Basir (Foto/Rziki Meirino)

Senin, 16 Juli 2018 - 19:30 WIB

Dirut PLN: Status Saya Adalah Saksi

Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sofyan Basir mengatakan status hukumnya usai rumahnya didatangi KPK adalah masih sebagai saksi.