Berikut adalah Keunggulan Dan Pangsa Pasar Industri di Kawasan Industri Kendal

Oleh : Nandi Nanti | Minggu, 28 Mei 2017 - 22:39 WIB

INDUSTRY.co.id - Kawasan Industri Kendal yang terletak sekitar 21 km di sebelah barat Semarang dan 20 km dari Bandara Internasional Ahmad Yani serta 25 km dari Pelabuhan Tanjung Mas, telah menjadi magnit baru bagi para investor baik dari dalam negeri maupun luar negeri untuk menanamkan modalnya.

Kawasan ini dirancang menjadi kawasan industri ber-standar internasional dengan pembangunan mixed-use yang mencakup daerah industri serta perumahan dan komersial yang memenuhi peningkatan permintaan untuk kompetitif biaya manufaktur di Indonesia. berbagai kemudahan investasi dan fasilitas modern juga ditawarkan disini.

Berikut adalah keunggulan serta Industri-industri yang memiliki pangsa pasar di Kawasan Industri Kendal Semarang Jawa Tengah,

1. Keunggulan Kawasan Industri Kendal :

Pelayanan Terpadu Satu Pintu, meliputi Kemudahan Pengajuan Izin Usaha, Pengelolaan dan perekrutan tenaga kerja, Keamanan 24 jam, Layanan Logistik dan Pengelolaan Kawasan.

Akses yang Sangat Mudah, yakni: Terletak diantara pusat industri utama di Jawa : Jakarta, Surabaya, dan Bandung. Kawasan Industri Kendal ini memiliki biaya operasional yang lebih rendah karena berjarak hanya 25 km dari Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang yang menjadi satu-satunya pelabuhan besar di Jawa Tengah, dan pelabuhan laut terbesar ketiga di Indonesia setelah Tanjung Priok (Jakarta) dan Tanjung Perak (Surabaya).

Selain akses laut, melalui penerbangan, dari Semarang ke Jakarta ditempuh dengan 1 jam penerbangan, dan 2 jam penerbangan dari Singapura ke Semarang. Sementara menggunakan jalur darat, Kawasan Industri Kendal ke Kota Semarang ditempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Berada di Semarang, Ibu Kota Jawa Tengah, Semarang adalah pusat bisnis di Jawa Tengah dan kota perniagaan terbesar ke-5 di Indonesia.Sebagai pusat pemerintahan Jawa Tengah dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal Jawa Tengah, lokasi ini memberikan efisiensi dalam perizinan usaha.

Upah Kompetitif, melansir data dari provinsi Jawa Tengah, pada tahun 2015 standar upah untuk Kabupaten Kendal senilai Rp.1.383.000 per bulan (sekitar US$112) .Tingkat upah ini sangat kompetitif bagi investor.

Tenaga Kerja Terampil: Selain penduduk Jawa Tengah yang harmonis dan ramah, Disini penduduknya juga terlatih dengan baik dan merupakan profil tenaga kerja yang sempurna bagi berbagai macam industri. di sini berdiri Universitas Gajah Mada (UGM)di Yogyakarta yang merupakan salah satu universitas terkemuka di Indonesia. selain itu terdapat 1.184 lembaga pelatihan kerja (150.000 lulusan/tahun) dan 274 universitas dan 20 politeknik (103.000 lulusan/tahun).

2. Pangsa pasar Industri di Kawasan Industri Kendal :

Mebel Kayu, Semarang dikenal sebagai pusat mebel di Indonesia, dengan pasokan kayu jati yang berlimpah dan dukungan lembaga-lembaga pelatihan khusus industri kayu.

Produk Garmen & Tekstil, Sepatu dan Kulit, Pabrik Garmen dan Tekstil adalah salah satu industri kunci di Jawa Tengah, yang mengandalkan ketersediaan jumlah buruh yang besar dan tingkat upah buruh yang kompetitif.

Pengolahan Makanan (agrikultur, herbal, seafood), Pengolahan makanan merupakan salah satu industri strategis di Jawa Tengah. Hal ini didukung oleh berlimpahnya hasil tangkapan laut yang segar dan produk pertanian di daerah ini.

Produk Layanan Konsumen dan Produk Elektronik, Semarang juga memiliki beberapa PMA yang mengoperasikan pabrik produk elektronik dengan jumlah tenaga kerja dan output yang besar.

Industri Berat (Pemrosesan bijih tambang / peleburan), Akses ke perairan Laut Jawa yang dimiliki oleh Kawasan Industri Kendal untuk mendukung industri berat seperti pabrik baja. Ketersediaan lahan yang luas juga memungkinkan perluasan wilayah pabrik. Para pemilik usaha diharuskan untuk mematuhi standar pengolahan limbah di Kawasan Industri Kendal atau memiliki sistem pra-pengolahan limbah sendiri sebelum membuang limbah ke pusat pengolahan air limbah di Kawasan Industri Kendal.

Produk Kimia dan Suku Cadang dan Komponen Otomotif

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…