Petrokimia Gresik Lakukan Ekspansi Buka Gerai Petromart Keenam di Probolinggo

Oleh : Hariyanto | Minggu, 28 Mei 2017 - 12:19 WIB

Petrokimia Gresik Buka Enam Gerai Petromart (ist)
Petrokimia Gresik Buka Enam Gerai Petromart (ist)

INDUSTRY.co.id - Gresik, Produsen pupuk regional PT Petrokimia Gresik (PG) melakukan ekspansi membuka gerai Petromart keenam di Kota Probolinggo. Gerai Petromart keenam tersebut sekaligus melengkapi lima gerai Petromart lainnya di Jawa Timur seperti Pasuruan, Bondowoso, Tuban, Batu, dan Malang.

Sebelumnya, Petrokimia Gresik telah membuka Gerai Petromart di Gresik pada 2015, kemudian Bojonegoro pada 2016, dan Nganjuk pada 2017. Dengan demikian, Petrokimia Gresik memiliki total sembilan Petromart yang seluruhnya berada di Jawa Timur.

Direktur Teknik & Pengembangan (Dirtekbang) PT Petrokimia Gresik, Arif Fauzan menyatakan bahwa Petromart merupakan gerai atau toko pertanian yang menjual secara retail produk pupuk non-subsidi dan produk pengembangan PG group seperti produk hayati, benih, produk olahan pangan, serta pestisida.

"Pengembangan Petromart di daerah ini merupakan salah satu bentuk penetrasi pasar dan sebagai usaha PG untuk semakin mendekatkan diri dengan konsumen serta memberikan pelayanan yang lebih baik lagi," ujar Arif, Jumat (26/5/2017).

Arif menyebutkan, sejak pertama kali diluncurkan Petromart mendapat tanggapan positif dari masyarakat. Selain menjawab kebutuhan petani di desa, Petromart juga menyasar kebutuhan pertanian dan perkebunan masyarakat perkotaan (urban farming).

"Berdasarkan analisa usaha atau feasibility study, Petromart sangat layak untuk dikembangkan menjadi suatu entitas bisinis di daerah," tutur Arif.

Dalam ekspansi Petromart, PG menggandeng Koperasi Karyawan Keluarga Besar Petrokimia Gresik (K3PG) yang mengelola Petromart di Probolinggo, Pasuruan, Bondowoso, Tuban, dan Batu.Sedangkan Petromart di Kabupaten Malang dikelola oleh PT Gresik Cipta Sejahtera (GCS) yang juga masih satu grup dengan PG.

"Petromart siap menerima konsultasi konsumen terkait aplikasi produk, rekomendasi pemupukan, pengendalian hama dan penyakit tanaman, dan sebagainya," lanjut Arif.

Kedepan PG akan kembali mengkaji kemungkinan untuk mewaralabakan Petromart sebagai bentuk pengembangan Petromart di wilayah-wilayah potensial lainnya. "Kami akan terus mengevaluasi kinerja Petromart dan hasil evaluasinya akan menjadi dasar bagi kami dalam pengembangan Petromart ke depan," ungkap Arif.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Girls Group 'TWICE' (Foto: soompi/stardailynews)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 17:00 WIB

Pelaku Ancaman Pembunuhan Girlband TWICE Ditangkap Polisi

Seorang pengguna forum Ilbe membuat sebuah postingan yang berisi ancaman pembunugan terhadap personel TWICE Mina pada Juni 2017 lalu. Ia bahkan mengunggahnya dengan foto sebuah pisau.

Pesawat AirAsia Tampilkan Logo Wonderful Indonesia (Foto Dije)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:30 WIB

AirAsia X Pastikan Tambah 34 Airbus A330neo

Afiliasi AirAsia, AirAsia X memastikan telah memesan tambahan 34 pesawat Airbus A330neo berbadan lebar.

Ilustrasi Exit Tol

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:26 WIB

Perbankan Danai Rp3,3 Triliun Tol Kunciran-Serpong

Pihak perbankan yang terdiri atas sindikasi empat bank memberikan dana pinjaman Rp3,3 triliun untuk pembangunan ruas jalan tol Kunciran-Serpong oleh PT Marga Trans Nusantara (MTN), yang merupakan…

Terminal LCC di Bandara Soetta (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:22 WIB

Terminal 4 Soetta Bukan untuk LCC

PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta tidak didesain untuk penerbangan berbiaya murah (low cost carrier/LCC).

Dian Sastro dan Mikha Tambayong dalam jumpa pers Torch Relay Asian Games 2018. (Foto: Detik.com)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 15:30 WIB

Ini Deretan Seleb yang Jadi Pembawa Obor Torch Relay Asian Games 2018

Pagelaran Asian Games 2018 tinggal menghitung hari. Pesta olahraga se-Asia ini diselenggarakan pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang. Ini menjadi momentum berharga…