Petrokimia Gresik Lakukan Ekspansi Buka Gerai Petromart Keenam di Probolinggo

Oleh : Hariyanto | Minggu, 28 Mei 2017 - 12:19 WIB

Petrokimia Gresik Buka Enam Gerai Petromart (ist)
Petrokimia Gresik Buka Enam Gerai Petromart (ist)

INDUSTRY.co.id - Gresik, Produsen pupuk regional PT Petrokimia Gresik (PG) melakukan ekspansi membuka gerai Petromart keenam di Kota Probolinggo. Gerai Petromart keenam tersebut sekaligus melengkapi lima gerai Petromart lainnya di Jawa Timur seperti Pasuruan, Bondowoso, Tuban, Batu, dan Malang.

Sebelumnya, Petrokimia Gresik telah membuka Gerai Petromart di Gresik pada 2015, kemudian Bojonegoro pada 2016, dan Nganjuk pada 2017. Dengan demikian, Petrokimia Gresik memiliki total sembilan Petromart yang seluruhnya berada di Jawa Timur.

Direktur Teknik & Pengembangan (Dirtekbang) PT Petrokimia Gresik, Arif Fauzan menyatakan bahwa Petromart merupakan gerai atau toko pertanian yang menjual secara retail produk pupuk non-subsidi dan produk pengembangan PG group seperti produk hayati, benih, produk olahan pangan, serta pestisida.

"Pengembangan Petromart di daerah ini merupakan salah satu bentuk penetrasi pasar dan sebagai usaha PG untuk semakin mendekatkan diri dengan konsumen serta memberikan pelayanan yang lebih baik lagi," ujar Arif, Jumat (26/5/2017).

Arif menyebutkan, sejak pertama kali diluncurkan Petromart mendapat tanggapan positif dari masyarakat. Selain menjawab kebutuhan petani di desa, Petromart juga menyasar kebutuhan pertanian dan perkebunan masyarakat perkotaan (urban farming).

"Berdasarkan analisa usaha atau feasibility study, Petromart sangat layak untuk dikembangkan menjadi suatu entitas bisinis di daerah," tutur Arif.

Dalam ekspansi Petromart, PG menggandeng Koperasi Karyawan Keluarga Besar Petrokimia Gresik (K3PG) yang mengelola Petromart di Probolinggo, Pasuruan, Bondowoso, Tuban, dan Batu.Sedangkan Petromart di Kabupaten Malang dikelola oleh PT Gresik Cipta Sejahtera (GCS) yang juga masih satu grup dengan PG.

"Petromart siap menerima konsultasi konsumen terkait aplikasi produk, rekomendasi pemupukan, pengendalian hama dan penyakit tanaman, dan sebagainya," lanjut Arif.

Kedepan PG akan kembali mengkaji kemungkinan untuk mewaralabakan Petromart sebagai bentuk pengembangan Petromart di wilayah-wilayah potensial lainnya. "Kami akan terus mengevaluasi kinerja Petromart dan hasil evaluasinya akan menjadi dasar bagi kami dalam pengembangan Petromart ke depan," ungkap Arif.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto saat meresmikan pabrik farmasi PT Ethica

Kamis, 23 November 2017 - 18:12 WIB

Kemenperin Perdalam Struktur Industri Farmasi Nasional

Kementerian Perindustrian tengah memprioritaskan pendalaman struktur industri farmasi nasional terutama di sektor hulu atau produsen penyedia bahan baku farmasi. Upaya strategis ini untuk mengurangi…

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Prof. DR. Yohana Susana Yembise, Dip, Apling, MA., PhD. bersama Lansia

Kamis, 23 November 2017 - 18:00 WIB

Selain Jawa Tengah, NTT Rawan Perdagangan Manusia

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana S Yembise mengatakan Nusa Tenggara Timur masuk dalam zona merah "human trafficking" atau perdagangan manusia.

Menperin Airlangga resmikan Pabrik Farmasi di Cikarang Bekasi

Kamis, 23 November 2017 - 17:01 WIB

Menteri Airlangga Resmikan Pabrik Farmasi Senilai Rp1 Triliun

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto hari ini, Kamis (23/11/2017) meresmikan pabrik farmasi milik PT Ethica di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Kepala BPPI Kementerian Perindustrian, Ngakan Timur Antara

Kamis, 23 November 2017 - 16:54 WIB

Kemenperin Bentuk Balai Litbang di Pekanbaru Guna Tingkatkan Nilai Tambah CPO

Riau merupakan salah satu provinsi yang memiliki pertumbuhan ekonomi cukup baik, dengan didorong oleh aktivitas industri pengolahan kelapa sawit.

Menhub Budi Karya S (humas kemenhub)

Kamis, 23 November 2017 - 16:30 WIB

Menhub Budi Karya Tnjau Pengoperasian Kereta Bandara Soetta

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau pengoperasian Kereta Bandara Internasional Soekarno-Hatta dari Stasiun Sudirman Baru Jakarta, menggunakan kereta inspeksi, Kamis (23/11/2017)