Petrokimia Gresik Lakukan Ekspansi Buka Gerai Petromart Keenam di Probolinggo

Oleh : Hariyanto | Minggu, 28 Mei 2017 - 12:19 WIB

Petrokimia Gresik Buka Enam Gerai Petromart (ist)
Petrokimia Gresik Buka Enam Gerai Petromart (ist)

INDUSTRY.co.id - Gresik, Produsen pupuk regional PT Petrokimia Gresik (PG) melakukan ekspansi membuka gerai Petromart keenam di Kota Probolinggo. Gerai Petromart keenam tersebut sekaligus melengkapi lima gerai Petromart lainnya di Jawa Timur seperti Pasuruan, Bondowoso, Tuban, Batu, dan Malang.

Sebelumnya, Petrokimia Gresik telah membuka Gerai Petromart di Gresik pada 2015, kemudian Bojonegoro pada 2016, dan Nganjuk pada 2017. Dengan demikian, Petrokimia Gresik memiliki total sembilan Petromart yang seluruhnya berada di Jawa Timur.

Direktur Teknik & Pengembangan (Dirtekbang) PT Petrokimia Gresik, Arif Fauzan menyatakan bahwa Petromart merupakan gerai atau toko pertanian yang menjual secara retail produk pupuk non-subsidi dan produk pengembangan PG group seperti produk hayati, benih, produk olahan pangan, serta pestisida.

"Pengembangan Petromart di daerah ini merupakan salah satu bentuk penetrasi pasar dan sebagai usaha PG untuk semakin mendekatkan diri dengan konsumen serta memberikan pelayanan yang lebih baik lagi," ujar Arif, Jumat (26/5/2017).

Arif menyebutkan, sejak pertama kali diluncurkan Petromart mendapat tanggapan positif dari masyarakat. Selain menjawab kebutuhan petani di desa, Petromart juga menyasar kebutuhan pertanian dan perkebunan masyarakat perkotaan (urban farming).

"Berdasarkan analisa usaha atau feasibility study, Petromart sangat layak untuk dikembangkan menjadi suatu entitas bisinis di daerah," tutur Arif.

Dalam ekspansi Petromart, PG menggandeng Koperasi Karyawan Keluarga Besar Petrokimia Gresik (K3PG) yang mengelola Petromart di Probolinggo, Pasuruan, Bondowoso, Tuban, dan Batu.Sedangkan Petromart di Kabupaten Malang dikelola oleh PT Gresik Cipta Sejahtera (GCS) yang juga masih satu grup dengan PG.

"Petromart siap menerima konsultasi konsumen terkait aplikasi produk, rekomendasi pemupukan, pengendalian hama dan penyakit tanaman, dan sebagainya," lanjut Arif.

Kedepan PG akan kembali mengkaji kemungkinan untuk mewaralabakan Petromart sebagai bentuk pengembangan Petromart di wilayah-wilayah potensial lainnya. "Kami akan terus mengevaluasi kinerja Petromart dan hasil evaluasinya akan menjadi dasar bagi kami dalam pengembangan Petromart ke depan," ungkap Arif.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelatihan tekhnisi AC

Rabu, 19 September 2018 - 21:41 WIB

GMT Institute Dukung Yoofix Sediakan Tenaga Kerja Terampil dan Professional

Kegiatan assessment ini untuk mengetahui kapasitas fixer yang selanjutnya dilakukan pengembangan dan optimalisasi yang akhirnya mendapatkan sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi…

Kementerian Koperasi Gelar Bimtek Pengawsan Koperasi yang dilaksanakan di Gorontalo 19-20 September 2018 ini diikuti Satgas Pengawas Koperasi dan Satgas Pengawas Usaha Simpan Pinjam se Provinsi Gorontalo.

Rabu, 19 September 2018 - 21:34 WIB

Perkuat Pengawasan Koperasi Melalui Peningkatan IT

Kementerian Koperasi dan UKM terus memberikan pembekalan terhadap satuan tugas pengawasan koperasi di daerah terkait pemahaman regulasi. Pembekalan ini sekaligus memberikan dukungan kepada satgas…

Ruben Onsu Selaku Pemilik Geprek Bensu saat menyerahkan secara simbolis hadiah Umroh dan Holy Trip kepada pemenang (Foto: Dok. Geprek Bensu)

Rabu, 19 September 2018 - 21:05 WIB

Geprek Bensu Umumkan Undian Hadiah Umroh dan Holy Trip Kepada Empat Pemenang Beruntung

Outlet Geprek Bensu yang memiliki khas ayam geprek sangat di minati oleh masyarakat luas, BrandGeprek bensu yang berdiri sejak 17 April 2017 ini menargetkan mampu membuka 100outlet di seluruh…

Press conference CDE Product information di JIExpo Kemayoran

Rabu, 19 September 2018 - 20:55 WIB

Terus Berinovasi, Produk CDE Sand Washing Plant PT. Adi Satya Sentosa Jadi Solusi Hindari Illegal Mining

Perusahaan yang bergerak dibidang perusahaan umum hingga ke industri berskala besar, PT. Adi Satya Sentosa terus berinovasi dan mengembangkan diri sebagai instansi penyedia jasa terbaik dibidang…

Citi Indonesia Dukung Penyelenggaraan Indonesia 2018 Asian Para Games

Rabu, 19 September 2018 - 19:00 WIB

Citi Indonesia Dukung Penyelenggaraan Indonesia 2018 Asian Para Games

Citi Indonesia (Citibank) hari ini mengumumkan dukungannya terhadap penyelenggaraan Indonesia 2018 Asian Para Games sebagai Official Sponsor, yang akan berlangsung di Jakarta pada tanggal 6…