Simak Resep Kue Putu Mayang, Kue Khas Betawi Ini Yuk!

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 28 Mei 2017 - 12:00 WIB

Kue Putu Mayang (Foto:resepcaramasak)
Kue Putu Mayang (Foto:resepcaramasak)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kuliner khas Betawi ini, sudah jarang sekali ditemukan. Hanya momen-momen tertentu kue ini dapat kita jumpai. Kue berbentuk unik ini menyerupai benang kusut yang memang saat ini jarang sekali kita temukan.

Menariknya, kue tradisional ini disuguhkan dengan berbagai warna yang unik dan disajikan dengan parutan kelapa atau bisa dengan kuah gula merah. Kue tradisional ini sering kita jumpai dalam acara hajatan, syukuran, atau saat Bulan Ramadhan.

Jika Anda kangen ingin menyantap kue khas Betawi ini, Anda bisa membuatnya di rumah sebagai makanan untuk berbuka puasa yang nikmat.

Kue Putu Mayang (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Melansir dari berbagai sumber, simak yuk resepnya.

Bahan :

1. Tepung beras, 250 gram
2. Tepung sagu, 200 gram
3. Santan cair, 800 ml
4. Garam (secukupnya)

Bahan Saus Putu Mayang

1.Santan kental, 1000 ml
2.Gula merah, 150 gram
3.Gula pasir, 50 gram
4.Daun pandan, 2 lbr
5.Garam (secukupnya)
6. Selain gula merah bisa disajikan dengan parutan kelapa.

Cara Buat :

Campurkan bahan-bahan seperti tepung beras, santan dan garam. Lalu masak hingga matang, setelah sudah matang angkat dan dinginkan. Tambahkan tepung sagu ke dalam campuran yang dingi tersebut, jika ingin membuat dengan berbagai warna,  adonan dibagi tiga misalnya, 1 warna putih, 1 warna hijau, dan satu warna merah.

Aduk hingga merata, lalu tuang ke dalam cetakan kue Putu Mayang (bisa cari di pasar, cetakan kue khusus Putu Mayang). Setelah itu, kukus selama kurang lebih 10 menit dalam panci yang beralaskan daun pisang, periksa setiap tiga menit, lalu jika dirasa sudah matang, angkat.

Sedangkan, jika ingin membuat saus gula merahnya. Masak bahan saus yang sudah dicampur menjadi satu yakni santan, gula pasir, gula merah, garam dan daun pandan. Gunakan api yang sedang, aduk hingga mendidih. Jika sudah, angkat.

Tuang saus Putu Mayang dalam wadah yang sudah disiapkan bersama kue Putu Mayang yang sudah matang. Gimana? mudah bukan?

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani (Foto Ist)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 15:15 WIB

Kadin Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun 2019 di Kisaran 5,3 Persen

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2019 sebesar 5,3% atau di bawah target pemerintah sebesar 5,4%-5,8%.

Rizal Calvary Marimbo Juru Bicara Asosiasi Produsen Listrik Swasta Indonesia (APLSI) (Foto Industry.co.id)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 15:15 WIB

Ribut DMO Batu Bara Bukti Visi EBT Jonan-PLN Sangat Lemah

Tarik-ulur soal implementasi Domestik Market Obligation batu bara terus berlanjut. Terakhir, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menggandeng PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) dan…

Zedd dan BTS (Foto : Allkpop)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 15:00 WIB

BTS Pastikan Akan Kolaborasi Dengan Zedd

Saat hadir di Billboard Music Awards 2018, BTS diwawancarai oleh salah satu stasiun radio Amerika di backstage. Anggota Bangtan Boys memberikan jawaban terkait pertanyaan soal kolaborasi mereka…

PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF (Foto Istimewa)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 14:45 WIB

Lewat Tiga Brand-nya, Indofood Jadi Official Partner Ajang Asian Games 2018

Sebagai salah satu perusahaan pangan nasional di Indonesia, PT Indofood Sukses Makmur Tbk, melalui tiga brand-nya yaitu Indomie, Pop Mie, dan Indomilk, menyatakan dukungannya sebagai official…

Apple Inc dipastikan bakal tanam investasi langsung di Indonesia. Perusahaan teknologi informasi (TI) raksasa asal Amerika Serikat itu tengah membuka pusat inovasi yang akan bertempat di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang.

Sabtu, 26 Mei 2018 - 13:31 WIB

Pengunjung Merosot, Toko Apple Tutup di Amerika Serikat

Kabar nelangsa industri ritel datang silih berganti. Bukan hanya toko pakaian, makanan, dan furnitur, bahkan pebisnis teknologi wahid pun mesti melepas aset propertinya. Kali ini, giliran raksasa…