Simak Resep Kue Putu Mayang, Kue Khas Betawi Ini Yuk!

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 28 Mei 2017 - 12:00 WIB

Kue Putu Mayang (Foto:resepcaramasak)
Kue Putu Mayang (Foto:resepcaramasak)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kuliner khas Betawi ini, sudah jarang sekali ditemukan. Hanya momen-momen tertentu kue ini dapat kita jumpai. Kue berbentuk unik ini menyerupai benang kusut yang memang saat ini jarang sekali kita temukan.

Menariknya, kue tradisional ini disuguhkan dengan berbagai warna yang unik dan disajikan dengan parutan kelapa atau bisa dengan kuah gula merah. Kue tradisional ini sering kita jumpai dalam acara hajatan, syukuran, atau saat Bulan Ramadhan.

Jika Anda kangen ingin menyantap kue khas Betawi ini, Anda bisa membuatnya di rumah sebagai makanan untuk berbuka puasa yang nikmat.

Kue Putu Mayang (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Melansir dari berbagai sumber, simak yuk resepnya.

Bahan :

1. Tepung beras, 250 gram
2. Tepung sagu, 200 gram
3. Santan cair, 800 ml
4. Garam (secukupnya)

Bahan Saus Putu Mayang

1.Santan kental, 1000 ml
2.Gula merah, 150 gram
3.Gula pasir, 50 gram
4.Daun pandan, 2 lbr
5.Garam (secukupnya)
6. Selain gula merah bisa disajikan dengan parutan kelapa.

Cara Buat :

Campurkan bahan-bahan seperti tepung beras, santan dan garam. Lalu masak hingga matang, setelah sudah matang angkat dan dinginkan. Tambahkan tepung sagu ke dalam campuran yang dingi tersebut, jika ingin membuat dengan berbagai warna,  adonan dibagi tiga misalnya, 1 warna putih, 1 warna hijau, dan satu warna merah.

Aduk hingga merata, lalu tuang ke dalam cetakan kue Putu Mayang (bisa cari di pasar, cetakan kue khusus Putu Mayang). Setelah itu, kukus selama kurang lebih 10 menit dalam panci yang beralaskan daun pisang, periksa setiap tiga menit, lalu jika dirasa sudah matang, angkat.

Sedangkan, jika ingin membuat saus gula merahnya. Masak bahan saus yang sudah dicampur menjadi satu yakni santan, gula pasir, gula merah, garam dan daun pandan. Gunakan api yang sedang, aduk hingga mendidih. Jika sudah, angkat.

Tuang saus Putu Mayang dalam wadah yang sudah disiapkan bersama kue Putu Mayang yang sudah matang. Gimana? mudah bukan?

Komentar Berita

Industri Hari Ini

MyRepublic gelar kompetisi antar sekolah dengan tema Dunia Dalam Genggamanku. Kompetisi digelar di 6 kota besar yaitu Jabodetabek, Surabaya, Semarang, Malang, Palembang, dan Medan mulai tanggal 5 Maret 2018 26 Maret 2018

Rabu, 21 Februari 2018 - 18:34 WIB

Begini Startegi MyRepublic Kejar 500 Ribu Jaringan Baru

INDUSTRY.co.id, Jakarta -MyRepublic, perusahaan penyedia layanan internet cepat dan hiburan tanpa batas tahun ini menargetkan 500.000 jaringan baru, salah satunya ialah melalui kerjasama dengan…

Peluncuran Generali Protection (G-PRO) (Foto: Ridwan/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 21 Februari 2018 - 18:20 WIB

Generali Gandeng Bank BTN Berikan Perlindungan Penyakit Kritis Bagi Nasabah KPR

PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali Indonesia)bersama PT Bank Tabungan Negara (Persero)kembali meluncurkan Generali Protection (G-PRO).

Ilustrasi Pekerja Pabrik Sarung Tangan Karet (Ist)

Rabu, 21 Februari 2018 - 17:50 WIB

Industri Sarung Tangan Karet, Dari 40 Pabrik Tersisa 5 Pabrik, Mengerikan!

Isu penutupan pabrik hingga saat ini masih menjadi perbincangan hangat di kalangan para pelaku industri. Harga gas yang tak kunjung turun menjadi pemicu tutupnya beberapa pabrik di Indonesia.

Achmad Widjaja, Wakil Ketua Komite Tetap Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Bidang Industri Hulu dan Petrokimia

Rabu, 21 Februari 2018 - 17:03 WIB

Kisruh Harga Gas Buat Investor Wait and See, Industri Petrokimia Makin Tak Matang

Investasi sektor petrokimia hingga saat ini masih belum ada perencanaan yang matang. Pasalnya, investor masih menunggu ketegasan pemerintah terkait penurunan harga gas untuk industri.

CEO blanja.com Aulia E Marinto

Rabu, 21 Februari 2018 - 17:00 WIB

Industri UMKM Harus Punya Kreativitas E-Commerce

Ketua Umum Indonesia E-Commerce Association (Idea) Aulia E Marinto mengatakan industri usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) harus memiliki kreativitas dalam memberdayakan "e-commerce" (perdagangan…