Sektor ILMATE Diharapkan Tumbuh Empat Persen Hingga Akhir 2017

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 27 Mei 2017 - 15:50 WIB

Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin I Gusti Putu Suryawirawan (Foto:metrotvnew)
Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin I Gusti Putu Suryawirawan (Foto:metrotvnew)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kementerian Perindustrian menargetkan sektor Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) tumbuh sekitar 4 persen hingga akhir 2017.

"Kami targetkan 4 koma sekian dengan fokus mengembangkan industri logam dasar," kata Dirjen Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan di Jakarta, Jumat (26/4/2017)

Putu menyampaikan, industri prioritas berbasis mineral meliputi empat jenis logam yaitu besi baja, aluminium, tembaga dan nikel.

"Ada beberapa alasan sehingga empat jenis logam tersebut dijadikan sebagai prioritas, salah satunya adalah hilirisasi bahan baku empat jenis mineral bijih besi, bauksit, tembaga dan nikel mempunyai dampak yang signifikan bagi perekonomian melalui investasi dan peningkatan nilai tambah," paparnya.

Selain itu, Kemenperin juga fokus melakukan pengembangan industri elektronika dan telematika diarahkan pada penumbuhan dan pengembangan industri komponen elektronika dan telematika, pengembangan industri telekomunikasi atau telepon Seluler dan Pengembangan Industri Perangkat Lunak dan Konten Multimedia.

Untuk pengembangan industri permesinan dan alat mesin pertanian, Kemenperin fokus pada industri pembangkit energi; industri alat berat; industri barang modal, komponen, bahan penolong dan jasa industri; dan industri alat kesehatan.

Sementara sisanya, fokus pada pengembangan industri kendaraan bermotor, industri kedirgantaraan, industri perkapalan dan industri kereta api.

Putu menambahkan, sektor ILMATE tumbuh 3,87 persen tahun lalu, di mana industri logam tumbuh 1,94 persen, industri mesin tumbuh 2,85 persen, industri alat transportasi tumbuh 4,52 dan industri elektronika tumbuh 8,49 persen.

"Pertumbuhan ILMATE tersebut memberikan kontribusi sebesar 4,93 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada 2016," pungkasnya. (Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

APEC

Rabu, 17 April 2024 - 05:31 WIB

Bicara di Forum APEC, ID FOOD Sampaikan Inisiatif Strategis Peningkatan Akses Petani dan UMKM Perempuan di Sektor Pangan

Jakarta – Perempuan semakin memegang peranan penting dalam ekosistem pertanian dan pangan. Hal tersebut dilihat dari tumbuhnya kontribusi perempuan di tahapan rantai pasok industri pangan…

Dankormar Laksanakan Olahraga Bersama dengan Pejabat Utama Mako Kormar

Rabu, 17 April 2024 - 05:15 WIB

Dankormar Laksanakan Olahraga Bersama dengan Pejabat Utama Mako Kormar

Sebagai upaya peningkatan kesehatan dan kekompakan dalam mempererat hubungan antar Pejabat Utama Mako Kormar, Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.…

Dankormar Ikuti dan Laksanakan Penyerahan Paket Lebaran

Rabu, 17 April 2024 - 05:09 WIB

Dankormar Ikuti dan Laksanakan Penyerahan Paket Lebaran

Dalam rangka merayakan hari raya Idul Fitri 1445 H/2024 M Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. mengikuti sekaligus menyerahkan…

Drone Mendukung Tugas Operasi Prajurit Marinir

Rabu, 17 April 2024 - 04:59 WIB

Drone Mendukung Tugas Operasi Prajurit Marinir

Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP., dan Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Muda Yayan Sofiyan, S.T., M.Si.,…

Talenta-talenta Bank Mandiri

Selasa, 16 April 2024 - 23:31 WIB

Disiplin Menyemai Talenta Pegawai, Bank Mandiri Kembali Menuai Gelar Kampiun LinkedIn Top Companies 2024

Konsisten menjalankan transformasi yang berkelanjutan, kembali membawa Bank Mandiri memperoleh apresiasi dan masuk sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karir di Indonesia versi LinkedIn…