'Munggahan' Salah Satu Tradisi Unik Adat Sunda Sambut Ramadhan

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 27 Mei 2017 - 14:19 WIB

Ngariung, Salah Satu Cara Makan Dalam Tradisi Munggahan Untuk Menyambut Bulan Suci Ramadhan (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Ngariung, Salah Satu Cara Makan Dalam Tradisi Munggahan Untuk Menyambut Bulan Suci Ramadhan (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Menyambut Bulan Suci Ramadhan, berbagai macam kegiatan yang diselenggarakan diberbagai daerah. Menjelang Ramadhan, ada sebuah tradisi yang sampai saat ini masih menjadi tradisi hingga saat ini, salah satunya 'Munggahan'.Pastinya, tiap daerah tidak melewatkan momen ini.

Bahkan setiap daerah memiliki keunikan dan keanekaragaman masing-masing dalam tradisi menyambut datangnya Bulan Ramadhan. Mungghan juga sebagai cara untuk melestarikan atau mewariskan suatu tradisi turun-temurun.

Cara makan 'Mungghan' ini disebut dengan 'Ngariung' artinya berkumpul untuk memanjatkan doa. Kebanyakan, masyarakat Sunda menggunakan cara makan ini dengan cara lesahan. Uniknya makanan ini disajikan di atas daun pisang atau daun pandan yang digelar lalu disantap bersama-sama.

Menurut Fitriyani (25) tahun, seorang Karyawati yang pernah makan secara 'Ngirung' ini mengungkapkan bahwa, "Ngariung ini mempunyai makna kebersamaan, jadi Kita makan bersama-sama di atas daun pisang, dengan lauk yang bermacam-macam," ungkapnya kepada Industry.co.id, Kamis (25/5/2017).

Ia menambahkan, Ngariung itu berasal dari bahasa Sunda yang artinya makan bersama.

"Dengan makan Ngariung ini, diharapkan dapat menumbuhkan rasa kebersamaan, solidaritas, kekeluargaan, kan kita makan sambil ngrobol sambil tukar pikiran juga," tambahnya.

Saya ingin, cara makan Ngariung ini merupakan sebagai hal yang positif dan menjadi salah satu untuk mengembangkan makanan khas Indonesia.

"Iya, termasuk untuk mempromosikan makanan khas Indonesia. Kan ada, sambelnya yang khas Sunda, tempe, tahu, ayam, dipadukan dengan makanan khas Betawi, bisa pakai sayur asam," pungkasnya, Fitriyani.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

IHSG - Bursa Efek Indonesia (Dok INDUSTRY.co.id)

Rabu, 26 September 2018 - 09:53 WIB

Fundamental Stabil Hari Ini Cermati Sepuluh Saham

INDUSTRY.co.id

Jakarta - IHSG saat ini jelang pergantian bulan sekaligus pergantian kuartal dimana rilis data perekonomian awal bulan suku bunga dan inflasi yang…

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Rabu, 26 September 2018 - 09:20 WIB

IHSG Dalam Zona Negatif

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Diperkirakan IHSG masih akan bergerak pada zona negatif meskipun terbatas dengan rentan pergerakan 5781-5903. Saham-saham yang masih dapat…

Gondola Climbing

Rabu, 26 September 2018 - 08:50 WIB

Jebsen &Jessen; dan Solusinya Industri Indonesia untuk Tingkatkan National Competitiveness

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Chairman Jebsen & Jessen (SEA), Heinrich Jessen mengemukakan bahwa group perusahaan memberikan dukungan terhadap agenda pertumbuhan ekonomi…

Samsung Salurkan Donasi Senilai Rp 1,5 Miliar Untuk Korban Gempa Lombok

Rabu, 26 September 2018 - 08:20 WIB

Gandeng PMI, Samsung Salurkan Donasi Senilai Rp 1,5 Miliar Untuk Korban Gempa Lombok

Samsung Peduli Lombok Bersama PMI Bangun 500 Hunian Sementara, Pengadaan 200.000 liter Air Bersih, dan Layanan Kesehatan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono

Rabu, 26 September 2018 - 08:02 WIB

Menteri PUPR Dukung BUMN Karya Kembangkan Sayap Go International

Kemampuan memenuhi standar mutu internasional diperlukan untuk meningkatkan ekspor jasa konstruksi nasional. Salah satu negara yang telah menjadi tujuan ekspor jasa konstruksi Indonesia adalah…