'Munggahan' Salah Satu Tradisi Unik Adat Sunda Sambut Ramadhan

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 27 Mei 2017 - 14:19 WIB

Ngariung, Salah Satu Cara Makan Dalam Tradisi Munggahan Untuk Menyambut Bulan Suci Ramadhan (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Ngariung, Salah Satu Cara Makan Dalam Tradisi Munggahan Untuk Menyambut Bulan Suci Ramadhan (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Menyambut Bulan Suci Ramadhan, berbagai macam kegiatan yang diselenggarakan diberbagai daerah. Menjelang Ramadhan, ada sebuah tradisi yang sampai saat ini masih menjadi tradisi hingga saat ini, salah satunya 'Munggahan'.Pastinya, tiap daerah tidak melewatkan momen ini.

Bahkan setiap daerah memiliki keunikan dan keanekaragaman masing-masing dalam tradisi menyambut datangnya Bulan Ramadhan. Mungghan juga sebagai cara untuk melestarikan atau mewariskan suatu tradisi turun-temurun.

Cara makan 'Mungghan' ini disebut dengan 'Ngariung' artinya berkumpul untuk memanjatkan doa. Kebanyakan, masyarakat Sunda menggunakan cara makan ini dengan cara lesahan. Uniknya makanan ini disajikan di atas daun pisang atau daun pandan yang digelar lalu disantap bersama-sama.

Menurut Fitriyani (25) tahun, seorang Karyawati yang pernah makan secara 'Ngirung' ini mengungkapkan bahwa, "Ngariung ini mempunyai makna kebersamaan, jadi Kita makan bersama-sama di atas daun pisang, dengan lauk yang bermacam-macam," ungkapnya kepada Industry.co.id, Kamis (25/5/2017).

Ia menambahkan, Ngariung itu berasal dari bahasa Sunda yang artinya makan bersama.

"Dengan makan Ngariung ini, diharapkan dapat menumbuhkan rasa kebersamaan, solidaritas, kekeluargaan, kan kita makan sambil ngrobol sambil tukar pikiran juga," tambahnya.

Saya ingin, cara makan Ngariung ini merupakan sebagai hal yang positif dan menjadi salah satu untuk mengembangkan makanan khas Indonesia.

"Iya, termasuk untuk mempromosikan makanan khas Indonesia. Kan ada, sambelnya yang khas Sunda, tempe, tahu, ayam, dipadukan dengan makanan khas Betawi, bisa pakai sayur asam," pungkasnya, Fitriyani.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019 (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 21:00 WIB

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendukung penuh gelaran Super League Triathlon 2019, ajang unjuk kebugaran melalui olahraga multicabang yang digelar di Pulau Dewata, Bali, pada 23 – 24 Maret…

Presiden Jokowi disaksikan sejumlah pembalap mencoba salah satu motor balap, di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Senin (11/3) sore. (Foto: Agung/Humas)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 20:00 WIB

Jelang GP 2021, Presiden Jokowi Tingkatkan Pembangunan Jalan-Runway Bandara

Balapan MotoGP akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2021. Jelang ajang kejuaraan dunia balap motor itu, Presiden Joko Widodo mengatakan ada tiga…

Askrindo Peduli

Sabtu, 23 Maret 2019 - 19:22 WIB

Askrindo Peduli Lingkungan Bersama Kelurahan Kwitang

JAKARTA - Dalam rangka memperingati HUT BUMN Bersama, dan HUT PT Askrindo (Persero) yang ke-48 dilaksanakan kegiatan peduli lingkungan bersama di wilayah Kelurahan Kwitang.

kiri-Kanan) Ketua Forwarker–PWKI Edi Hardum, Direktur Pelayanan Advokasi untuk Keadilan dan Perdamaian Indonesia(Padma) Indonesia Gabriel Goa dan Pengamat Ketenagakerjaan dan Jaminan Sosial, Timboel Siregar.

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:32 WIB

Kartu Prakerja, Jurus Jokowi Selamatkan Pengangguran

Ciloto- Program calon Presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) mengenai kartu prakerja yang akan diluncurkan jika terpilih kembali menjadi Presiden di pemilihan Presiden 17 April 2019, patut didukung…

IKIMURA GROUP (Industry/foto: Herlambang)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:20 WIB

Gemilang di Tahun Lalu, PT Ikimura Group Bidik Pertumbuhan Bisnis Hingga 30 Persen di Tahun 2019

Imbas meningkatnya permintaan akan produk komponen otomotif juga dirasakan oleh salah satu perusahaan anak bangsa, PT Ikimura Group yang saat ini mendistribusikan dan memproduksi mettal cutting…