'Munggahan' Salah Satu Tradisi Unik Adat Sunda Sambut Ramadhan

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 27 Mei 2017 - 14:19 WIB

Ngariung, Salah Satu Cara Makan Dalam Tradisi Munggahan Untuk Menyambut Bulan Suci Ramadhan (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Ngariung, Salah Satu Cara Makan Dalam Tradisi Munggahan Untuk Menyambut Bulan Suci Ramadhan (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Menyambut Bulan Suci Ramadhan, berbagai macam kegiatan yang diselenggarakan diberbagai daerah. Menjelang Ramadhan, ada sebuah tradisi yang sampai saat ini masih menjadi tradisi hingga saat ini, salah satunya 'Munggahan'.Pastinya, tiap daerah tidak melewatkan momen ini.

Bahkan setiap daerah memiliki keunikan dan keanekaragaman masing-masing dalam tradisi menyambut datangnya Bulan Ramadhan. Mungghan juga sebagai cara untuk melestarikan atau mewariskan suatu tradisi turun-temurun.

Cara makan 'Mungghan' ini disebut dengan 'Ngariung' artinya berkumpul untuk memanjatkan doa. Kebanyakan, masyarakat Sunda menggunakan cara makan ini dengan cara lesahan. Uniknya makanan ini disajikan di atas daun pisang atau daun pandan yang digelar lalu disantap bersama-sama.

Menurut Fitriyani (25) tahun, seorang Karyawati yang pernah makan secara 'Ngirung' ini mengungkapkan bahwa, "Ngariung ini mempunyai makna kebersamaan, jadi Kita makan bersama-sama di atas daun pisang, dengan lauk yang bermacam-macam," ungkapnya kepada Industry.co.id, Kamis (25/5/2017).

Ia menambahkan, Ngariung itu berasal dari bahasa Sunda yang artinya makan bersama.

"Dengan makan Ngariung ini, diharapkan dapat menumbuhkan rasa kebersamaan, solidaritas, kekeluargaan, kan kita makan sambil ngrobol sambil tukar pikiran juga," tambahnya.

Saya ingin, cara makan Ngariung ini merupakan sebagai hal yang positif dan menjadi salah satu untuk mengembangkan makanan khas Indonesia.

"Iya, termasuk untuk mempromosikan makanan khas Indonesia. Kan ada, sambelnya yang khas Sunda, tempe, tahu, ayam, dipadukan dengan makanan khas Betawi, bisa pakai sayur asam," pungkasnya, Fitriyani.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BRI

Rabu, 21 November 2018 - 14:56 WIB

BRIRUN 2018 Solo Series Targetkan 10.000 Peserta

INDUSTRY.co.id -

Jakarta PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali mengadakan event lari berskala nasional untuk kali ketiga. Setelah sukses pada penyelenggaraan…

 PT Pegadaian (Persero)

Rabu, 21 November 2018 - 14:35 WIB

Perkembangan Kinerja Pegadaian Selama Lima Tahun Terakhir Positif

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk, Harianto Widodo mengatakan, perkembangan kinerja Pegadaian selama 5 tahun belakangan ini selalu menunjukkan hal yang positif.

Pegadaian Raih Penghargaan Winner of The Best Marketing

Rabu, 21 November 2018 - 14:16 WIB

Tumbuh Dengan Produk Inovatif, Pegadaian Raih Penghargaan Winner of The Best Marketing

PT Pegadaian (persero) menerima penghargaan sebagai Winner of The Best Marketing untuk Chief Marketing Officer pada acara BUMN Branding & Marketing Award 2018, yang di selenggarakan oleh Majalah…

Pameran kuliner internasional Sial Interfood 2018 yang dibuka hari ini Rabu 21 hingga 24 November 2018 di JIExpo Kemayoran (Foto: INDUSTRY.co.id)

Rabu, 21 November 2018 - 13:52 WIB

Sial Intefood Dongkrak Kuliner Nusantara Tembus Pasar Internasional

Pameran Sial Interfood 2018 resmi dibuka hari ini. Pameran kuliner internasional ini diharapkan memperkenalkan dan semakin mempopulerkan kuliner khas Indonesia. Pameran yang berlangsung empat…

PIK Avenue hadirkan program Disneys Ralph Breaks The Internet: Wreck-It-Ralph 2

Rabu, 21 November 2018 - 13:30 WIB

Serunya Rangkaian Christmas Experience di PIK Avenue

Memeriahkan perayaan Natal dan Tahun Baru, PIK Avenue kembali menggelar rangkaian acara dan program belanja menarik untuk para pengunjung setianya mulai dari November 2018 hingga Januari 2019.