Ini 5 Kuliner Tradisional Indonesia yang Hanya ditemui Saat Bulan Ramadhan

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 27 Mei 2017 - 12:35 WIB

Kue Bingka, Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Ist)
Kue Bingka, Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Menyambut Ramadhan, Umat Muslim di seluruh belahan dunia menyambutnya dengan gembira. Terlebih di Indonesia yang kaya akan budaya, adat istiadat, wisata alam bahkan makanan tradisionalnya yang beraneka ragam. Bulan Ramadhan yang penuh suci ini, umat Muslim menyambutnya dengan berbagai macam kegiatan seperti bazar, iftar, tadarusan, salat berjamaah, salat tarawih, zakat dan tentunya makin perbanyak ibadah.

Indonesia, terkenal dengan kulinernya yang khas diberbagai daerah, pastinya saat Ramadhan tiba banyak sekali jajanan-jajanan makanan tradisional dan hampir setiap kota di Indonesia memiliki takjil sendiri.

Berikut ini, melansir dari indoindians, Sabtu (27/5/2017) kuliner khas tradiosional di berbagai daerah di Indonesia.

1. Jongkong, Medan, Sumatera Utara

Kue Jongkong, Medan, Sumatera Utara (Foto:indoindians.com)

Jongkong, salah satu makanan yang paling banyak dicari saat Bulan Ramadhan di Medan. Teksturnya yang empuk dan rasanya yang manis, dan di Medan banyak sekali yang menjual kuliner ini selama Ramadhan. Jongkong terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan air, lalu dimasak hingga kental. Dicampuran tersebut, ditambahkan daun pandan agar memberi aroma dan memberikan warna pada kue tersebut.

Setelah adonan sudah masak, biarkan hingga dingin. Bila sudah agak dingin, letakkan bungkusan daun pisang yang diisi dengan kelapa dan gula aren. Kemudian dikukus. Biasanya, Jongkong disajikan hangat bersama santan dan sirup gula aren.

2. Pakat, Tapanuli, Sumatera Utara

Pakat, Tapanuli, Sumatera Utara (Foto:indoindians.com)

Kuliner ini mungkin asing sekali bagi masyarakat Jakarta. Pakat adalah makanan tradisional dari Tapanuli. Sama seperti Jongkong, Pakat adalah hidangan yang hanya bisa Anda temukan selama bulan Ramadhan. Hidangan ini terbuat dari rotan muda. Cara pembutannya, rotan dipotong sepanjang 1 meter, kemudian dipanggang selama 1 jam. Setelah rotan sudah matang, kemudian dikuliti dan bagian dalam bambu yang berwarna putih, dipotong menjadi batangan kecil. Anda juga mencicipinya dengan menyajikan ditaburi serundeng.

3. Kicak, Yogyakarta

Kue Kicak, Yogyakarta (Ist)

Kicak ini terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan kelapa parut dan daging nangka. Rasa manis dan gurih Kicak membuat hidangan ini sempurna dan cocok untuk takjil. Sayangnya, Anda hanya bisa menemukan hidangan ini di Yogyakarta selama bulan Ramadhan.

4. Bongko Kopyor, Gresik, Jawa Timur

Bongko Kopyor, Gresik, Jawa Timur (Ist)

Kuliner khas Gresik ini terbuat dari tepung terigu, pisang, daging kelapa, santan, nangka dan roti. Semua bahan tersebut dibungkus daun pisang. Kuliner ini diyakini memiliki khasiat tertentu untuk tubuh kita setelah satu hari bepuasa. Kuliner ini merupakan menu spesial yang bisa Anda temukan selama bulan Ramadhan di Gresik.

5. Bingka, Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Kue Bingka, Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Ist)

Kuliner ini dibentuk dalam cetakan yang berbentuk bunga. Bingka terbuat dari bahan campuran tepung, telur, gula dan santan, terkadang kentang tumbuh juga ditambahkan untuk meningkatkan rasa. Seiring berkembangnya zaman, Bingka tampil dengan berbagai variasi topping yakni nangka, pisang, cokelat dan keju.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Pegadaian (Persero)

Rabu, 21 November 2018 - 14:35 WIB

Perkembangan Kinerja Pegadaian Selama Lima Tahun Terakhir Positif

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk, Harianto Widodo mengatakan, perkembangan kinerja Pegadaian selama 5 tahun belakangan ini selalu menunjukkan hal yang positif.

Pegadaian Raih Penghargaan Winner of The Best Marketing

Rabu, 21 November 2018 - 14:16 WIB

Tumbuh Dengan Produk Inovatif, Pegadaian Raih Penghargaan Winner of The Best Marketing

PT Pegadaian (persero) menerima penghargaan sebagai Winner of The Best Marketing untuk Chief Marketing Officer pada acara BUMN Branding & Marketing Award 2018, yang di selenggarakan oleh Majalah…

Pameran kuliner internasional Sial Interfood 2018 yang dibuka hari ini Rabu 21 hingga 24 November 2018 di JIExpo Kemayoran (Foto: INDUSTRY.co.id)

Rabu, 21 November 2018 - 13:52 WIB

Sial Intefood Dongkrak Kuliner Nusantara Tembus Pasar Internasional

Pameran Sial Interfood 2018 resmi dibuka hari ini. Pameran kuliner internasional ini diharapkan memperkenalkan dan semakin mempopulerkan kuliner khas Indonesia. Pameran yang berlangsung empat…

PIK Avenue hadirkan program Disneys Ralph Breaks The Internet: Wreck-It-Ralph 2

Rabu, 21 November 2018 - 13:30 WIB

Serunya Rangkaian Christmas Experience di PIK Avenue

Memeriahkan perayaan Natal dan Tahun Baru, PIK Avenue kembali menggelar rangkaian acara dan program belanja menarik untuk para pengunjung setianya mulai dari November 2018 hingga Januari 2019.

Pameran kuliner internasional Sial Interfood 2018 yang dibuka hari ini Rabu 21 hingga 24 November 2018 di JIExpo Kemayoran (Foto: INDUSTRY.co.id)

Rabu, 21 November 2018 - 13:24 WIB

Kembali Digelar, Pameran Kuliner Internasional Sial Interfood 2018 Targetkan Transaksi Rp 2 Triliun

Kabar gembira bagi Anda pecinta kuliner atau bahkan yang ingin memulai bisnis kuliner, sebabnya kini kembali hadir pameran Sial Interfood 2018 yang dibuka hari ini Rabu 21 hingga 24 November…