Tingkatkan Konektivitas, BP Batam akan Kembangkan Pelabuhan Batuampar

Oleh : Herry Barus | Jumat, 26 Mei 2017 - 11:57 WIB

Bahan Logistik di Indonesia
Bahan Logistik di Indonesia

INDUSTRY.co.id - Batam- Badan Pengusahaan Batam masih mencari investor untuk mengembangkan Pelabuhan Batuampar yang menjadi salah satu fasilitas penunjang kawasan industri Pulau Batam.

"Kami masih cari investor untuk bekerjasama mengembangkan Pelabuhan Batuampar," kata Direktur Promosi dan Humas BP Batam, Purnomo Andiantono kepada awak media di Batam, Kamis (25/5/2017)

Ia mengatakan, banyak perusahaan dari dalam dan luar negeri yang sudah berminat untuk mengembangkan Pelabuhan Batuampar. Salah satunya adalah PT Pelindo.

"Target kami tahun ini bisa dilakukan lelang untuk menentukan pemenang yang akan bekerjasama membangun pelabuhan tersebut. Harapan kami segera bisa dilakukan pembangunan pelabuhan," kata dia.

Pengembangan pelabuhan yang akan dilakukan adalah reklamasi 20 hektare untuk container yard, gedung, pemasangan crane, perawatan serta IT pada lokasi berdekatan dengan Dermaga Utara.

Badan Pengusahaan (BP) Batam pada awal 2012 hingga akhir 2014 sudah mengembangkan Pelabuhan Batuampar dengan memperpanjang dermaga utara sepanjang 600 meter anggaran Rp360 miliar untuk meningkatkan kapasitas dari 250.000 TEU's menjadi 600.000 TEU's (twenty feet equivalent units/unit padanan dua puluh kaki) per tahun.

Pada 2012 dianggarkan Rp60 miliar, 2013 sebesar Rp200 miliar dan 2014 sebesar Rp100 miliar.

Dermaga baru pada Pelabuhan Batuampar awalnya direncanakan beroperasi pada awal 2016. Namun karena belum ada cranenya, maka belum dioperasikan.

"Dermaga itu menunggu ada cranenya. Karena untuk mengangkat kontainer dari kapal ke mobil rencananya menggunakan crane dengan rel. Relnya sudah terpasang," kata Purnomo.

BP Batam juga akan membangun jalan tol menghubungkan pelabuhan tersebut dengan sejumlah kawasan industri untuk mempercepat pergerakan barang kebutuhan industri atau hasil industri.

Selama ini, kendaraan angkutan barang masih menggunakan jalan yang sama dengan kendaraan lain sehingga sering terjadi kemacetan dan membutuhkan waktu lama untuk sampai kawasan industri atau pelabuhan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.