Jelang Lebaran, Asperindo Prediski Pengiriman Barang Meningkat 20 Persen

Oleh : Herry Barus | Jumat, 26 Mei 2017 - 03:36 WIB

Ilustrasi angkutan logistik kereta api. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi angkutan logistik kereta api. (Dimas Ardian/Bloomberg)

INDUSTRY.co.id - Semarang- Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Indonesia (Asperindo) Jawa Tengah memprediksikan pengiriman barang melalui penjualan "online" atau daring menjelang Lebaran naik hingga 20 persen.

"Kenaikan ini seperti menjelang Lebaran tahun lalu, biasanya puncaknya dua minggu sebelum Lebaran," kata Ketua Asperindo Jawa Tengah Tony Winarno di Semarang, Rabu (24/5/2017)

Ia mengatakan peningkatan tersebut terjadi seiring dengan bergesernya tradisi masyarakat dari yang biasa belanja di toko atau pasar menjadi berbelanja secara "online".

"Apalagi kalau menjelang Lebaran, bahkan saat ini meski belum memasuki bulan puasa, peningkatan permintaan sudah mulai terasa," katanya.

Tony mengatakan peningkatan permintaan barang melalui "online shop" tidak hanya terjadi di perusahaan "e-commerce" skala besar tetapi juga kecil atau perorangan.

Biasanya untuk barang yang mengalami kenaikan permintaan jelang Lebaran, dikatakannya, di antaranya pakaian dan makanan kering.

"Untuk pengiriman terbesar barang-barang tersebut justru bukan dari Kota Semarang tetapi dari Kota Solo dan sekitarnya. Kalau di sana kan UMKM sangat berkembang, jadi produsennya banyak dari sana," katanya.

Berdasarkan data, dikatakannya jika pengiriman dari Kota Solo pada hari normal biasanya sekitar 30.000 paket/hari, pada jelang Lebaran bisa meningkat menjadi 40.000 paket/hari.

Sedangkan untuk pengiriman dari Kota Semarang, jika biasanya di kisaran 20.000-25.000 paket/hari, pada jelang Lebaran meningkat menjadi sekitar 30.000 paket/hari.

Menghadapi kenaikan permintaan tersebut, pihaknya mengimbau seluruh anggota untuk mempersiapkan diri baik dari sisi sistem maupun tenaga kerja.

"Bahkan kami juga melakukan pengarahan khusus kepada para anggota Asperindo yang ada di Solo karena kan permintaan mereka yang paling tinggi untuk di Jateng. Pada dasarnya kami mengimbau para anggota untuk memberikan pelayanan yang prima kepada para konsumen," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.

#bluBuatBaik Waste Station sudah tersebar di 7 lokasi strategis.

Rabu, 24 April 2024 - 23:16 WIB

Hari Bumi, Ini Langkah Kecil Memilah Sampah Untuk Bumi Lebih Sehat

blu by BCA Digital turut memfasilitasi dengan membangun sarana seperti Waste Station dan mengintegrasikan aplikasi Rekosistem x blu untuk mendorong perubahan kebiasaan dalam mengelola sampah…

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).