BI: Ekonomi Perlu Tumbuh Lebihi Tujuh Persen

Oleh : Herry Barus | Rabu, 24 Mei 2017 - 20:09 WIB

Gubernur BI Agus Martowardojo
Gubernur BI Agus Martowardojo

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan pertumbuhan ekonomi lima persen belum cukup untuk menyejahterakan rakyat Indonesia, melainkan ekonomi perlu diakselerasi hingga tumbuh melebihi tujuh persen.

"Kami tahu untuk kesejahteraan rakyat Indonesia lima persen tidak cukup, perlu tumbuh di atas tujuh persen. Perlu ada upaya bersama reformasi struktural, baik fiskal, moneter, dan sektor keuangan," kata Agus di Jakarta, Rabu (24/5/2017) saat meluncurkan buku Kajian Stabilitas Keuangan (KSK).

Menurut Agus, upaya mencapai pertumbuhan ekonomi di atas tujuh persen juga harus dibarengi dengan upaya menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. Hal itu agar perekonomian dapat tumbuh tinggi, sekaligus berkualitas dan juga berkelanjutan.

"Kalau ingin tumbuh pastikan kuat, sehat, dan 'sustainable' (berkelanjutan). Pertumbuhan ekonomi yang sehat tidak bisa dicapai kalau tidak ada stabilitas makroprudensial dan sistem keuangan," ujar Agus seperti dilansir Antara.

Saat ini, kata Agus, stabilitas perekonomian Indonesia terjaga. Namun, kewaspadaan tetap perlu ditingkatkan karena tantangan dan ketidakpastian global masih akan membayangi Indonesia.

Agus mengatakan Bank Sentral telah mengantisipasi tekanan ekonomi global dengan memperkuat kebijakan makroprudensial dengan beberapa strategi seperti memperkuat pengawasan dan mengidentifikasi sumber tekanan sejak awal.

Kemudian, BI juga melakukan identifikasi dan memantau risiko sistemik dengan menggunakan mekanisme "balance of system risk".

Strategi kedua, kata Agus, yakni memperkuat manajemen krisis dengan indikator sistem keuangan dan hasil pengawasan sistem keuangan. Ketiga, mendukung upaya pendalaman pasar keuangan untuk memperkuat sistem keuangan terhadap guncangan.

"Keempat, memperluas komunikasi dan koordinasi dengan Komite Stabilitas Sistem Keuagan (KSSK) dan konsultasi terus dengan DPR untuk bauran kebijakan," kata Agus.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gili Trawangan, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Selasa, 23 April 2024 - 14:13 WIB

Perjalanan Sastra Agoda: Tujuh Destinasi Sempurna yang Membuat Cerita Lebih Hidup

Dalam rangka merayakan Hari Buku Sedunia, Agoda mengubah perjalanan fantasi menjadi petualangan nyata, mengundang para penggemar sastra untuk menjelajahi lokasi-lokasi inspiratif dari buku-buku…

Acer serahkan bibit mangrove ke SeaSoldier di Tanggerang

Selasa, 23 April 2024 - 13:59 WIB

Acer Indonesia Tanam Ribuan Mangrove

Sebagai bentuk perwujudan komitmen berkelanjutan perusahaan dalam melestarikan lingkungan, Acer Indonesia hari ini memulai penanaman ribuan mangrove, yang merupakan bagian dari rangkaian perayaan…

Bitcoin

Selasa, 23 April 2024 - 13:56 WIB

Kenapa Harga Bitcoin Selalu Fluktuasi? Inilah 7 Alasan Utamanya!

Harga Bitcoin dipasaran selalu mengalami perubahan. Kondisi naik dan turun harga Bitcoin ini tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi para investor untuk menganalisa setiap perubahan dan mencari…

Presiden Prabowo dan Wapres Gibran

Selasa, 23 April 2024 - 13:08 WIB

Hormati Putusan MK, Persis Ucapkan Selamat kepada Prabowo-Gibran

Usai melalui berbagai rangkaian sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI) memutuskan sengketa Pemilihan Presiden 2024 yang menolak permohonan…

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Selasa, 23 April 2024 - 12:31 WIB

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Proyek Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) Bayung - Lencir - Tempino Seksi 3 garapan PT Hutama Karya (Persero)…