APKI Targetkan Produksi Kertas Indonesia Naik 30% Tahun Depan

Oleh : Hariyanto | Selasa, 13 Desember 2016 - 09:53 WIB

Industri Pulp dan Kertas
Industri Pulp dan Kertas

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Produksi kertas Indonesia ditargetkan naik 30% pada tahun depan, hal ini dikarenakan masih akan adanya permintaan dari dalam dan luar negeri.

Wakil ketua umum Asosiasi Pulp dan Kertas Indonesia (APKI) Rusli Tan mengatakan, jumlah produksi kertas tahun depan dapat mencapai 15 juta hingga 17 juta Ton.

"Kami masih optimis permintaan kertas dalam dan luar negeri masih bagus," kata Rusli Tan di Jakarta, Senin (12/12)

Rusli menilai para produsen kertas memiliki perhitungan sebelum melakukan ekspansi produksi. Dengan adanya tambahan investasi dan mesin produksi pada sektor ini, dia berharap target jumlah produksi pada tahun depan dapat dicapai.

"Jangan dilihat dari angka produksi saja, tetapi lapangan kerja yang terbuka dari industri kertas." tambahnya.

ia berharap pemerintah dapat memberikan sejumlah insentif untuk pengusaha kertas untuk dapat memompa produktivitas dan penjualan pada 2017. Selain itu, perlu ada kerja sama antar industri terkait yang menggunakan kertas sebagai bagian dari produksi.

"Industri kertas tahun depan sepertinya akan mendapatkan keuntungan dari peristiwa politik seperti Pilkada (pemilihan kepala daerah)." ujar Rusli.

Adapun berdasarkan data Kementerian Perdagangan sumbangsih sektor ini terhadap PDB sebesar 2%. Nilai ekspor pada Januari hingga September 2016 sebesar US$2561 juta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…