APKI Targetkan Produksi Kertas Indonesia Naik 30% Tahun Depan

Oleh : Hariyanto | Selasa, 13 Desember 2016 - 09:53 WIB

Industri Pulp dan Kertas
Industri Pulp dan Kertas

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Produksi kertas Indonesia ditargetkan naik 30% pada tahun depan, hal ini dikarenakan masih akan adanya permintaan dari dalam dan luar negeri.

Wakil ketua umum Asosiasi Pulp dan Kertas Indonesia (APKI) Rusli Tan mengatakan, jumlah produksi kertas tahun depan dapat mencapai 15 juta hingga 17 juta Ton.

"Kami masih optimis permintaan kertas dalam dan luar negeri masih bagus," kata Rusli Tan di Jakarta, Senin (12/12)

Rusli menilai para produsen kertas memiliki perhitungan sebelum melakukan ekspansi produksi. Dengan adanya tambahan investasi dan mesin produksi pada sektor ini, dia berharap target jumlah produksi pada tahun depan dapat dicapai.

"Jangan dilihat dari angka produksi saja, tetapi lapangan kerja yang terbuka dari industri kertas." tambahnya.

ia berharap pemerintah dapat memberikan sejumlah insentif untuk pengusaha kertas untuk dapat memompa produktivitas dan penjualan pada 2017. Selain itu, perlu ada kerja sama antar industri terkait yang menggunakan kertas sebagai bagian dari produksi.

"Industri kertas tahun depan sepertinya akan mendapatkan keuntungan dari peristiwa politik seperti Pilkada (pemilihan kepala daerah)." ujar Rusli.

Adapun berdasarkan data Kementerian Perdagangan sumbangsih sektor ini terhadap PDB sebesar 2%. Nilai ekspor pada Januari hingga September 2016 sebesar US$2561 juta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirjen IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih

Sabtu, 19 Januari 2019 - 19:35 WIB

Kemeneperin Bidik Industri Perhiasan Tumbuh 5 Persen

Kementerian Perindustrian terus mendorong penguatan branding produk perhiasan Indonesia agar lebih berdaya saing di tingkat global.

Peluncuran Kampanye #KomuterTegar Redoxon

Sabtu, 19 Januari 2019 - 19:30 WIB

Kampanye #KomuterTegar Redoxon, Siapkan Komuter Indonesia untuk Jaga Daya Tahan Tubuh Sehat dan Kuat

Redoxon, merek vitamin daya tahan tubuh terkemuka dari Bayer. hari ini meluncurkan kampanye #KomuterTegar guna menyebarluaskan kesadaran kepada para komuter di Indonesia untuk menjaga daya tahan…

Jenius solusi life financebagi masyarakat melek digital ataudigital savvy.

Sabtu, 19 Januari 2019 - 17:53 WIB

Jenius Hadirkan Solusi Dongkrak Penetrasi Keuangan di Jawa Timur

Diciptakan melalui semangat kokreasi, Jenius terus berinovasi menciptakan fitur-fitur unik sebagai solusilife financebagi masyarakat melek digital ataudigital savvy. Setelah diperkenalkan kepada…

Sabtu, 19 Januari 2019 - 16:49 WIB

Pemangkas Rambut Garut Mendapat Akses KPR Subsidi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memperluas jangkauan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang bisa menikmati subsidi rumah seperti program KPR Fasilitas Likuiditas…

Presiden Jokowi Minta Pembangunan Rusun Terus Dilanjutkan

Sabtu, 19 Januari 2019 - 16:23 WIB

Presiden Jokowi Minta Pembangunan Rusun Terus Dilanjutkan

Salah satu Rusun yang dibangun tahun 2018 adalah Rusun Pondok Pesantren Darul Arqom di Desa Ngamplangsari, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut.