Pabrik Baja Berkapasitas 500 Ribu Ton Siap Beroprasi Juni 2017

Oleh : Ridwan | Rabu, 24 Mei 2017 - 16:58 WIB

Ilustrasi Pabrik Besi dan Baja (Mikael Karlsson /EyeEm/Getty Images)
Ilustrasi Pabrik Besi dan Baja (Mikael Karlsson /EyeEm/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Presiden Direktur of Osaka Steel, Junji Uchida hari ini melakukan kunjungan ke kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta. Pertemuan ini terkait rencana peresmian pabrik PT Krakatau Osaka Steel yang memproduksi baja tulangan, baja profil, baja chanel, dan flat bar mencapai 500.000 ton per tahun pada bulan Juni 2017.

Osaka Steel merupakan supplier terbaik di Jepang yang dapat mensuplai baja untuk pembangunan menara transmisi. Osaka Steel yakin dapat mendukung pembangunan menara transmisi khususnya berkontribusi dalam proyek 35.000 MW.

"Beroperasinya pabrik Krakatau Osaka mengurangi ketergantungan Indonesia atas komponen konstruksi impor. Sebagai contoh, penggunaan baja tulangan berdiameter 50 milimeter produksi Krakatau Osaka sebagai struktur pilar jalan tol layang Jakarta-Cikampek," ungkap Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan di Jakarta (24/5/2017).

Menurut Putu, baja yang dihasilkan Osaka Steel memiliki kekhususan karena bahan bakunya masih impor dan belum ada di dalam negeri.Dan Osaka Steel merupakan supplier terbaik di Jepang yang dapat mensuplai baja untuk pembangunan menara transmisi.

Disisi lain, Junji Uchida mengatakan, perusahaannya telah siap untuk mensuplai bahan baku baja kepada banyak customer untuk konstruksi menara. Produknya adalah besi siku, besi beton, atau lainnya.

"Dari 500.000 ton per tahun kapasitas, diperkirakan produksinya akan mencapai sekitar 300.000 ton hingga 350.000 ton pada tahun 2017. Serta pada tahun 2019 baru akan mencapai target 500.000 ton," terangnya.

Seperti diketahui, PT Krakatau Osaka Steel berencana memproduksi baja tulangan berdiamater 50 milimeter. Produk yang diberi nama s50 tersebut bisa menghemat waktu dan kebutuhan baja proyek konstruksi bangunan, pelabuhan, jembatan, hingga jalan tol.

Ini bisa mengurangi berat fondasi, meningkatkan kekuatan struktur, dan memberikan lebih banyak ruang. Tidak hanya mengurangi biaya, tetapi juga meningkatkan kecepatan konstruksi, tutup Uchida.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Sabtu, 20 April 2024 - 04:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Koordinasi membahas perkembangan situasi di Papua dan Rapat Koordinasi membahas penyelesaian masalah lahan antara Pemda Sumatera Selatan…

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…