Pemerintah Batalkan Pemberlakuan Ganjil-Genap Mudik Tahun Ini

Oleh : Herry Barus | Rabu, 24 Mei 2017 - 09:55 WIB

Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan (Foto Poskota)
Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan (Foto Poskota)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman membatalkan pemberlakuan aturan ganjil genap untuk kendaraan pribadi dalam arus mudik Lebaran 2017.

"Ide genap ganjil, sepertinya kita 'take out' (tarik kembali), walaupun finalnya akan kita kasih tahu berapa hari lagi," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers usai Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanan Angkutan Lebaran Terpadu 2017/1438 Hijriah di Kementreian Perhubungan, Jakarta, Selasa (23/5/2017)

Luhut mengatakan alasan penundaan pemberlakuan peraturan tersebut, karena perumusan peraturannya terlalu dekat waktunya dengan implementasi dalam masa Angkutan Lebaran 2017.

Sehingga, lanjut dia, dikhawatirkan akan timbul masalah baru yang lebih besar. "Takutnya gagal dan malah jadi masalah," ucapnya.

Namun, lanjut dia, rancangan peraturannya masih diproses, sehingga akan difinaliasasikan dan rampung satu atau dua minggu ke depan.

"Kita dalami lagi, jangan kita buat kesalahan karena aturannya sendiri," ujarnya.

Namun, Luhut mengatakan mestinya tahun depan sudah dapat berlaku peraturan mengenai pengaturan kendaraan pribadi dalam ganjil genap semasa Angkutan Lebaran 2018.

Dalam kesempatan sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan bahwa pemberlakuan ganjil genap harus melalui pembahasan dan implementasi yang cukup lama.

"Kalau masukan dari diskusi, ganjil genap itu dilakukan pada waktu yang lama dan tempatnya tertentu, ya seperti yang di Jakarta, lama dan tertentu, sehingga komunikasinya itu maksimal," tuturnya.

Untuk itu, lanjut dia, apabila diberlakukan pada masa Angkutan Lebaran tahun ini, masyarakat kurang tersosialisasikan.

"Ini takut nanti tiba-tiba orang tidak terkomunikasi. Satu rombongan, masuk kesana kan kasian juga. Itu yang masukan dari diskusi, jadi ini yang akan kita finalisasi dulu," katanya.

Budi mengatakan finaliasasi peraturan tersebut akan dilakukan minggu ini.

Awalnya wacana pemberlakuan ganjil genap tersebut akan diberlakukan tahun ini di ruas to Jakarta-Cikampek

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…