Negara Maju Kontribusi Industrinya Harus 32 Persen

Oleh : Ridwan | Rabu, 24 Mei 2017 - 07:25 WIB

Ilustrasi Industri Baja
Ilustrasi Industri Baja

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno mengatakan, produksi industri baja nasional perlu dipacu agar kontribusinya terhadap perekonomian nasional terus meningkat.

"Indonesia pernah mengalami kontribusi dari industri hingga 27 persen pada tahun 1998, dan Indonesia juga sudah melihat industri sebagai alternatif pembangunan sejak tahun 1960-an," ungkap Fajar harry Sampurno dalam acara 'Steel Conference 10 Juta Ton Klaster Cilegon' di kantor Kemenperin, Jakarta (23/5/2017).

Menurut Fajar, saat ini sektor industri berkontribusi sebesar 18,8 persen terhadap perekonomian nasional, ditambah sektor batubara dan migas yang sebesar 2,2 persen. "Negara maju harus mempunyai kontribusi industri sebesar 32 persen," ucapnya.

Saat ini, industri baja merupakan tulang punggung dari segala kegiatan perekonomian, mulai dari otomotif, maritim, elektronika, telekomunikasi dan Infrastruktur. dan investasi juga menjadi begian terpenting dalam pertumbuhan industri baja nasioanl.

"dalam ketersediaan infrastruktur, Indonesia menempati posisi 62 di dunia, jauh dari negara-negara tetangga kita," imnuhnya.

Fajar menambahkan, Indonesia masih memerlukan impor sebesar 6-7 juta ton per tahun, sedangkan produksi dalam negeri baru mencapai 4-5 juta ton per tahun. Industri baja nasional saat ini mengalami Oversupply dari negara-negara impor, sehingga ini menjadi hambatan bagi pertumbuhan industri baja nasional.

"Tingginya biaya produksi yang disebabkan oleh masalah gas dan energi juga turut membuat industri baja kita jadi kurang bersaing," terangnya.

Seperti diketahui, pemerintah sudah siapkan insentif berupa tax holiday dan tax allowance agar menarik minat pengusaha baik dalam maupun luar negeri untuk dapat menanamkan modalnya di Indonesia sekaligus mendorong pertumbuhan industri baja nasional.

Dalam kesempatan tersebut, Fajar juga memberikan apresiasi kepada PT Krakatau Steel dan PT Posco yang telah bekerjasama demi menumbuhkan industri baja nasional. Diharapkan kerjasama ini dapat menjadi momentum bagi para pelaku industri baja hulu-hilit untuk dapat bersinergi dalam mewujudkan industri baja nasional yang maju dan berdaya saing.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Sabtu, 20 April 2024 - 04:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Koordinasi membahas perkembangan situasi di Papua dan Rapat Koordinasi membahas penyelesaian masalah lahan antara Pemda Sumatera Selatan…

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…