PT KAI Nyatakan Siap Sambut Arus Mudik Lebaran 2017

Oleh : Hariyanto | Rabu, 24 Mei 2017 - 07:45 WIB

Direktur Utama PT. Kereta Api Indonesia, Edi Sukmoro (bj)
Direktur Utama PT. Kereta Api Indonesia, Edi Sukmoro (bj)

INDUSTRY.co.id - Surabaya, Direktur Utama PT. Kereta Api Indonesia, Edi Sukmoro nyatakan siap untuk menyambut arus mudik lebaran 2017 mendatang. Meski demikian, dirinya masih tetap memperhatikan beberapa faktor yang dapat menghambat lancarnya perjalanan para penumpang.

Salah satunya adalah ketersediaan tiket mudik lebaran dan juga faktor keselamatan penumpang yang biasanya terjadi karena adanya gangguan alam dan juga faktor lainnya.

Pada sidak yang dilakukan di Stasiun Pasar Turi Surabaya, Selasa (23/5/2017) sore, ia menemui langsung para calon penumpang untuk saling berbagai informasi terkait pelayanan petugas kereta api.

"Kami prediksi jumlah penumpang akan meningkat sebanyak 5 % yakni  228 ribu per hari. Sedangkan, pada tahun lalu perharinya mencapai 217 ribu penumpang," ungkap Edi.

Ia menambahkan, arus lebaran tahun ini dimulai pada H-10 sampai dengan H+10 atau tanggal 15 Juni 2017 sampai dengan 6 Juli 2017.

"Tiket mudik diprediksi habis sebelum H-10, namun PT KAI telah menyiapkan kereta tambahkan," ujarnya.

Tetapi, diluar hal tersebut ada yang patut diwaspadai, yakni faktor alam dan faktor non alam. Faktor alam, kata Edi, adalah beberapa tempat yang rawan terjadi banjir atau longsor.

"Faktor alam itu kami coba menambah petugas dan alat berat, yang selalu berjaga selama 24 jam sehari," katanya.

Sementara untuk faktor non alam, adalah ulah masyarakat yang tidak bertanggung jawab, seperti pelemparan batu yang dilakukan warga.

"Kalau tidak melempar, biasanya ada orang tidak bertanggung jawab menaruh batu di rel. Kita juga sudah antisipasi ini dengan cara pengecekan lintas secara berkala," tandasnya. (Hry/ bj)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…