Pupuk Indonesia Kembangkan Budidaya Bawang Putih di NTB

Oleh : Hariyanto | Rabu, 24 Mei 2017 - 08:25 WIB

Ladang Bawang Putih (Istimewa)
Ladang Bawang Putih (Istimewa)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, PT Pupuk Indonesia (Persero) bersama anak usahanya PT Pupuk kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) tengah mengembangkan budidaya bawang putih di Sembalun Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

"Kami telah menyalurkan bantuan pupuk dan bibit bawang putih kepada petani bawang. Kami juga akan melakukan pendampingan dan pengawalan teknologi kepada petani dalam melakukan budidaya untuk meningkatkan produktivitas pertanian bawang putih," kata Kepala Komunikasi Korporat Wijaya Laksana melalui siaran pers yang diterima Selasa (23/5/2017).

Menurut WWijaya, hingga dengan awal Mei 2017, bibit bawang putih telah ditanam di lahan petani Desa Sembalun Bumbung. Saat ini, umur tanaman sekitar satu setengah bulan dan tengah dalam masa pertumbuhan.

"Program ini sejalan dengan penugasan dari Pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk ikut terlibat dalam upaya mengembalikan kejayaan bawang putih Sembalun," tambahnya.

Pada Januari lalu, Pupuk Indonesia melalui Pupuk Kaltim menyerahkan bantuan sarana produksi yang diberikan kepada Kelompok Tani berupa pupuk NPK 16-16-16, pupuk hayati Ecofert, Biodekomposer Biodex dan bibit bawang putih sebanyak 1,8 ton senilai Rp150 juta.

"Selain bantuan pupuk dan bibit bawang putih, kami juga akan melakukan uji coba tanam dalam melaksanakan penelitian atau demplot (demonstration plot) bawang putih, demplot seluas 2 hektar ini berada di Desa Sembalun Bumbung dan Sembalun Lawang, masing-masing 1 hektar dalam rangka meningkatkan hasil dan kualitas pertanian," lanjutnya.

Pupuk Indonesia melalui Pupuk Kaltim akan menyiapkan pupuk, bibit dan pendampingan bersama instansi terkait sehingga pengembangan pertanian bawang putih di Desa Sembalun dapat terlaksana dengan baik.

"Hasil panen demplot tersebut nantinya akan diserahkan seluruhnya kepada petani pelaksana," ungkap Wijaya.

Kecamatan Sembalun di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat merupakan sentra penghasil bawang Putih pada 1980-1990 menjadi periode kejayaan bawang putih sembalun, sebagai sentra produksi bawang putih terbesar di Indonesia sembalun juga menjadi sandaran hidup masyarakat Sembalun.

Hampir seluruh petani menanam bawang putih karena keuntungan yang diperoleh hampir 3 kali lipat dari modal usaha taninya. Luas lahan tanam bawang putih lebih dari 900 ha. Varietas bawang putih yang ditanam adalah Sangga Sembalun yang merupakan varietas unggulan daerah tersebut.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PempekRoyal

Kamis, 25 April 2024 - 15:05 WIB

Siap Support Franchisee di Seluruh Indonesia, PempekRoyal Hadirkan Solusi Bisnis Makanan Tidak Tergantung Chef

Bisnis makanan seringkali mengalami kendala chef mengundurkan diri, dan ketika terjadi pergantian chef, rasa berbeda, maka jumlah konsumen menurun. Di luar itu, juga ada resiko membuang produk…

Dok. Kommo

Kamis, 25 April 2024 - 14:45 WIB

WhatsApp Chatbot dari Kommo: Hadir Karena Kesadaran akan Pentingnya Menghadirkan Solusi Fleksibel untuk Bisnis

Perubahan lanskap bisnis dewasa ini telah menuntut adaptasi yang cepat dari perusahaan-perusahaan di berbagai sektor. Dengan berkembangnya teknologi dan perubahan perilaku konsumen, bisnis tidak…

PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

Kamis, 25 April 2024 - 14:41 WIB

Road to Devcon Ethereum Akan Diselenggarakan di Asia Tenggara, PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

PT Pintu Kemana Saja (PINTU), platform jual beli dan investasi crypto kembali melanjutkan rangkaian Road to Devcon Ethereum 2024 setelah di tahun 2023 lalu melakukan roadshow ke tiga universitas.

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…