BKPM Akui Investasi POSCO Merupakan yang Terbesar Sepanjang Sejarah

Oleh : Ridwan | Selasa, 23 Mei 2017 - 15:05 WIB

Kepala BKPM Thomas Lembong (Foto Ridwan)
Kepala BKPM Thomas Lembong (Foto Ridwan)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Indonesia, Thomas Lembong memberikan apresiasi kepada POSCO yang telah ekspansi melalui MoU dengan PT Krakatau Steel.

"Investasi POSCO merupakan yang terbesar dalam sejarah investasi di Indonesia. Dan saya yakin kerjasama ini akan berjalan lancar dan mendorong pembentukan industri baja terintegrasi dari hulu sampai hilir,” ungkap Thomas Lembong dalam acara 'Steel Conference' di Kantor Kemenperin, Jakarta (23/5/2017).

Menurut Thomas, POSCO merupakan salah satu perusahaan baja yang paking terkemuka dan berhasil pertahankan margin disaat industri baja global sedang mengalami penurunan dengan melakukan inovasi-inovasi yang baik. "Kita ingin belajar dari keberhasilan mereka,"imbuhnya.

Seperti diketahui, PT Krakatau Steel dan perusahaan baja Korea, POSCO telah bekerjasama membangun klaster untuk mendukung produksi baja hingga 10 juta ton di Cilegon, Banten dengan total Investasi sebesar USD 4 miliar.

"Diharapkan dengan kerjasama ini dapat memberikan multiplier effect melalui penciptaan lapangan pekerjaan, pemenuhan bahan baku industri dalam negeri, serta memberikan manfaat kepada perekonomian daerah Banten," terang Thomas.

Thomas menegaskan, presiden terus memantau secara cermat kerjasama ini. "Bagaimanapun juga ini proyek yang sangat penting bagi industrialisasi Indonesia," ucapnya.

Pembangunan ekonomi sangat bergantung pada suplai baja hilir. Apalagi, nantinya konsumsi baja per kapita diharapkan bisa sebesar 300 kilogram (kg) per tahun atau meningkat enam kali lipat dibanding angka saat ini yaitu 50 kg per kapita per tahun.

"Kalau baja kurang maka ekonomi tidak bisa tumbuh tinggi, karena kunci dari pertumbuhan ekonomi untuk masyarakat sebanyak Indonesia adalah suplai baja yang tinggi juga," terang Thomas.

Sebagai informasi, produksi Krakatau Steel di Cilegon, Banten ditaksir bisa mencapai 10 juta ton per tahun di tahun 2025. Sebanyak enam juta ton, atau 60 persen dari angka tersebut, nantinya disumbang oleh Krakatau Posco.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…