Transformasi Modern Cikande Industrial Estat sebagai Kawasan Ekslusif

Oleh : Ahmad Fadli | Selasa, 23 Mei 2017 - 14:51 WIB

Modern Cikande Industrial Estat (Ist)
Modern Cikande Industrial Estat (Ist)

INDUSTRY.co.id, Tangerang - Kawasan industri Cikande atau Modern Cikande terus berkembang menjadi kawasan investasi potensial. Kawasan tersebut kini diisi lebih dari 200 perusahaan baik lokal maupun multinasional. Perusahaan yang mendominasi adalah perusahaan food & beverage, perusahaan chemical, diikuti oleh perusahaan yang bergerak di bidang steel, metal product, dan smelter, serta perusahaan di bidang home & building materials.

“Kami optimis penjualan tahun ini, akan meningkat, seiring dengan membaiknya kondisi perekonomian global dan kebijakan tax amnesty. Hal ini terlihat dari aktivitas pembelian lahan di ModernCikande oleh beberapa customer baru di awal tahun 2017, yang meningkat dibandingkan kuartal I tahun sebelumnya,” ujar Pascall Wilson, direktur utama PT Modern Industrial Estat, dalam keterangan resminya Selasa, (23/5/2017).

Pada 2017, PT Modern Industrial Estat menargetkan penjualan (marketing sales) sebesar Rp1,3 triliun.Perkembangan pesat ModernCikande sebagai salah satu kawasan industri terbesar di barat Jakarta, tidak lepas dari lokasinya yang strategis. Secara geografis, ModernCikande yang terletak di antara Balaraja dan Serang dapat diakses melalui tol Jakarta-Merak dan dilanjutkan melalui pintu tol Ciujung. Akses ini juga hanya selangkah menuju tiga pelabuhan besar, seperti Ciwandan, Cigading, dan Merak Mas.

Sebagai salah satu kawasan industri terbesar di barat Jakarta, ModernCikande terus berkembang sebagai kawasan industri modern yang terintegrasi. Lokasinya yang strategis dan didukung berbagai fasilitas mumpuni, membuat Modern Cikande didapuk sebagai salah satu kawasan investasi paling prospektif di Indonesia.

Kawasan industri ModernCikande diproyeksi akan semakin prospektif. Hal ini, seiring akan dibukanya Jalan Tol Interchange (Jalan Simpang Susun) Cikande, Serang, yang dibangun sejak April 2014 lalu.

Interchange nantinya akan memiliki jalur sepanjang 1,3 kilometer yang menghubungkan Jalan Alternatif Kragilan-Cikande dengan Jalan Tol Tangerang - Merak Km 52+150. Interchange juga akan dilengkapi tujuh pintu tol yang akan menjadi akses keluar dan masuk Jalan Tol Ruas Merak – Jakarta.

Pembangunan Interchange sendiri dipastikan akan berdampak positif, seperti kelancaran dan kemudahan aksesibilitas, khususnya di wilayah Serang Timur, sehingga diharapkan mampu menarik banyak investor untuk masuk ke daerah Cikande, atau Serang Timur secara keseluruhan.

Nantinya, jika gerbang Tol Cikande beroperasi diperkirakan sebanyak lima ribu kendaraan akan melintasi gerbang tol ini setiap harinya. Peningkatan jumlah kendaraan tersebut, akibat adanya peralihan kendaraan yang biasanya melalui gerbang Tol Ciujung dan Balaraja Barat sebagian akan beralih ke Tol Cikande.

“Saat ini, pemerintah telah menyelesaikan pembangunan pintu tol Cikande, yang dalam waktu dekat segera dibuka dan beroperasi, sehingga mulai saat itu kawasan industri ModernCikande dapat diakses dengan jarak hanya satu kilometer dari pintu tol tersebut,” ujar Pascall.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…