Roti Maryam, Bisa Jadi Menu Andalan Saat Buka Puasa, Lho!

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 23 Mei 2017 - 13:11 WIB

Kuliner Khas India, Roti Maryam (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Kuliner Khas India, Roti Maryam (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Roti Maryam merupakan kuliner khas India yang hingga saat ini digemari oleh masyarakat Indonesia. Apalagi saat bulan Ramadhan, pasti banyak berbagai kuliner yang pastinya Anda akan tergiur untuk mencicipinya. Banyak restoran, hotel bahkan makanan ini bisa dibeli dipinggir jalan sudah banyak yang menjualnya.

Andapun bisa membuat makanan ini di rumah lho! Terkait rasa, saat Industry.co.id mencicipinya pada saat demo masak bersama Chef Ibe, Mercure Jakarta Cikini, rasa Roti Maryam dengan toping Chicken Curry ini cocok untuk lidah masyarakat Indonesia.

Chef Ibe, Hotel Mercure, Cikini, Jakarta Sedang Demo Masak Roti Maryam (Chdijah Febriyani/Industry.co.id)

Rotinya renyah, rasa Chicken Currrynya pun tidak terlalu pedas. Kalau ini menjadi menu andalan berbuka puasa, sangat cocok sekali.

Mau tahu cara pembuatannya? Ini resep Roti Maryam Chiken Curry ala Chef Ibe.

Bahan Roti Maryam :
 - 1 kg tepung terigu protein tinggi
 - 1 sendok teh garam
 - 4 sendok makan susu bubuk
 - 2 butir kuning telur
 - 2 butir telur
 - 450 cc air hangat
 - 175 cc minyak goreng

Campur minyak goreng, telur dua butir dan dua kuning telur dan juga air.  Campuran tersebut diaduk menggunakan whisk, aduk sampai rata. Kemudian, masukkan tepung terigu protein tinggi, masukkan garam, dan susu bubuk, lalu diuleni hingga kalis.

Setelah itu, adonan dibagi sama rata kira-kira 50 gram, bulatkan adonan dan olesi bagian atasnya dengan minyak. Kemudian, tutup dengan serbet bersih, lalu diamkan selama satu jam lebih. Setelah satu jam lebih, giling adonan sampai tipis, dan bentuk oval panjang.

Lalu, digulung menyerupai gulungan panjang, lalu dibentuk kerucut ke atas. Diamkan sebentar, kemudian digiling lagi dengan ketebalan 1/2 cm. Setelah itu, Anda bisa panaskan minyak goreng dalam wajan datar anti lengket, yang telah dioelsi dengan sedikit minyak, lalu goreng hingga kecoklatan.

Lalu, angkat dan beri topping sesuai selera Anda, salah satu toping yang dapat dipilih yaitu disajikan dengan saus kari ayam, ataupun susu kental manis.

Sajian Roti Maryam, Lebih Enak disantap dalam Keadaan Hangat (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BLACKPINK, BTS, EXO danTWICE saat memenangkan penghargaan di 7th Gaon Chart Music Awards, Seoul (14/2). (Dok Soompi)

Minggu, 18 Februari 2018 - 11:33 WIB

IU, BTS dan Deretan Idol Pemenang '7th Gaon Chart Music Awards', Selamat!

Acara penghargaan musik tahunan yang diadakan di Korea Selatan, Gaon Chart Music Awards 2018 sukses digelar pada Rabu (14/2) kemarin, di Jamsil Indoor Gymnasium, Seoul. Acara yang dibawakan…

Presdir PT PP Presisi Tbk Iswanto Amperawan, Direktur Keuangan Benny Pidakso dan Direktur Independen Arief Subyandono usai Public Expose PT PP Presisi Tbk (dok INDUSTRY.co.id)

Minggu, 18 Februari 2018 - 11:30 WIB

Mengintip Target Jumbo Kinerja PT PP Presisi Tbk Tahun 2018

PT PP Presisi Tbk salah satu perusahaan yang mematok target kinerja menterang tahun ini. Dalam waktu dekat, anak usaha PT PP (Persero) Tbk itu juga akan mengakuisisi dua perusahaan senilai Rp…

Presdir PT PP Presisi Tbk Iswanto Amperawan, Direktur Keuangan Benny Pidakso dan Direktur Independen Arief Subyandono usai Public Expose PT PP Presisi Tbk (dok INDUSTRY.co.id)

Minggu, 18 Februari 2018 - 11:02 WIB

Pengembangan Bisnis, Tahun ini PT PP Presisi Tbk Siap Akuisisi Perusahaan Asal Jepang

Dalam mendukung rencana pengembangan bisnis, tahun ini PT PP Presisi Tbk ( PPRE) menyiapkan dana belanja modal (capex) sebesar Rp 1,5 triliun Rp 1,6 triliun. Direktur Utama PT PP Presisi Tbk,…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan (Foto: Dok. INDUSTRY.co.id)

Minggu, 18 Februari 2018 - 10:40 WIB

Selain KIK, Menperin Tawarkan Tiga Kawasan Industri Ini Dihadapan Menlu Singapura

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto terus mendorong Singapura agar dapat terus mengembangkan pembangunan kawasan industri di daerah lain Indonesia, yang konsepnya terintegrasi…

Ilustrasi Bank (Kompas.com)

Minggu, 18 Februari 2018 - 10:35 WIB

Ini Cara Industri Perbankan Genjot Pertumbuhan Bisnis di 2018

Prediksi membaiknya perekonomian global dan domestik memberikan harapan pada tumbuhnya bisnis perbankan di tahun 2018. Berdasarkan data yang dirilis Bank Dunia , pertumbuhan ekonomi Indonesia…