Roti Maryam, Bisa Jadi Menu Andalan Saat Buka Puasa, Lho!

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 23 Mei 2017 - 13:11 WIB

Kuliner Khas India, Roti Maryam (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Kuliner Khas India, Roti Maryam (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Roti Maryam merupakan kuliner khas India yang hingga saat ini digemari oleh masyarakat Indonesia. Apalagi saat bulan Ramadhan, pasti banyak berbagai kuliner yang pastinya Anda akan tergiur untuk mencicipinya. Banyak restoran, hotel bahkan makanan ini bisa dibeli dipinggir jalan sudah banyak yang menjualnya.

Andapun bisa membuat makanan ini di rumah lho! Terkait rasa, saat Industry.co.id mencicipinya pada saat demo masak bersama Chef Ibe, Mercure Jakarta Cikini, rasa Roti Maryam dengan toping Chicken Curry ini cocok untuk lidah masyarakat Indonesia.

Chef Ibe, Hotel Mercure, Cikini, Jakarta Sedang Demo Masak Roti Maryam (Chdijah Febriyani/Industry.co.id)

Rotinya renyah, rasa Chicken Currrynya pun tidak terlalu pedas. Kalau ini menjadi menu andalan berbuka puasa, sangat cocok sekali.

Mau tahu cara pembuatannya? Ini resep Roti Maryam Chiken Curry ala Chef Ibe.

Bahan Roti Maryam :
 - 1 kg tepung terigu protein tinggi
 - 1 sendok teh garam
 - 4 sendok makan susu bubuk
 - 2 butir kuning telur
 - 2 butir telur
 - 450 cc air hangat
 - 175 cc minyak goreng

Campur minyak goreng, telur dua butir dan dua kuning telur dan juga air.  Campuran tersebut diaduk menggunakan whisk, aduk sampai rata. Kemudian, masukkan tepung terigu protein tinggi, masukkan garam, dan susu bubuk, lalu diuleni hingga kalis.

Setelah itu, adonan dibagi sama rata kira-kira 50 gram, bulatkan adonan dan olesi bagian atasnya dengan minyak. Kemudian, tutup dengan serbet bersih, lalu diamkan selama satu jam lebih. Setelah satu jam lebih, giling adonan sampai tipis, dan bentuk oval panjang.

Lalu, digulung menyerupai gulungan panjang, lalu dibentuk kerucut ke atas. Diamkan sebentar, kemudian digiling lagi dengan ketebalan 1/2 cm. Setelah itu, Anda bisa panaskan minyak goreng dalam wajan datar anti lengket, yang telah dioelsi dengan sedikit minyak, lalu goreng hingga kecoklatan.

Lalu, angkat dan beri topping sesuai selera Anda, salah satu toping yang dapat dipilih yaitu disajikan dengan saus kari ayam, ataupun susu kental manis.

Sajian Roti Maryam, Lebih Enak disantap dalam Keadaan Hangat (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mentan Andi Amran Sulaiman (Dok Industry.co.id)

Rabu, 15 Agustus 2018 - 06:52 WIB

Produktivitas Pertanian Hingga Berantas Mafia Pangan Jadi Bahasan Dialog Mentan Saat Kuliah Umum di IPB

Permintaan Presiden Joko Widodo agar diwujudkannya kesejahteraan petani menjadi landasan Kementerian Pertanian (Kementan) dalam melakukan berbagai capaian terobosan kinerjanya. Arahan Presiden…

PT Unilever Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 15 Agustus 2018 - 06:47 WIB

IHSG Melemah Momentum Beli

Diharapkan IHSG selanjutnya dapat bertahan di atas support 5725-5747 dan Resisten diharapkan dapat menyentuh kisaran 5788-5801. Pergerakan IHSG yang terus tertekan mengurangi peluang IHSG untuk…

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Foto B1.com)

Rabu, 15 Agustus 2018 - 06:39 WIB

Pelantikan Menpan-RB Baru, Bamsoet akan Hadir

Jakarta - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo membenarkan bahwa dirinya diundang menghadiri pelantikan Komjen Pol Syafruddin sebagai Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada…

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur (Foto Ist)

Rabu, 15 Agustus 2018 - 06:32 WIB

Tinggalkan Jabatan Menteri, Asman Abnur Ingin Ekses di DPR

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur berharap dapat kembali eksis menjadi anggota legislatif di parlemen pada periode berikutnya, setelah tidak menjadi menteri.

Wakil Kepala Kepolisian RI (Wakapolri) Komisaris Jenderal Polisi, Syafruddin (makassar.tribunnews.com)

Rabu, 15 Agustus 2018 - 06:21 WIB

Wakapolri Benarkan Dirinya Duduki Posisi Mentan-RB

Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) Komisaris Jenderal Polisi Syafruddin membenarkan dirinya diangkat menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi…