Roti Maryam, Bisa Jadi Menu Andalan Saat Buka Puasa, Lho!

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 23 Mei 2017 - 13:11 WIB

Kuliner Khas India, Roti Maryam (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Kuliner Khas India, Roti Maryam (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Roti Maryam merupakan kuliner khas India yang hingga saat ini digemari oleh masyarakat Indonesia. Apalagi saat bulan Ramadhan, pasti banyak berbagai kuliner yang pastinya Anda akan tergiur untuk mencicipinya. Banyak restoran, hotel bahkan makanan ini bisa dibeli dipinggir jalan sudah banyak yang menjualnya.

Andapun bisa membuat makanan ini di rumah lho! Terkait rasa, saat Industry.co.id mencicipinya pada saat demo masak bersama Chef Ibe, Mercure Jakarta Cikini, rasa Roti Maryam dengan toping Chicken Curry ini cocok untuk lidah masyarakat Indonesia.

Chef Ibe, Hotel Mercure, Cikini, Jakarta Sedang Demo Masak Roti Maryam (Chdijah Febriyani/Industry.co.id)

Rotinya renyah, rasa Chicken Currrynya pun tidak terlalu pedas. Kalau ini menjadi menu andalan berbuka puasa, sangat cocok sekali.

Mau tahu cara pembuatannya? Ini resep Roti Maryam Chiken Curry ala Chef Ibe.

Bahan Roti Maryam :
 - 1 kg tepung terigu protein tinggi
 - 1 sendok teh garam
 - 4 sendok makan susu bubuk
 - 2 butir kuning telur
 - 2 butir telur
 - 450 cc air hangat
 - 175 cc minyak goreng

Campur minyak goreng, telur dua butir dan dua kuning telur dan juga air.  Campuran tersebut diaduk menggunakan whisk, aduk sampai rata. Kemudian, masukkan tepung terigu protein tinggi, masukkan garam, dan susu bubuk, lalu diuleni hingga kalis.

Setelah itu, adonan dibagi sama rata kira-kira 50 gram, bulatkan adonan dan olesi bagian atasnya dengan minyak. Kemudian, tutup dengan serbet bersih, lalu diamkan selama satu jam lebih. Setelah satu jam lebih, giling adonan sampai tipis, dan bentuk oval panjang.

Lalu, digulung menyerupai gulungan panjang, lalu dibentuk kerucut ke atas. Diamkan sebentar, kemudian digiling lagi dengan ketebalan 1/2 cm. Setelah itu, Anda bisa panaskan minyak goreng dalam wajan datar anti lengket, yang telah dioelsi dengan sedikit minyak, lalu goreng hingga kecoklatan.

Lalu, angkat dan beri topping sesuai selera Anda, salah satu toping yang dapat dipilih yaitu disajikan dengan saus kari ayam, ataupun susu kental manis.

Sajian Roti Maryam, Lebih Enak disantap dalam Keadaan Hangat (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…