Roti Maryam, Bisa Jadi Menu Andalan Saat Buka Puasa, Lho!

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 23 Mei 2017 - 13:11 WIB

Kuliner Khas India, Roti Maryam (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Kuliner Khas India, Roti Maryam (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Roti Maryam merupakan kuliner khas India yang hingga saat ini digemari oleh masyarakat Indonesia. Apalagi saat bulan Ramadhan, pasti banyak berbagai kuliner yang pastinya Anda akan tergiur untuk mencicipinya. Banyak restoran, hotel bahkan makanan ini bisa dibeli dipinggir jalan sudah banyak yang menjualnya.

Andapun bisa membuat makanan ini di rumah lho! Terkait rasa, saat Industry.co.id mencicipinya pada saat demo masak bersama Chef Ibe, Mercure Jakarta Cikini, rasa Roti Maryam dengan toping Chicken Curry ini cocok untuk lidah masyarakat Indonesia.

Chef Ibe, Hotel Mercure, Cikini, Jakarta Sedang Demo Masak Roti Maryam (Chdijah Febriyani/Industry.co.id)

Rotinya renyah, rasa Chicken Currrynya pun tidak terlalu pedas. Kalau ini menjadi menu andalan berbuka puasa, sangat cocok sekali.

Mau tahu cara pembuatannya? Ini resep Roti Maryam Chiken Curry ala Chef Ibe.

Bahan Roti Maryam :
 - 1 kg tepung terigu protein tinggi
 - 1 sendok teh garam
 - 4 sendok makan susu bubuk
 - 2 butir kuning telur
 - 2 butir telur
 - 450 cc air hangat
 - 175 cc minyak goreng

Campur minyak goreng, telur dua butir dan dua kuning telur dan juga air.  Campuran tersebut diaduk menggunakan whisk, aduk sampai rata. Kemudian, masukkan tepung terigu protein tinggi, masukkan garam, dan susu bubuk, lalu diuleni hingga kalis.

Setelah itu, adonan dibagi sama rata kira-kira 50 gram, bulatkan adonan dan olesi bagian atasnya dengan minyak. Kemudian, tutup dengan serbet bersih, lalu diamkan selama satu jam lebih. Setelah satu jam lebih, giling adonan sampai tipis, dan bentuk oval panjang.

Lalu, digulung menyerupai gulungan panjang, lalu dibentuk kerucut ke atas. Diamkan sebentar, kemudian digiling lagi dengan ketebalan 1/2 cm. Setelah itu, Anda bisa panaskan minyak goreng dalam wajan datar anti lengket, yang telah dioelsi dengan sedikit minyak, lalu goreng hingga kecoklatan.

Lalu, angkat dan beri topping sesuai selera Anda, salah satu toping yang dapat dipilih yaitu disajikan dengan saus kari ayam, ataupun susu kental manis.

Sajian Roti Maryam, Lebih Enak disantap dalam Keadaan Hangat (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Industri kaca lembaran. (Foto Ist)

Senin, 28 Mei 2018 - 16:15 WIB

Makin di Ujung Tanduk, Asosiasi Kaca Lembaran Desak Pemerintah Turunkan Harga Gas Serta Redam Impor Kaca dari Malaysia

Membanjirnya produk impor dan masih tingginya harga gas industri di Tanah Air telah membawa industri kaca nasional berada di ujung tanduk.

Launching Calender of Event (CoE) 2018 Provinsi Riau di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) (Foto:Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Senin, 28 Mei 2018 - 16:00 WIB

Wisman Malaysia Pilih Riau untuk Wisata Ramadhan

Provinsi Riau memiliki daya tarik untuk mendatangkan wisatawan dari negara serumpun Malaysia untuk melakukan kunjungan wisata selama bulan Ramadhan 1439 H.

Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan

Senin, 28 Mei 2018 - 15:52 WIB

Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan Buat Prototipe Pesawat Tanpa Awak Pemadam Kebakaran

Pesawat tanpa awak tersebut diberi nama PROPEDER Prototype Robot Terbang Pemadam Kebakaran.

Perry Warjiyo Gubernur Bank Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 28 Mei 2018 - 15:00 WIB

BI Antisipasi Modal Keluar Jelang Pertemuan FOMC

Bank Indonesia menyebutkan terus meningkatkan pengawasan dan mitigasi terhadap potensi keluarnya modal asing yang bisa menggerus nilai tukar rupiah terutama menjelang rapat Komite Pasar Terbuka…

Dealer Honda / http://idolosol.com

Senin, 28 Mei 2018 - 14:54 WIB

Honda Siapkan 114 Bengkel Siaga Hadapi Mudik Lebaran 2018

PT Honda Prospect Motor (HPM) kembali menghadirkan program Honda emergency service atau bengkel siaga Honda. Program ini dirancang untuk menemani konsumen Honda selama melakukan perjalanan mudik.…