RI-India Sepakat Kerja Sama Bidang Pemuda dan Olahraga

Oleh : Herry Barus | Senin, 12 Desember 2016 - 18:38 WIB

Kerjasama Indonesia - India - foto ( Antara )
Kerjasama Indonesia - India - foto ( Antara )

INDUSTRY.co.id - Indonesia dan India sepakat meningkatkan kerja sama di tiga bidang yakni standarisasi perdagangan, pemuda dan olahraga, serta pencurian ikan atau illegal, unreported, and unregulated (IUU) fishing.

Pertukaran dokumen nota-nota kesepahaman antara dua negara disampaikan di hadapan dua kepala pemerintahan negara yakni Presiden Jokowi dan Perdana Menteri India Narendra Modi sebelum menyampaikan pernyataan pers bersama pasca-pertemuan bilateral keduanya di Mughal Room Lantai 1 Hyderabad House, New Delhi, Senin (12/12) .

Nota kesepahaman bersama tersebut dipertukarkan antara dua pejabat dengan pihak Indonesia diwakili oleh Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi.

Tiga kesepahaman tersebut meliputi MoU kerja sama standarisasi perdagangan antara Badan Standarisasi Nasional (BSN) dan Bureau of Indian Standardization (BIS) yang dokumennya dipertukarkan antara Menlu RI dengan Menteri Urusan Luar Negeri India.

Kedua, terkait MoU kerja sama bidang pemuda dan olahraga termasuk pertukaran informasi di bidang tersebut yang melibatkan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI dengan India.

Ketiga, terkait Joint Communique on Voluntary International Cooperation to Combat IUU Fishing & to Promote Sustainable Fisheries Governance.

Presiden Jokowi menyatakan, menyambut baik penandatanganan memorandum of undertanding (MoU) di bidang standarisasi perdagangan yang dilakukan antar dua negara.

Presiden Jokowi menyatakan yakin bahwa hal itu akan meningkatkan perdagangan dalam rangka mendukung kerja sama ekonomi dan "people to people contact".

"Indonesia (juga) mengundang India untuk meningkatkan kerja sama investasi di bidang farmasi, IT, dan otomotif," kata Presiden Jokowi.

Pada pernyataan pers bersama tersebut, PM Modi seperti dikutip Antara juga menyambut baik upaya peningkatan kerja sama antara kedua negara.

Menurut dia, Indonesia merupakan negara mitra India yang sangat berharga dan memiliki hubungan sejarah yang kuat.

Sebagai negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara sementara India merupakan negara dengan ekonomi besar dunia dianggapnya harus meningkatkan kerja sama strategis.

"Kami sepakat untuk membangun kemitraan yang lebih kuat antara kedua negara," katanya. (Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto saat meresmikan Bandung Techno Park (Foto: Humas)

Selasa, 16 Januari 2018 - 21:15 WIB

Bandung Techno Park Wujudkan Wirausaha Industri Digital

Kementerian Perindustrian memfasilitasi pembangunan Bandung Techno Park (BTP) sebagai salah satu pusat riset dan inovasi industri digital di Tanah Air seperti sektor elektronika dan telematika.

Menaker Hanif Dakiri didampingi oleh Andi Gani Nena Wea selaku Komisaris Utama PT PP (Persero) Tbk, M. Toha Fauzi selaku Direktur Infrastruktur PT PP (Persero) Tbk

Selasa, 16 Januari 2018 - 20:06 WIB

Kunjungan Menaker ke Proyek Terowongan Double Track Terpanjang di Indonesia

Jakarta-Menteri Ketenagakerjaan, M. Hanif Dhakiri melakukan peninjauan ke Proyek Pembangunan Notog BH 1440 yang merupakan salah satu proyek strategis Nasional (PSN).

Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prastyo bersama Ketua Panitia Pelaksana Natal Bersama Dar Edi Yoga (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 16 Januari 2018 - 19:32 WIB

Ketua Dewan Pers Dukung Perayaan Natal Bersama Insan Pers

Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prastyo menyambut gembira pelaksanaan Perayaan Natal Bersama Insan Pers yang akan diadakan besok sore ( Rabu, 17/1/2018 ) di RS Siloam Semanggi Jakarta.

Masjid Tokyo Camii & Turkish Culture Center di Jepang (Foto: matcha-jp.com)

Selasa, 16 Januari 2018 - 19:15 WIB

Berkunjung ke Tokyo Camii, Masjid Terbesar dan Indah di Jepang

Selain mengunjungi destinasi wisata alam dan berburu kuliner, Jepang juga mempunyai wisata religinya juga loh! Wisatawan Muslim, bisa mengunjungi Tokyo Camii & Turkish Culture Center yang termasuk…

Jongkie D Sugiarto, Co-Chairman Gaikindo (Foto: Herlambang/ INDUSTRY.co.id)

Selasa, 16 Januari 2018 - 19:05 WIB

Sepanjang Tahun 2017, Penjualan Mobil di Indonesia Capai 1.079.000 Unit

Sepanjang tahun 2017, penjualan mobil di Indonesia untuk semua jenis mencapai 1.079.000 unit. Angka tersebut naik 1,6% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.