RI-India Sepakat Kerja Sama Bidang Pemuda dan Olahraga

Oleh : Herry Barus | Senin, 12 Desember 2016 - 18:38 WIB

Kerjasama Indonesia - India - foto ( Antara )
Kerjasama Indonesia - India - foto ( Antara )

INDUSTRY.co.id - Indonesia dan India sepakat meningkatkan kerja sama di tiga bidang yakni standarisasi perdagangan, pemuda dan olahraga, serta pencurian ikan atau illegal, unreported, and unregulated (IUU) fishing.

Pertukaran dokumen nota-nota kesepahaman antara dua negara disampaikan di hadapan dua kepala pemerintahan negara yakni Presiden Jokowi dan Perdana Menteri India Narendra Modi sebelum menyampaikan pernyataan pers bersama pasca-pertemuan bilateral keduanya di Mughal Room Lantai 1 Hyderabad House, New Delhi, Senin (12/12) .

Nota kesepahaman bersama tersebut dipertukarkan antara dua pejabat dengan pihak Indonesia diwakili oleh Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi.

Tiga kesepahaman tersebut meliputi MoU kerja sama standarisasi perdagangan antara Badan Standarisasi Nasional (BSN) dan Bureau of Indian Standardization (BIS) yang dokumennya dipertukarkan antara Menlu RI dengan Menteri Urusan Luar Negeri India.

Kedua, terkait MoU kerja sama bidang pemuda dan olahraga termasuk pertukaran informasi di bidang tersebut yang melibatkan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI dengan India.

Ketiga, terkait Joint Communique on Voluntary International Cooperation to Combat IUU Fishing & to Promote Sustainable Fisheries Governance.

Presiden Jokowi menyatakan, menyambut baik penandatanganan memorandum of undertanding (MoU) di bidang standarisasi perdagangan yang dilakukan antar dua negara.

Presiden Jokowi menyatakan yakin bahwa hal itu akan meningkatkan perdagangan dalam rangka mendukung kerja sama ekonomi dan "people to people contact".

"Indonesia (juga) mengundang India untuk meningkatkan kerja sama investasi di bidang farmasi, IT, dan otomotif," kata Presiden Jokowi.

Pada pernyataan pers bersama tersebut, PM Modi seperti dikutip Antara juga menyambut baik upaya peningkatan kerja sama antara kedua negara.

Menurut dia, Indonesia merupakan negara mitra India yang sangat berharga dan memiliki hubungan sejarah yang kuat.

Sebagai negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara sementara India merupakan negara dengan ekonomi besar dunia dianggapnya harus meningkatkan kerja sama strategis.

"Kami sepakat untuk membangun kemitraan yang lebih kuat antara kedua negara," katanya. (Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi borobudur-IST

Kamis, 20 September 2018 - 20:50 WIB

Genjot Kunjungan Wisatawan, Kemenpar Gelar Sales Mission Borobudur

Sebagai destinasi utama, pengembangan Borobudur menjadi salah satu prioritas oleh Kementerian Pariwisata. Salah satunya melalui sales mission. Kali ini misi penjualan dilakukan di Grand Mercure…

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Haris Munandar (Foto: Dok. Kemenperin)

Kamis, 20 September 2018 - 19:07 WIB

Jurus Jitu Kemenperin Wujudkan Indonesia Kuat

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berperan aktif mewujudkan Indonesia Kuat melalui peningkatan produktivitas dan daya saing industri potensial di dalam negeri.

BGR Jalin Kerjasama dengan AirNav Indonesia

Kamis, 20 September 2018 - 18:35 WIB

Perkuat Bisnis Perusahaan, BGR Jalin Kerjasama dengan AirNav Indonesia

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia jasa logistik menandatangani nota kesepahaman dengan Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia…

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Kamis, 20 September 2018 - 17:38 WIB

Menunggu Data BPS untuk Masalah Impor Beras

INDUSTRY.co.id

Jakarta – Polemik impor beras medium antara Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Budi Waseso (Buwas) dan…

Presiden Direktur PT SPV, Christian Oberleitner (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Kamis, 20 September 2018 - 16:17 WIB

Dukung Program Citarum Harum, South Pacific Viscose Terus Tingkatkan Standar dan Kualitas IPAL

untuk menjaga kelestrasian lingkungan, khususnya Citarum, PT. South Pacific Viscose telah mengikuti semua regulasi dari pemerintah dan mematuhi segala perarturan yang telah dikeluarkan.