Agustus, Pemerintah Akan Terapkan Uji KIR Kendaraan Pribadi

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 22 Mei 2017 - 18:07 WIB

Industri Kendaraan Bermotor (istimewa)
Industri Kendaraan Bermotor (istimewa)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal mewajibkan seluruh kendaraan pribadi ikut KIR atau pengujian berkala kendaraan bermotor paling cepat dilaksanakan dalam tiga bulan ke depan. Saat ini, dengan mulai dilibatkannya pihak swasta Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM), maka kedepannya seluruh kendaraan bermotor yang beroperasi di jalan raya akan diwajibkan mengikuti pengujian KIR.

 "Yang akan datang iya, kendaraan pribadi wajib ikut KIR, karena semua yang menggunakan fasilitas publik (jalan raya) harus di KIR semua," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Senin (22/5/2017).

Budi mengatakan saat ini pihaknya tengah memberikan waktu kepada pihak ATPM untuk berbenah dan mempersiapkan segala sarana dan prasarana, sistem, termasuk juga sumber daya manusia (SDM), sebelum nantinya pengujian berkala/KIR untuk kendaraan pribadi diwajibkan.

"Akan diberlakukan segera, 3-4 bulan kita akan laksanakan bersamaan dengan ini. Gaikindo juga kan jual mobil pribadi, saya pikir ada juga yang dipakai intensif itu wajib di KIR. Urgensinya adalah semuanya keselamatan," tuturnya.

Budi tak menampik  kewajiban kendaraan pribadi untuk mengikuti pengujian berkala/KIR itu berhubungan dengan diwajibkannya taksi berbasis online untuk mengikuti uji kelaikan dan uji berkala/KIR. Meski demikian, ditegaskan kembali bahwa hal itu dilakukan semata-mata untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan di jalan raya.

"Dengan adanya ini tentunya kita harapkan taksi online untuk menindaklanjuti, karena di Jakarta saja ada 45 (Bengkel swasta pengujian KIR), di tempat lain (seluruh Indonesia) ada 110 (bengkel). Barangkali dalam satu hari tambah dari 45, apalagi gratis 3 bulan ini, jadi taksi online gunakan kesempatan ini dengan baik," tukasnya

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mentan Andi Amran Sulaiman (Dok Industry.co.id)

Rabu, 21 Februari 2018 - 08:02 WIB

Mentan Andi Minta Anggaran Fokus ke Sektor Produksi Pertanian

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman membuka secara resmi Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan Pertanian Tahun 2019 yang dihadiri oleh Sekretaris Dinas Lingkup Pertanian Provinsi…

Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto (Foto: Ist)

Rabu, 21 Februari 2018 - 07:55 WIB

Prabowo-Jokowi Beda Flatform Tidak Dapat Disandingkan

Hasil lembaga survei yang melakukan survei dengan menyandingkan Prabowo Subianto sebagai pasangan Joko Widodo, Fadli Zon segera membantahnya.

Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 21 Februari 2018 - 07:48 WIB

Partai Gerindra Segera Deklarasikan Prabowo Subianto Sebagai Capres 2019

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengatakan Partai Gerindra pada saatnya akan mendeklarasikan ketua umumnya Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada pemilu 2019.

Rizieq Shihab Imam Besar Front Pembela Islam (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 21 Februari 2018 - 07:42 WIB

Polda Metro Belum Terima Informasi Kepulangan Rizieq Shihab

Pihak Polda Metro Jaya mengonfirmasi belum menerima informasi resmi rencana kepulangan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab.

Presiden Jokowi bersama masyarakat korban erupsi gunung Sinabung Karo (Foto Biro Pers Setpres)

Rabu, 21 Februari 2018 - 07:37 WIB

Harga Sayur dan Buah Naik Dampak Erupsi Gunung Sinabung

Erupsi Gunung Sinabung di Brastagi, Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara, diperkirakan akan berdampak pada kenaikan terdahap harga komoditi buah-buahan dan sayuran di sejumlah pasar tradisional…