Agustus, Pemerintah Akan Terapkan Uji KIR Kendaraan Pribadi

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 22 Mei 2017 - 18:07 WIB

Industri Kendaraan Bermotor (istimewa)
Industri Kendaraan Bermotor (istimewa)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal mewajibkan seluruh kendaraan pribadi ikut KIR atau pengujian berkala kendaraan bermotor paling cepat dilaksanakan dalam tiga bulan ke depan. Saat ini, dengan mulai dilibatkannya pihak swasta Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM), maka kedepannya seluruh kendaraan bermotor yang beroperasi di jalan raya akan diwajibkan mengikuti pengujian KIR.

 "Yang akan datang iya, kendaraan pribadi wajib ikut KIR, karena semua yang menggunakan fasilitas publik (jalan raya) harus di KIR semua," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Senin (22/5/2017).

Budi mengatakan saat ini pihaknya tengah memberikan waktu kepada pihak ATPM untuk berbenah dan mempersiapkan segala sarana dan prasarana, sistem, termasuk juga sumber daya manusia (SDM), sebelum nantinya pengujian berkala/KIR untuk kendaraan pribadi diwajibkan.

"Akan diberlakukan segera, 3-4 bulan kita akan laksanakan bersamaan dengan ini. Gaikindo juga kan jual mobil pribadi, saya pikir ada juga yang dipakai intensif itu wajib di KIR. Urgensinya adalah semuanya keselamatan," tuturnya.

Budi tak menampik  kewajiban kendaraan pribadi untuk mengikuti pengujian berkala/KIR itu berhubungan dengan diwajibkannya taksi berbasis online untuk mengikuti uji kelaikan dan uji berkala/KIR. Meski demikian, ditegaskan kembali bahwa hal itu dilakukan semata-mata untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan di jalan raya.

"Dengan adanya ini tentunya kita harapkan taksi online untuk menindaklanjuti, karena di Jakarta saja ada 45 (Bengkel swasta pengujian KIR), di tempat lain (seluruh Indonesia) ada 110 (bengkel). Barangkali dalam satu hari tambah dari 45, apalagi gratis 3 bulan ini, jadi taksi online gunakan kesempatan ini dengan baik," tukasnya

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Indonesia

Jumat, 15 Februari 2019 - 21:00 WIB

Utang Luar Negeri Naik Menjadi Rp5.312 Triliun

Utang luar negeri Indonesia naik 6,9 persen secara tahun ke tahun pada akhir triwulan IV 2018 menjadi 376,8 miliar dolar AS atau setara dengan Rp5.312 triliun (asumsi kurs Rp14.100 per dolar…

Ilustrasi Nyamuk Demam Berdarah

Jumat, 15 Februari 2019 - 20:40 WIB

Hati-Hati! Anak yang Terinfeksi Kedua Kali oleh Virus Dengue dapat Berakibat Fatal

Jumlah kasus DBD tertinggi di Indonesia terjadi di Jawa Timur, yakni2.657kasus dan47 orang diantaranya meninggal dunia.

CEO &Founder; Pintro Syarif Hidayat

Jumat, 15 Februari 2019 - 20:37 WIB

Pintro Hadirkan Platform Digital Layanan Pendidikan Terintegrasi

Satu lagi platform aplikasi berbasis pendidikan turut meramaikan dunia pendidikan tanah air yaitu Pintro. Pintro merupakan platform digital aplikasi sistem tata kelola administrasi dan manajemen…

BMW Indonesia Gelar BMW Exhibition

Jumat, 15 Februari 2019 - 20:02 WIB

BMW Indonesia Gelar BMW Exhibition Hadirkan Program Khusus

BMW Indonesia menggelar BMW Exhibition selama 3 hari pada tanggal 15-17 Februari 2019 di Plaza Senayan Atrium. Beberapa program khusus diperkenalkan lebih luas seperti program khusus Drive to…

All New Suzuki Ertiga

Jumat, 15 Februari 2019 - 19:03 WIB

Terbukti Makin Diminati, Suzuki Tambah Fitur All New Ertiga

Untuk terus memenuhi kebutuhan dan harapan konsumen akan kendaraan multiguna yang modern, All New Ertiga kini tampil lebih menarik dengan beberapa perubahan signifikan.