Agustus, Pemerintah Akan Terapkan Uji KIR Kendaraan Pribadi

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 22 Mei 2017 - 18:07 WIB

Industri Kendaraan Bermotor (istimewa)
Industri Kendaraan Bermotor (istimewa)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal mewajibkan seluruh kendaraan pribadi ikut KIR atau pengujian berkala kendaraan bermotor paling cepat dilaksanakan dalam tiga bulan ke depan. Saat ini, dengan mulai dilibatkannya pihak swasta Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM), maka kedepannya seluruh kendaraan bermotor yang beroperasi di jalan raya akan diwajibkan mengikuti pengujian KIR.

 "Yang akan datang iya, kendaraan pribadi wajib ikut KIR, karena semua yang menggunakan fasilitas publik (jalan raya) harus di KIR semua," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Senin (22/5/2017).

Budi mengatakan saat ini pihaknya tengah memberikan waktu kepada pihak ATPM untuk berbenah dan mempersiapkan segala sarana dan prasarana, sistem, termasuk juga sumber daya manusia (SDM), sebelum nantinya pengujian berkala/KIR untuk kendaraan pribadi diwajibkan.

"Akan diberlakukan segera, 3-4 bulan kita akan laksanakan bersamaan dengan ini. Gaikindo juga kan jual mobil pribadi, saya pikir ada juga yang dipakai intensif itu wajib di KIR. Urgensinya adalah semuanya keselamatan," tuturnya.

Budi tak menampik  kewajiban kendaraan pribadi untuk mengikuti pengujian berkala/KIR itu berhubungan dengan diwajibkannya taksi berbasis online untuk mengikuti uji kelaikan dan uji berkala/KIR. Meski demikian, ditegaskan kembali bahwa hal itu dilakukan semata-mata untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan di jalan raya.

"Dengan adanya ini tentunya kita harapkan taksi online untuk menindaklanjuti, karena di Jakarta saja ada 45 (Bengkel swasta pengujian KIR), di tempat lain (seluruh Indonesia) ada 110 (bengkel). Barangkali dalam satu hari tambah dari 45, apalagi gratis 3 bulan ini, jadi taksi online gunakan kesempatan ini dengan baik," tukasnya

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Analisis Berbasis Lokasi Esri Indonesia

Selasa, 23 Oktober 2018 - 13:52 WIB

Bantu Pemulihan Bencana Pasca Gempa Tsunami Sulawesi, Esri Indonesia Kembangkan Analisis Berbasis Lokasi

Emergency Spatial Support Centre yang berada di bawah naungan Esri Indonesia, penyedia solusi geospasial terkemuka, telah mengembangkan portal pemetaan cerdas dengan teknologi canggih yang dirancang…

Penghargaan yang diperoleh Daffam Teraskita Jakarta pada 2018 (Foto Ist)

Selasa, 23 Oktober 2018 - 12:14 WIB

Dafam Teraskita Jakarta Raih Penghargaan Traveloka Hotel Awards 2018

Hotel Dafam Teraskita Jakarta memperoleh penghargaan The Best Guest Experience in Cleanliness Premium pada acara Traveloka Hotel Awards 2018 se-Asia Tenggara.

Konferensi Pers Empat Tahun Kerja Pemerintahan Jokowi-JK (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 23 Oktober 2018 - 11:12 WIB

4 Tahun Kerja Pemerintahan Jokowi-JK, Pertumbuhan Ekonomi Nasional Relatif Stabil

Empat tahun kerja Pemerintahan Joko Widodo- Jusuf Kalla pertumbuhan ekonomi stabil di kisaran 5 persen. Selain itu, secara makro ekonomi dalam kurun waktu empat tahun dikelola dengan baik dan…

Sari Roti

Selasa, 23 Oktober 2018 - 10:48 WIB

Sari Roti Bukukan Penjualan Sebesar Rp 1,98 Triliun Hingga September 2018

Produsen Sari Roti, PT Nippon Indosari Corpindo Tbk. membukukan penjualan senilai Rp1,98 triliun hingga September 2018, tumbuh 8,79% dari posisi Rp1,82 triliun pada periode yang sama tahun sebelumnya.…

Kredit Pintar Gandeng Komunitas Jendela Dukung Minat Baca Anak-Anak Sejak Dini

Selasa, 23 Oktober 2018 - 10:30 WIB

Kredit Pintar Gandeng Komunitas Jendela Dukung Minat Baca Anak-Anak Sejak Dini

Kredit Pintar memberikan pembekalan pengetahuan dasar dan membagikan buku-buku di Perpustakaan Komunitas Jendela di Kawasan Manggarai, Jakarta.