Fasilitas Kompresi Sumpal Conocophilips Sumsel Resmi Beroperasi

Oleh : Herry Barus | Senin, 22 Mei 2017 - 07:15 WIB

Migas Ilustrasi
Migas Ilustrasi

INDUSTRY.co.id - Jambi - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meresmikan fasilitas kompresi Lapangan Sumpal Gas ConocoPhilips (grissik) Ltd, di Kabupaten Bayung Lincir, Provinsi Sumatera Selatan, Minggu (21/5/2017)

Project Manager Lapangan Sumpal Wayan Budiarta di hadapan Menteri ESDM mengatakan Sumpal Compresion Project (SCP) diperlukan untuk menjaga kapasitas Sumpal di angka maksimum @310MMSCFD dan merupakan bagian dari Sumpal Phase-2 POFD 2010.

Wayan menjelaskan proyek ini dimulai 23 Maret 2015 dan telah diselesaikan tiga bulan lebih cepat dari target yakni di April 2017.

Fasilitas Sumpal Gas Station memulai operasi di tahun 2011. Lapangan Sumpal didedikasikan untuk perjanjian jual-beli gas.

Kemudian, kata Wayan, proyek ini berhasil mengoptimalisasi volume produksi dari 265 MMSCFD menjadi 310 MMSCFD dengan menggunakan kompresor.

"Proyek EFC ini diproyeksikan selesai dengan nilai biaya 25 persen di bawah nilai AFE yang disetujui yaitu sebesar USD 222.9MM menjadi USD 163.6MM," kata Wayan.

Di samping itu, katanya, pencapaian kinerja keselamatan dalam proyek itu yakni 3,24 juta lebih tanpa kehilangan waktu kerja dan tidak mencemari lingkungan.

Proyek ini, katanya, tidak mengganggu kegiatan rutin operasi produksi dan meminimalkan gangguan ke masyarakat sekitar.

"Penyelesaian proyek Kompersi Lapangan Sumpal melibatkan 100 persen tenaga kerja nasional termasuk kontaktor BUMN dengan lebih dari 1.000 pekerja," katanya menambahkan seperti dikutip Antara.

Menteri ESDM yang meresmikan Fasilitas Kompresi Lapangan Sumpal itu mengapresiasi ConocoPhilips dalam penyelesaian proyek industri hulu migas itu, terutama dalam keselamatan kerja.

"Kita apresiasi semua yang terlibat dalam pembangunan Sumpal. Ini aset negara dibangun dengan uang negara. Ini luar biasa pembangunannya lebih cepat, hemat anggaran dan dikerjakan mayoritas putra/i Indonesia," kata Jonan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.