Semen Indonesia, Raja Industri Semen Yang Gencar Bangun Pabrik

Oleh : Arya Mandala | Sabtu, 20 Mei 2017 - 17:49 WIB

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)
PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)

INDUSTRY.co.id - Dengan kapasitas pabrik yang mencapai sekitar 31 juta ton PT Semen Indonesia Tbk (SI) sebenarnya sudah menjadi raja semen tingkat Asia Tenggara. Namun SI tidak mau terlena, terutama dengan masuknya pemain-pemain semen baru yang berpotensi merebut pasar. SI berkomitmen untuk mempertahankan posisinya, dengan menggenjot volume produksi.

Dua pabrik baru saat ini sedang giat dibangun, yakni berlokasi di Rembang, Jawa Tengah dan di Indarung Padang, Sumatera Barat. Masing-masing dirancang dengan kapasitas produksi sebesar 3 juta ton.

Untuk pabrik di Rembang, SI mulai beroperasi Oktober 2016, sementara di Indarung Desember 2016. Tahun ini SI akan memiliki kapasitas terpasang sekitar 37 juta ton semen per tahun.

Tambahan kapasitas tadi belum membuat SI puas. Perseroan akan terus melakukan  penambahan kapasitas produksi dengan membangun pabrik baru. Targetnya memiliki kapasitas produksi sebesar 55 juta ton per tahun pada tahun 2020. Makanya belum usai pabrik Rembang dan Indarung dibangun, SI kini tengah mengurus proses pembangunan pabrik baru di tiga lokasi yakni Aceh, Kupang dan Papua.

Dalam beberapa kesempatan, Direktur Utama PT Semen Indonesia Tbk Suparni mengatakan pembangunan pabrik di tiga lokasi tadi dilakukan dengan skema membentuk joint venture dengan investor lokal. Khusus di Aceh, SI memilih Pidie sebagai lokasi pabrik dengan target kapasitas produksi 3 juta ton.

Pembangunan pabrik ini ditaksir menelan investasi hingga 4,86 triliun dan dijadwalkan sudah mulai proses kontruksi tahun ini juga.  “Perusahaan akan menjual produksi semen dari pabrik ini ke pasar lokal dan luar negeri seperti Myanmar dan Bangladesh,” ujarnya.

Sementara untuk pabrik di Kupang, SI menggandeng PT Semen Kupang (Persero) dengan target kapasitas sebesar 1,5 juta ton dan investasi Rp 2 triliun.  Produksi semen dari pabrik ini adalah Nusa Tenggara serta ekpor ke Timor Leste dan Australia. 

Untuk di Papua, SI menggandeng Pemerintah Kabupaten Jayapura, melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) membangun pabrik berkapasitas 1 juta ton pertahun dengan investasi pembangunan pabrik mencapai Rp 2 triliun. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BP Batam Internasional Culture Carnival 2017 (Foto:sindobatam.com)

Senin, 18 Desember 2017 - 10:15 WIB

BP Batam Internasional Culture Carnival 2017 Harapkan Jadi Pintu Gerbang Wisman ke Batam

Festival budaya berskala internasional, BP Batam Internasional Culture Carnival 2017 yang diselenggarakan di Jalan Imam Bonjol, Nagoya, Kepulauan Riau, Batam pada Sabtu (16/12/2017). Penyelenggaraan…

PT J Resources Asia Pasifik Tbk (PSAB), William Surnata, Budikwanto Kuesar dan Edi Permadi (Foto Abe)

Senin, 18 Desember 2017 - 10:10 WIB

J Resources Targetkan Tambang Emas Pani dan Doup Berproduksi pada 2019

PT J Resources Asia Pasifik Tbk (PSAB) menargetkan tambang emas Pani dan Doup dapat beroperasi pada 2019. Karena itu, perusahaan pertambangan emas tersebut saat ini mulai mengembangkan kedua…

Ilustrasi Hunian Terintegrasi dengan moda transportasi publik seperti Transit Oriented Development (TOD)

Senin, 18 Desember 2017 - 10:06 WIB

REI: TOD Merupakan Jawaban Kebutuhan Hunian Untuk Kaum Milenial

Hunian vertikal berkonsep Transit Oriented Development (TOD) beberapa waktu belakangan sedang menjadi tren tersendiri di kalangan pengembang baik swasta maupun pemerintah.

Bank Indonesia

Senin, 18 Desember 2017 - 10:00 WIB

Kepastian Kemanan Diperlukan Investor Dalam Menjalankan Usaha

Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Solo menyatakan investor butuh kepastian keamanan dalam menjalankan usaha mereka

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Senin, 18 Desember 2017 - 09:49 WIB

Hari ini, IHSG Bakal Lanjutkan Kenaikan untuk Tembus ke 6.125

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada perdagangan hari ini diperkirakan bakal terus melanjutkan kenaikan serta berupaya untuk menembus level 6.125 setelah pada akhir…