Semen Indonesia, Raja Industri Semen Yang Gencar Bangun Pabrik

Oleh : Arya Mandala | Sabtu, 20 Mei 2017 - 17:49 WIB

PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)
PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) (indonesianindustry)

INDUSTRY.co.id - Dengan kapasitas pabrik yang mencapai sekitar 31 juta ton PT Semen Indonesia Tbk (SI) sebenarnya sudah menjadi raja semen tingkat Asia Tenggara. Namun SI tidak mau terlena, terutama dengan masuknya pemain-pemain semen baru yang berpotensi merebut pasar. SI berkomitmen untuk mempertahankan posisinya, dengan menggenjot volume produksi.

Dua pabrik baru saat ini sedang giat dibangun, yakni berlokasi di Rembang, Jawa Tengah dan di Indarung Padang, Sumatera Barat. Masing-masing dirancang dengan kapasitas produksi sebesar 3 juta ton.

Untuk pabrik di Rembang, SI mulai beroperasi Oktober 2016, sementara di Indarung Desember 2016. Tahun ini SI akan memiliki kapasitas terpasang sekitar 37 juta ton semen per tahun.

Tambahan kapasitas tadi belum membuat SI puas. Perseroan akan terus melakukan  penambahan kapasitas produksi dengan membangun pabrik baru. Targetnya memiliki kapasitas produksi sebesar 55 juta ton per tahun pada tahun 2020. Makanya belum usai pabrik Rembang dan Indarung dibangun, SI kini tengah mengurus proses pembangunan pabrik baru di tiga lokasi yakni Aceh, Kupang dan Papua.

Dalam beberapa kesempatan, Direktur Utama PT Semen Indonesia Tbk Suparni mengatakan pembangunan pabrik di tiga lokasi tadi dilakukan dengan skema membentuk joint venture dengan investor lokal. Khusus di Aceh, SI memilih Pidie sebagai lokasi pabrik dengan target kapasitas produksi 3 juta ton.

Pembangunan pabrik ini ditaksir menelan investasi hingga 4,86 triliun dan dijadwalkan sudah mulai proses kontruksi tahun ini juga.  “Perusahaan akan menjual produksi semen dari pabrik ini ke pasar lokal dan luar negeri seperti Myanmar dan Bangladesh,” ujarnya.

Sementara untuk pabrik di Kupang, SI menggandeng PT Semen Kupang (Persero) dengan target kapasitas sebesar 1,5 juta ton dan investasi Rp 2 triliun.  Produksi semen dari pabrik ini adalah Nusa Tenggara serta ekpor ke Timor Leste dan Australia. 

Untuk di Papua, SI menggandeng Pemerintah Kabupaten Jayapura, melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) membangun pabrik berkapasitas 1 juta ton pertahun dengan investasi pembangunan pabrik mencapai Rp 2 triliun. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES). (Foto: IST)

Senin, 23 Juli 2018 - 20:20 WIB

Ace Tawarkan Keuntungan Berlipat Untuk Member

Sebagai pusat kebutuhan rumah dan gaya hidup terlengkap di Indonesia, ACE secara konsisten menghadirkan berbagai program dan penawaran menarik untuk memanjakan para pelanggan setianya. Kali…

Bank BRI Sediakan ID Card Terintegrasi BRIZZI untuk Volunteer (Foto Rizki Meirino)

Senin, 23 Juli 2018 - 20:05 WIB

Bank BRI Sediakan ID Card Terintegrasi BRIZZI untuk Volunteer

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. berkomitmen dalam mensukseskan penyelenggaraan Asian Games 2018. Kali ini Bank BRI sebagai official prestige partner Asian Games turut berpartisipasi…

 PMA 9502 dan Polytron Play meraih penghargaan GDI 2018 dari Kemendag

Senin, 23 Juli 2018 - 19:55 WIB

PMA 9502 dan Polytron Play Raih Penghargaan GDI 2018 dari Kemendag

Selain mengutamakan kualitas pada barang, setiap orang pasti mempertimbangkan juga model, bentuk dan design. Karena komponen diatas adalah salah satu penentu sehingga diputuskan untuk mendapatkannya…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada acara Sarasehan OTNAS (Foto: Dok. Kemenperin)

Senin, 23 Juli 2018 - 19:43 WIB

Kemenperin Usulkan Bangun Laboratorium Kimia di Indonesia

Kementerian Perindustrian tengah mengusulkan agar di Indonesia dapat dibangun laboratorium rujukan kimia yang memiliki standar internasional. Pasalnya, keberadaan laboratorium tersebut di wilayah…

Jumpa pers kampanye #1000HariPerlindungan pada anak bersama Sleek Baby, di Djakarta Theater XXI (23/7). (Dina Astria/Industry.co.id)

Senin, 23 Juli 2018 - 19:35 WIB

Jangan Salah Pilih, Ini 3 Kriteria Wajib untuk Beri Perlindungan Higienis Pada Anak

Semua orang tua pastinya ingin memberikan perlindungan optimal untuk anak. Sejak janin dalam kandungan, hingga ia tumbuh dan beranjak dewasa. Perlindungan yang diberikan mulai dari asupan nutrisi…