Menjelang Ramadhan dan Idul Fitri, KPPU Sidak RPH Ciroyom

Oleh : Ridwan | Sabtu, 20 Mei 2017 - 16:48 WIB

Ilustrasi Sapi
Ilustrasi Sapi

INDUSTRY.co.id -Jakarta, Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Syarkawi Rauf bersama Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan kementerian Pertanian, I Ketut Diarmika, Dirjen Perdagangan Luar Negeri kementerian Perdagangan, Oke Nurwan, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Tjahya Widayanti, dan Kepala badan Veteriner Suabng, Syamsul Maarif, serta Kepala Dinas Ketahanan dan Pertanian kota Bandung, Elly Wasliah, Jumat maal, 19 Mei 2017 melakukan sidak daging sapi dirumah potong hewan (RPH) Ciroyom, Bandungguna antisipasi kenaikan harga daging sapi.

Berdasarkan data Kementerian Pertanian, posisi stok daging ex impor per tanggal 18 Mei 2017 sebanyak 70.518 ton dengan rincian, sapi siap potong sebanyak 116. 417 ekor atausetara denagn 23.167 ton daging. daging sapi ex impor 12.025 ton dan daging kerbau ex impor (Bulog) 35.326 ton.

Sedangkan prognosa sapi lokal siap potong yang dapat diakses sampai dengan bulan Juni 2017 adalah sebanyak 356.620 ekor atau setara dengan 62.400 ton daging.

"Berdasarkan ketersediaan tersebut, prognosa kebutuhan daging periode bulan Mei-Juni 2017 sebesar 106.407 ton dapat terpenuhi, bahkan surplus sebanyak 26.511 ton," ungkap Syarkawi Rauf melalui siaran persnya di Bandung, Jawa barat (20/5/2017).

Syarkawi menjelaskan, bahwa dalam kondisi seperti ini seharusnya tidak sepatutnya ada kenaikan harga daging sapi yang signifikan. Kondisi surplus daging sapi sebagaimana disampaikan Kementan ini sebenarnya membuat tidak ada justifikasi bagi para pelaku usaha untuk mengeksploitasi konsumen daging sapi dengan harga yang tinggi.

Disisi alin, Kepala Dinas pangan dan Pertanian kota Bandung, Elly Wasliah mengungkapkan, bahwa rata-rata pemotongan harian di RPH Ciroyom berkisar 64-75 ekor sapi, sedangkan di RPH Ciranjang berkisar 41-42 ekor sapi, atau total rata-rata 105-107 ekor sapi per hari dipotong dikedua RPH ini.

"Diperkirakan pada satu hari sebelum bulan ramadhan akan meningkat 4 kali lipat, dan menjelang Idul Fitri akan meningkat 6,5 kali lipat. Khusus untuk kota Bandung semua akan terpenuhi kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri," terang Elly.

Bilamana terjadi kenaikan harga daging sapi yang signifikan ditengah kondisi surplus, maka tindakan hukum akan segera diambil oleh KPPU serta Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polri.

"KPPU dan Satgas pangan Polriakan tindak tegas semua upaya kartel pangan, baik dari sisi UU Persaingan Usaha maupun Pidana," tutup Syarkawi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…

Arta Monica Pasaribu, S.IP – President University Mahasiswa S2 MMT

Selasa, 23 April 2024 - 17:30 WIB

Strategi Marketing Dinamo Listrik Buatan Lokal untuk Mendukung Net Zero Emission

Tidak dapat dipungkiri ternyata penggunaan kendaraan listrik seperti motor listrik sangat tumbuh dengan cepat. Pemerintah mencatat keberadaan motor dan mobil yang berbasis listrik di sini naik…

PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi demi generasi masa depan.

Selasa, 23 April 2024 - 17:28 WIB

Cinta Bumi, PIS Sukses Tekan Emisi 25,4 Ribu Ton Setara CO2

Jakarta - PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi…

Fransiscus Go sedang memegang hasil kebun di Nara Kupu Village Sawangan, Depok-Jawa Barat. (Foto: Istimewa)*

Selasa, 23 April 2024 - 16:35 WIB

Pengusaha Sukses NTT Ini Sebut Program Food Estate Efektif untuk Pemanfaatan Lahan yang Sudah Lama Tertidur

Jakarta - Tokoh masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Fransiscus Go menilai bahwa program Food Estate, atau pengembangan pangan secara terintegrasi yang tengah digencarkan oleh pemerintah…