Jepang Diharapkan Tingkatkan Investasi Industri Baja Logam Terkait Meningkatkan Proyek Infrastruktur

Oleh : Ridwan | Sabtu, 20 Mei 2017 - 08:10 WIB

Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Telematika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan didampingi Direktur Industri Logam Kemenperin Doddy Rahadi berfoto bersama dengan delegasi Indonesia dan Jepang usai kegiata
Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Telematika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan didampingi Direktur Industri Logam Kemenperin Doddy Rahadi berfoto bersama dengan delegasi Indonesia dan Jepang usai kegiata

INDUSTRY.co.id -Jakarta, Setelah terpuruk selama tiga tahun beruntun, industri baja nasional perlahan merangkak naik, keniakan ini didorong dengan maraknya proyek pembangunan infrastruktur. Apalagi saat ini, Kementerian Perindustrian tengah memacu program industri prioritas nasional antara lain, sektor ship building otomotif, permesinan, dan logam dasar.

Terkait investasi di industri baja, Indonesia meminta Jepang untuk lebih meningkatkan investasinya di hulu seperti, crude steel (baja kasar) baik dalam bentuk lembaran maupun batangan. Bahan baku tersebut banyak dibutuhkan dalam proyek infrastruktur di dalam negeri dan dapat menunjang industri lainnya.

Hal tersebut disanpaikan Direktur Industri LogamK ementerian Perindustrian,Doddy Rahadi kepada Delegasi Jepang dalam acara Indonesia-Japan 7th Steel Dialogue di Yogyakarta, jawa Tengah.

"Selama tahun 2016, Jepang merupakan investor terbesar kedua di Indonesia, dengan nilai investasi mencapai USD 5,4 miliar, namum penanaman modal tersebut lebih banyak di sektor infrastruktur seperti, pembangkit listrik dan alat transportasi masal," ungkap Doddy Rahadidi Yogyakarta, Jawa Tengah Jumat (19/5/2017).

Seperti diketahui, pemerintah Indonesia memberikan kemudahan bagi para investor yang menanamkan modalnya di Indonesia antara lain dalam bentuk keringanan pajak berupa tax holiday dan tax allowance serta bea masuk untuk mesin produksi dan bahan baku.

Doddy berharap, dengan kemitraan Indonesia dan Jepang akan semakin kuat dalam membangun industri baja, dan dapat mengambil manfaat pasar regional yang sejalan dengan pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

"Indonesia juga membutuhkan sekitar USD 235 miliar untuk pembangunan infrastruktur dan perumahan, sehingga membuat kebutuhan besi dan baja kontruksi meningkat 8,5 persen per tahun," imbuhnya.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan, industri logam disebut sebagai mother of industry karena produk logam dasar merupakan bahan baku utama bagi kegiatan sektor industri lain, diantaranya industri otomotif, maritim, elektronika, serta permesinan dan peralatan pabrik.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…