Andik Vermansah dan Timnas Dipastiakan Bugar Hadapi Thailand

Oleh : Herry Barus | Senin, 12 Desember 2016 - 12:13 WIB

Timnas Indonesia menggelar latihan ringan
Timnas Indonesia menggelar latihan ringan

INDUSTRY.co.id - Dokter Syarif Alwi memastikan kebugaran pemain timnas Indonesia yang akan menghadapi Thailand pada final pertama Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/12) tidak bermasalah sehingga semuanya bisa diturunkan.

"Kebugaran pemain tidak ada masalah. Saat ini tinggal menjaga saja termasuk menjaga makan. Kondisi mereka sangat bagus," kata dokter Syarif Alwi di sela latihan timnas di lapangan SPH Karawaci, Tangerang, Banten, Minggu (11/12).

Timnas Indonesia dalam catatan Antara, untuk melaju ke babak final kejuaraan dua tahunan ini memang membutuhkan kerja keras. Datang sebagai tim bukan unggulan, anak asuh Alfred Riedl sukses mencapai puncak setelah di semifinal mengalahkan Vietnam dengan agregat 4-3.

Untuk meraih hasil ini, Andik Vermansah dan kawan-kawan terutama dipertandingan semifinal kedua melawan Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam beberapa hari lalu. Pada pertandingan tersebut, timnas harus bermain 120 menit untuk menahan gempuran lawan.

Setelah mendapatkan waktu libur, Kurnia Meiga dan kawan-kawan sudah kembali berlatih seperti biasa. Latihanpun sudah seperti biasa dengan mendapatkan porsi latihan yang cukup ketat. Beberapa formasi juga diperagakan saat latihan yang diikuti 23 pemain itu.

Saat latihan, semua pemain sangat serius menjalankan instruksi asisten pelatih Wolfgang Pikal. Beberapa kali, pria asal Austria itu meminta pemain timnas untuk lebih fokus terutama saat mendapatkan tekanan dari lawan. Apalagi latihan yang dilakukan adalah simulasi melawan Thailand.

"Mereka itu pemain senior. Jadi sudah tahu apa yang harus dilakukan," kata dokter berkumis yang sudah cukup lama memberikan dukungan langsung pada timnas Indonesia itu.

Terkait dengan mental, pelatih Alfred Riedl menegaskan jika Andik Vermansah dan kawan-kawan juga tidak ada masalah. Semua pemain sudah siap diturunkan pada pertandingan final nanti. Hanya saja, pelatih berusia 67 tahun ini belum mau membocorkan pemain inti yang bakal diturunkan.

"Mental mereka bagus.100 persen fit. Psikis mereka untuk menghadapi final juga tidak ada masalah," kata Alfred Riedl saat dikonfirmasi.

Demi mendapatkan formasi terbaik, timnas Garuda akan terus digembleng latihan. Sesuai dengan rencana, latihan akan kembali digelar di lapangan SPH Karawaci, Senin (12/12). Baru satu hari menjelang pertandingan, anak asuh Alfred Riedl ini akan mencoba lapangan Stadion Pakansari.

Sementara itu, timnas Thailand juga sudah tiba di Indonesia. Teerasil Dangda dan kawan-kawan menginap di Aston Hotel Sentul yang lokasinya tidak begitu jauh dengan lokasi pertandingan final pertama kejuaraan dua tahunan ini. (Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…