Perluas Pasar, UangTeman Menjadi FinTech Pertama di Lampung

Oleh : Hariyanto | Jumat, 19 Mei 2017 - 22:41 WIB

Deputy CEO UangTeman, Rio Quiserto
Deputy CEO UangTeman, Rio Quiserto

INDUSTRY.co.id - Bandarlampung, Pelopor layanan pinjaman online mikro di Indonesia,UangTeman memperkuat sayapnya di Pulau Sumatera. Bahkan, per 1 Mei 2017, UangTeman resmi menjadi layanan keuangan berbasis teknologi (financial technology/fintech) yang pertama di Lampung dengan menggarap Kota Bandarlampung dan menjadi kota kedua di Sumatera setelah Palembang.

Deputy of CEO UangTeman Rio Quiserto mengatakan, pembukaan akses layanan di Bandarlampung karena tingginya permintaan masyarakat setempat akan kebutuhan pinjaman uang secara online melalui UangTeman. Menurut Rio, selama ini berdasarkan Google Analytic rata-rata ada sekitar 1.000 orang perbulan dari Bandarlampung yang mengunjungi uangteman.com.

“Tingginya angka itu menunjukkan permintaan masyarakat yang disertai tingkat kepercayaan terhadap UangTeman yang terus bertambah. Selain itu, kami juga menangkap momentum di Mei banyak masyarakat yang sedang membutuhkan modal usaha demi persiapan kebutuhan rumah tangga untuk menghadapi bulan Ramadhan, apalagi di UangTeman memberikan pinjaman uang online tanpa jaminan,” ujar Rio di Bandarlampung, Jumat (19/5/2017).

Rio menambahkan, telah dibukanya akses layanan di Lampung akan terus mendongkrak pertumbuhan penyaluran pinjaman UangTeman terhadap masyarakat di Indonesia. Selama kuartal pertama tahun ini, katanya, penyaluran pinjaman UangTeman tumbuh 100%, atau mencapai sekitar Rp 20 miliar jika dibandingkan kuartal pertama tahun 2016.

Sementara, Chief Technology & Product Officer UangTeman Darmawan Zaini, menjelaskan pertumbuhan signifikan dari penyaluran pinjaman uang kepada masyarakat seiring dengan kecepatan teknologi yang dibangun oleh UangTeman. Dia berharap, ditahun 2017, akses masyarakat untuk mengajukan pinjaman di UangTeman akan didominasi oleh aplikasi mobile baik di Play Store maupun App Store sebesar 60%, dan sisanya masih dari desktop ​[email protected]​ melalui website uangteman.com sebesar 40%.

“Saat ini, setelah aplikasi pinjaman calon nasabah masuk di sistem kami, proses masuknya uang ke rekening tabungan sekitar dua hari kerja. Tapi tahun ini, UangTeman siap mencairkan pinjaman uang ke rekening tabungan nasabah hanya dalam waktu 15 menit sejak aplikasi masuk. Jadi, UangTeman tidak saja memberikan pinjaman tanpa jaminan tetapi juga menjadi perusahaan fintech (financial technology) yang tercepat dalam menyalurkan pinjaman uang secara online,” tegas Darmawan.

Selain itu, menurut Darmawan, hingga saat ini sudah ada sebanyak 6.000 nasabah UangTeman yang tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia. Dengan teknologi yang dibangun oleh UangTeman, dia optimistis, pihaknya dapat terus mempertahankan konsistensi dalam memitigasi terhadap risiko kredit macet (non performing loan/NPL) yang selama dua tahun terakhir masih tetap stabil di level sangat baik, yakni di bawah 3%.

Rio menambahkan, menjamurnya Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Bandarlampung yang membutuhkan modal usaha tanpa jaminan, akan sangat terbantu dengan keberadaan UangTeman. Oleh karena itu, menurutnya, masyarakat yang membutuhkan pinjaman uang online berkisar Rp 1 juta hingga Rp 4 juta.

“Ke depan, tidak hanya di Bandarlampung saja tetapi di kota lainnya di Lampung. Kami optimistis, dengan meningkatnya  ermintaan dari masyarakat, sampai akhir tahun ini mampu menyalurkan pinjaman uang sebesar Rp 5 miliar di Lampung,” tutur Rio.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…