Borobudur Marathon 2017 Tawarkan Sensasi Berbeda

Oleh : Irvan AF | Jumat, 19 Mei 2017 - 16:39 WIB

Ilustrasi borobudur-IST
Ilustrasi borobudur-IST

INDUSTRY co.id, Jakarta - Kejuaraan lari Borobudur Marathon 2017 menawarkan sensasi berbeda dibandingkan tahun sebelumnya karena pihak penyelenggara menginginkan peserta benar-benar menikmati perlombaan maupun sajian pariwisata di Jawa Tengah itu.

"Kami ingin peserta bisa berolahraga dan berwisata yang nyaman. Makanya kami mempersiapkan diri jauh-jauh dari agar pengalaman tahun lalu tidak terulang," kata Wakil Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko di sela "launching" Borobudur Marathon 2017 di Kemenpora, Jakarta, Jumat (19/5/2017).

Sesuai dengan rencana, kejuaraan yang digelar kelima kalinya itu akan berlangsung 19 November nanti. Demi memberikan sensasi berbeda, pihaknya membatasi jumlah peserta yang bakal mengukuti kejuaraan yang lokasinya di tempat yang menjadi salah satu keajaiban dunia itu.

Peserta Borobudur Marathon 2017 disepakati hanya 10 ribu peserta atau turun 50 persen dibandingkan pelaksanaan 2016. Untuk pesertanya selain atlet lokal juga difokuskan pada atlet dari kawasan ASEAN. Namun, pihak penyelenggara juga menghadirkan atlet dari Jepang maupun Kenya.

"Pengalaman tahun lalu kapasitas tempat belum memadai. Makanya kami lakukan pemangkasan jumlah peserta. Yang jelas kami tidak ingin pada Borobudur Marathon 2017 ada peserta yang kecewa seperti sebelumnya," ucapnya, menambahkan.

Borobudur Marathon 2017 bakal menggandeng Bank Jateng menjadi sponsor disamping Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Apalagi penyelenggara menargetkan kejuaraan tahun ini tidak hanya sukses prestasi tetap juga sukses dalam hal pemberdayaan ekonomi masyarakat.

"Kami harapkan Borobudur Marathon membawa dampak positif bagi perekonomian masyarakat. Selain mensupport kami berharap sektor UMKM yang ada di Jawa Tengah bisa berkembang dengan adanya event ini," tutur Direktur Bisnis Bank Jateng, Pujiono.

Sementara itu, Menpora Imam Nahrawi mengaku mendukung penuh kejuaraan yang mengedepankan olahraga dan pariwisata itu. Pihaknya menginginkan kejuaraan ini juga mampu melahirkan atlet-atlet potensial yang kedepannya mampu menjadi tulang punggung timnas.

"Kami dari pemerintah akan terus mendorong Borobudur Marathon ini sebagai upaya peningkatan prestasi olahraga khususnya marathon. Terima kasih pengprov Jateng, Bank Jateng dan semua yang mendukung 'sport tourism' bangkit di Tanah Air ini," ujarnya di sela pembukaan.

Pria kelahiran Bangkalan Madura ini menjelaskan, kejuaraan ini harus benar-benar bisa dimaksimalkan. Untuk itu semuanya harus digelar secara baik sehingga kejuaraan ini mampu menjadi daya tarik bagi baik atlet dari dalam maupun luar negeri, termasuk dari sisi wisatawannya.

"Kenjuaraaan ini menyatukan antara pembudayaan olahraga dengan pembinaan prestasi dan menjadi momentum penting bagi induk federasi atletik untuk memastikan banyaknya talenta muda yang dapat di rekrut," katanya, menegaskan.

Launching Borobudur Marathon 2017 dilakukan dengan penabuhan kendang. Pada kesempatan tersebut juga dihadiri oleh komunitas lagi yang selama ini turun berperan dalam mensukseskan kejuaraan lari khususnya marathon di Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Smartphone Realme

Selasa, 25 September 2018 - 11:53 WIB

Catat Tanggalnya, Smartphone Dengan Layar Notch Pertama Realme 2 Akan Segera Diluncurkan

Setelah secara resmi mengumumkan kehadirannya di pasar Indonesia, Realme akan segera menggelar konferensi pers di Indonesia dan Asia Tenggara untuk pertama kalinya pada tanggal 9 Oktober…

Dirjen IKTA Kemenperin Achmad Sigit Dwiwahjono bersama Direktur Pelumas PT Shell Indonesia Dian Andyasuri saat mengunjungi Pabrik Pabrik Pelumas Shell Indonesia di Marunda, Bekasi (Foto: Dok. Industry.co.id)

Selasa, 25 September 2018 - 11:49 WIB

Importir Keberatan Aturan Wajib SNI Pelumas

Baru-baru ini Kementerian merilis aturan standar nasional Indonesia (SNI) wajib untuk pelumas, melalui peraturan Menteri Perindustrian Nomor 25 tentang pemberlakuan SNI Pelumas secara wajib.…

Pertambangan di Indonesia

Selasa, 25 September 2018 - 11:36 WIB

Dua Perusahaan Ini Bergabung Jadi Penambang Emas Terbesar Dunia

Barrick Gold, salah satu perusahaan penambangan emas terbesar di dunia, membeli perusahaan saingannya Randgold. Penggabungan dua penambang emas ini menciptakan penguasa baru di industri emas…

Lion Air (Foto Ist)

Selasa, 25 September 2018 - 11:30 WIB

Tingkatkan Sektor Logistik, Lion Bidik Terbang ke Myanmar

Lion Air Group membidik Myanmar untuk pengembangan rute internasional di kawasana Asia Tenggara.

Digital Technology Indonesia bakal berlangsung pada Rabu 28 November 2018 di Jakarta Convention Center. Event tersebut mengusung tema Digital Transformation & Industry 4.0.

Selasa, 25 September 2018 - 11:23 WIB

Digitech Indonesia 2018, Ajang Kesiapan Industri Sambut Revolusi Industri 4.0

Sekira 200 perusahan di bidang teknologi dan informasi bakal memeriahkan ajang Digital Technology Indonesia yang bakal berlangsung pada Rabu 28 November 2018 di Jakarta Convention Center. Event…