Tarik Minat Investor Bangun Pabrik Gula, Kemenperin Berikan Insentif Tambahan

Oleh : Ridwan | Kamis, 18 Mei 2017 - 15:29 WIB

Dirjen Industri Agro, Kementerian Perindustrian, Panggah Susanto
Dirjen Industri Agro, Kementerian Perindustrian, Panggah Susanto

INDUSTRY.co.id -Jakarta, Kementerian Perindustrian telah sediakan insentif untuk menarik minat investor baik dalam maupun luar negeri untuk membangun pabrik gula yang terintegrasi dengan perkebunan tebu.

Seperti diketahui, sebelumnya Kemenperin telah menyadiakan insentif berupa tax allowance dan tax holiday, namun kedua insentif itu masih belum menarik minat dari investor. Untuk itu, perlu diberikan insentif lainnya sesuai dengan amanah PP No.2 tahun 2017 tentang pembangunan sarana dan prasarana industri.

"Menurut PP No.2 tahun 2017, Menteri Perindustrian dapat memberikan fasilitas non-fiskal bagi industri antara lain, fasilitas memperoleh bahan baku gula kristal mentah impor," ungkap Dirjen Industri Agro Kementerian Perindustrian, Panggah Susanto di Jakarta (18/5/2017).

Menurut Panggah, selain menrik minat investor, tujuan pemberian insentif juga mempercepat pengembangan perkebunan tebu secara bertahap dalam memenuhi kebutuhan bahan baku tebu untuk operasional pabrik.

Dalam pemberian insentif, ada ebebrapa syarat yang harus dipenuhi oleh pabrik gula yang menerima fasilitas tersebut antara lain, pabrik gula baru atau perluasan yang terintegrasi dengan perkebunan tebu yang membangun pabrik gula lengkap mulai dari proses ekstrasi sampai proses kristalisasi yang menghasilkan gula sesuai dengan standar yang ditentukan, serta pabrik gula harus mempunyai izin usaha industri (IUI) yang diterbitkan.

"Kita akan berikan insentif tersebut paling lama 7 tahun bagi pabrik gula yang terintegrasi di luar pulau jawa, dan paling lama 5 tahun bagi pabrik gula yang terintegrasi di pulau Jawa, serta paling lama 3tahun untuk pabrik gula perluasan yang terintegrasi,' tutup Panggah.

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rapat Panitia HPN 2018. (Dok. Industry.co.id)

Selasa, 23 Januari 2018 - 18:50 WIB

HPN 2018 Bersama Artha Graha Gelar Bakti Sosial Di Mentawai

Panitia Hari Pers Nasional (HPN) 2018 terus mematangkan persiapan pelaksanaan acara tahunan yang kali ini akan berlangsung di Kota Padang, Sumatera Barat.

Dirjen Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih.

Selasa, 23 Januari 2018 - 18:30 WIB

Kemenperin: Aturan Pengecualian Impor Mainan Cegah Masuknya Barang Impor Tak Bermutu

Kementerian Perindustrian bersama Kementerian Perdagangan, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, serta Badan Standardisasi Nasional telah menyepakati tentang ketentuan pengecualian yang diberikan…

Helios Informatika Nusantara, penyediasolusi infrastruktur TI dan anak usaha CTI Group,hari ini meluncurkan layanan berbasis komputasi awan bernama Helios Cloud hasil kerjasama dengan Microsoft.

Selasa, 23 Januari 2018 - 18:16 WIB

Helios - Microsoft Bidik UKM dan Startup Berbasis Cloud

Helios Informatika Nusantara, penyediasolusiinfrastruktur TI dananakusahaCTI Group,hari ini meluncurkan layanan berbasis komputasi awan bernama Helios Cloud hasil kerjasama dengan Microsoft.…

Wisatawan Mancanegara dan Wisatawan Domestik Berkunjung ke Tampak Siring Ubud, Bali (Foto: Riziki Meirino/Industry.co.id)

Selasa, 23 Januari 2018 - 18:15 WIB

Peryaan Imlek 2018, Bali Tetap Jadi Destinasi Wistawan Asal China

Tahun Baru Imlek yang jatuh pada tanggal 15 hingga 22 Februari 2018, tentunya masyarakat Tionghoa mulai berlibur dan Pulau Bali yang maenjadi salah satu tujuan wisata asal China.

Ilustrasi PLTU. (Foto: IST)

Selasa, 23 Januari 2018 - 18:00 WIB

Barata Indonesia Segera Bangun PLTM di Tapanuli Sumut

Perseroan terbatas Barata Indonesia akan segera membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTM) Batang Toru 3 (2x5) MW di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, sebagai solusi pengembangan…