Antam Salurkan Listrik ke Jaringan PLN Kolaka

Oleh : Hariyanto | Rabu, 02 November 2016 - 15:52 WIB

Antam Salurkan Listrik ke Jaringan PLN Kolaka
Antam Salurkan Listrik ke Jaringan PLN Kolaka

INDUSTRY.co.id - PT Aneka Tambang (Persero) Tbk telah menyalurkan listrik perdana dari PLTU batubara ke jaringan PT PLN (Persero) Rayon Kolaka, Sulawesi Tenggara, pada 27 Oktober 2016.

Direktur Operasi Aneka Tambang Agus Zamzam mengatakan, penyaluran listrik perdana dari PLTU batubara milik perseroan menandai sinergi BUMN.

“Sinergi Antam dan PLN ini selain bertujuan untuk mendukung pemenuhan kebutuhan listrik masyarakat Kolaka, juga turut mendukung program pemerintah dalam meningkatkan rasio elektrifikasi di Indonesia,” ujar Agus melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa (2/11).

Sinergi antara Antam dan PLN dimulai pada 21 Oktober 2016 melalui penandatanganan perjanjian kerjasama tentang pembelian kelebihan tenaga listrik dari PLTU Pomalaa, Kolaka. Dalam perjanjian tersebut, PLTU batubara Pomalaa akan dioperasikan secara interkoneksi dengan sistem PLN dimana alokasi listrik maksimum 5 megawatt kepada PLN.

Selain menjadi bagian dari komitmen Antam kepada pemerintah daerah Kabupaten Kolaka, sinergi antar Antam dan PLN tersebut turut berpartisipasi dalam program pemerintah.

Dengan mulai beroperasinya PLTU batubara berkapasitas 2×30 MW ini, ia meyakini meningkatkan kemampuan pabrik feronikel Antam di Pomalaa, yang sebelumnya telah memiliki pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) dengan kapasitas 8×17 MW.

Pada periode Januari-September 2016, produsen emas dalam negeri membukukan kinerja positif dengan mengantongi laba bersih sebesar Rp38,27 miliar, dari rugi bersih Rp1,03 triliun periode yang sama 2015. Raihan ini ditopang oleh keberhasilkan Antam meraup laba selisih kurs sekitar Rp260,57 miliar, dari rugi selisih kurs sebesar Rp534,62 miliar.

Namun, penjualan Antam melemah sekitar 28,73% menjadi Rp6,44 triliun sejak awal tahun hingga akhir September, dari Rp9,04 triliun pada periode yang sama 2015.(Hariyanto/ Imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 13 Desember 2018 - 15:05 WIB

Terkait BP Batam, Menperin: Keputusannya Single Otoriti di Pemda

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto turut mengomentari perihal pembubaran BP Batam.

Deputi Gubernur BI kiri dan Dirut BNI Syariah Abdullah Firman Wibowo

Kamis, 13 Desember 2018 - 14:51 WIB

BNI Syariah Hadir Dalam Perhelatan International ISEF Surabaya

Surabaya - BNI Syariah kembali mendukung Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2018 yang digagas oleh Bank Indonesia untuk kelima kalinya.

Ketua Komite Tetap (Komtap) Ketahanan Pangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Franciscus Welirang (Foto: Kadin Indonesia)

Kamis, 13 Desember 2018 - 14:50 WIB

Kadin Nilai Tapioka dan Mocaf Bisa Dukung Ketahanan Pangan

Ketua Komite Tetap (Komtap) Ketahanan Pangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Franciscus Welirang mengatakan, Indonesia adalah negara yang telah dikarunia dengan kekayaan umbi-umbian,…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih saat menyerahkan oenghargaan kepada pemenang di acara 'Semarak Festival IKM 2018' (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 13 Desember 2018 - 14:15 WIB

Gelar Semarak Festival IKM 2018, Kemenperin Dongkrak Semangat IKM Songsong Era Industri 4.0

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) menyelenggarakan 'Semarak Festival IKM 2018'. Acara ini dilaksanakan dalam rangka tugas dan…

Sunarso Dorong Pembangunan Industri Pertanian 4.0 Visioner & Terintegratif

Kamis, 13 Desember 2018 - 12:46 WIB

Usung Sembilan Konsep, Sunarso Dorong Pembangunan Industri Pertanian 4.0 Visioner & Terintegratif

Ketua Umum Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonesia (PISPI) Sunarso mengusung sembilan konsep pembangunan pertanian visioner dan integratif di era industri pertanian 4.0 dan mengimbau kalangan…