Kementan Buat Posko Pemantau Harga di Pasar Induk

Oleh : Irvan AF | Kamis, 18 Mei 2017 - 10:39 WIB

Ilustrasi pasar tradisional. (Foto: Sumut24)
Ilustrasi pasar tradisional. (Foto: Sumut24)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Kementerian Pertanian akan menyediakan posko pemantau harga pangan, seperti bawang putih, cabai dan komoditas lainnya di pasar induk, salah satunya Kramat Jati guna memastikan pedagang tidak memainkan harga menjelang Ramadhan dan Idul Fitri.

"Nanti di sini akan ada posko untuk memantau harga di dalam, seperti bawang putih. Tidak hanya bawang putih, macam-macam ada harga cabai juga," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian (Kementan) Sri Wijayanti Yusuf di Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Sri mengatakan pemerintah akan terus memantau perkembangan harga bawang putih di Pasar Induk Kramat Jati setelah perusahaan importir sepakat mendatangkan dua kontainer bawang putih impor secara berturut-turut untuk menekan gejolak harga.

Sebelumnya, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menggelar operasi pasar dengan memasok bawang putih impor dari Cina sebanyak dua kontainer yang masing-masing berisi 29 ton untuk dijual ke pedagang seharga Rp25.000/kg.

Ia mengimbau seluruh pengusaha, baik skala besar, kecil dan menengah, untuk tetap menjaga harga bawang tidak fluktuatif jika sebelumnya harga di level konsumen berkisar Rp45.000 sampai Rp55.000 per kg.

"Tadi pagi harga turun yang biasanya Rp45 ribu nanti kita jual Rp25 ribu per kilogram, artinya turun 44 persen dan perusahaan yang mengirim bawang putih ke pasar Induk Kramat Jati, setiap hari sesuai laporan minimal dua kontainer setiap hari. Tidak ada alasan harga naik bergejolak," ungkapnya saat mengggelar operasi pasar di Pasar Kramat Jati, Rabu (17/5).

Sementara itu, Sri menjelaskan para importir bawang putih yang terdaftar di Kementerian Perdagangan akan memasok sebesar 7.600 ton bawang putih untuk didistribusikan ke pasar selama Mei dan Juni guna memenuhi kebutuhan pangan saat Ramadhan dan menjelang Idul Fitri.

Ketua Asosiasi Pengusaha Bawang Putih Indonesia (APBPI) Piko Nyoto Setiadi mengatakan sementara ini baru dua kontainer yang memasok bawang putih ke Pasar Induk Kramat Jati. Nantinya total bawang putih yang akan dikirim berturut-turut sebanyak 11 kontainer.

"Baru dua kontainer di Pasar Kramat Jati. Ada juga di Surabaya. Nanti akan dikirim berturut-turut hingga sebelum lebaran dari PT Citra Gemini Mulya. Ada 11 kontainer totalnya," kata Piko.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.

#bluBuatBaik Waste Station sudah tersebar di 7 lokasi strategis.

Rabu, 24 April 2024 - 23:16 WIB

Hari Bumi, Ini Langkah Kecil Memilah Sampah Untuk Bumi Lebih Sehat

blu by BCA Digital turut memfasilitasi dengan membangun sarana seperti Waste Station dan mengintegrasikan aplikasi Rekosistem x blu untuk mendorong perubahan kebiasaan dalam mengelola sampah…

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).