Bekasi Tunggu Kepastian Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Oleh : Irvan AF | Kamis, 18 Mei 2017 - 10:29 WIB

Ilustrasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Ilustrasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Pemerintah Kota Bekasi masih menantikan informasi dari penggarap proyek kereta cepat Jakarta-Bandung perihal kebutuhan lahan di wilayah setempat.

"Sampai saat ini, belum ada sosialisasi dari Kereta Cepat Cina-Indonesia (KCCI) kepada Pemkot Bekasi," kata Kepala Bidang Tata Ruang pada Dinas Pekerjaan Umum dan Pentaan Ruang Kota Bekasi Erwin Gwinda di Bekasi, Rabu (17/5/2017).

Ia mengatakan bahwa pihaknya sejauh ini baru mendapatkan laporan dari warga di kawasan Bekasi Selatan yang berbatasan dengan ruas tol Jakarta-Cikampek bahwa sejumlah tembok rumah telah dipilok.

"Kemungkinan itu untuk kereta cepat," katanya.

Menurut Erwin, seluruh daerah yang wilayahnya dilintasi proyek KCCI Jakarta-Bandung hingga kini belum memperoleh sosialisasi dari pihak terkait.

"Kami belum mendapatkan DED (detail engineering design) kereta cepat," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pertanahan pada Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan Kota Bekasi Amran mengatakan bahwa pembebasan lahan untuk proyek nasional tidak melibatkan pemerintah daerah.

"Itu langsung ke BPN (Badan Pertanahan Nasional)," katanya.

Ia mengatakan bahwa kewenangan pemerintah daerah, yakni mengadakan lahan yang luasnya di bawah 5 hektare.

Humas PT Jasa Marga Jakarta-Cikampek Icksan Kartika mengatakan bahwa lahan untuk KCCI Jakarta-Cikampek adalah milik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di sisi selatan tol Jakarta-Cikampek. "Prosesnya baru pada tahapan administrasi kepada instansi terkait. Namun, lahan yang digunakan ada di bahu bagian selatan tol Jakarta-Cikampek," katanya. (ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.