Blibli.com-Unilever Indonesia Hadirkan Unilever Anchor Store

Oleh : Hariyanto | Kamis, 18 Mei 2017 - 09:11 WIB

Peluang pasar Fast Moving Consumer Goods (FCMG) di e-commerce masih Blibli.com dan Unilver Indonesia meresmikan Unilever Anchor Store di website Blibli.com. Kiri ke kanan: Kusumo Martanto CEO Blibli.com, Lay Ridwan Gautama Head of Trade Partnership B
Peluang pasar Fast Moving Consumer Goods (FCMG) di e-commerce masih Blibli.com dan Unilver Indonesia meresmikan Unilever Anchor Store di website Blibli.com. Kiri ke kanan: Kusumo Martanto CEO Blibli.com, Lay Ridwan Gautama Head of Trade Partnership B

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Belanja rangkaian produk Unilever Indonesia kini lebih mudah dengan adanya kerja sama antara Unilever Indonesia dan Blibli.com yang menghadirkan Unilever Anchor Store di website Blibli.com. Kerja sama ini juga meliputi peningkatan ketersediaan produk Unilever lewat pengiriman langsung atau direct delivery dari Unilever ke Blibli.com. 

Kerja sama ini digagas karena Blibli.com dan Unilever Indonesia melihat perkembangan e-commerce di Indonesia kian meningkat. Keinginan konsumen berbelanja dengan cara yang lebih praktis dan mudah membuat Blibli.com dan Unilever Indonesia percaya bahwa e-commerce akan menjadi pilihan channel konsumen di masa yang akan datang.

Baik Blibli.com maupun Unilever Indonesia, menyadari bahwa peluang pasar Fast Moving Consumer Goods (FMCG) di ranah e-commerce masih terbuka lebar.

Di Indonesia, pertumbuhan consumer goods di kuartal 3 tahun 2016 sebesar 4.8%. Namun, kontribusi penjualan FMCG di e-commerce masih sangat kecil, yakni hanya sekitar 1%. Paling banyak masih dipegang pasar tradisional yakni 80% dan sisanya di retail. Itu artinya, penjualan FMCG dengan sistem daring masih sangat mungkin dimaksimalkan.

Saat ini konsumen memang sudah mengarah ke digital di mana bisnis e-commerce sedang tumbuh-tumbuhnya. Bahkan transaksi e-commerce Indonesia di 2016 ditaksir Rp 394 triliun.

Tentu saja jumlah itu akan terus bertambah bila melihat pesatnya pertumbuhan gadget, media sosial, dan berbagai aplikasi digital. Pengguna aktif media sosial di Indonesia yang mencapai 65 juta orang merupakan jumlah terbesar kedua di Asia setelah China.

                                                                                                                                                                                Pihak Unilever Indonesia menyadari konsumen mereka semakin terhubung dengan dunia digital, tidak hanya menggunakan kanal digital untuk mencari informasi, tetapi saat ini konsumen juga sudah gemar berbelanja kebutuhan sehari-hari melalui digital.

“Kenyamanan dan kepraktisan adalah hal yang menjadi alasan konsumen memilih belanja melalui e-commerce. Untuk itu, kami serius dalam menjalin kerja sama dengan berbagai e-commerce seperti Blibli.com di mana kami ingin memastikan bahwa produk kami akan tersedia di beragam channel yang mereka pilih baik itu secara offline maupun online serta menjangkau lebih banyak konsumen yang ingin berbelanja bulanan dan mendapatkan rangkaian produk kebutuhan sehari-sehari yang dibutuhkan dari Unilever tanpa harus pergi ke toko," ucap Head of e-Commerce PT Unilever Indonesia Tbk Hira Triadi kepada awak media di Jakarta (17/5/2017)

Salah satu bentuk keseriusan Unilever Indonesia dalam menjalin kerja sama ini adalah memberikan layanan direct delivery kepada Blibli.com yang akan menjamin kelengkapan dan ketersediaan rangkaian produk Unilever di Blibli.com. Ditambahkan oleh Hira, “kami melihat Blibli.com merupakan salah satu e-commerce dengan kredibilitas tinggi dan terdepan di bidang teknologi yang menawarkan jangkauan pemasaran ke seluruh Indonesia, free shipping dan adanya fasilitas cicilan. Untuk itu, kerjasama ini sangat penting bagi kami.”

“Selama ini, produk-produk Unilever yang mendominasi penjualan di Blibli.com adalah personal care dan home care di mana konsumennya sebagian besar wanita. Sehingga diharapkan kerjasama ini juga dapat meningkatkan jumlah konsumen wanita kami dan menyediakan kelengkapan produk sesuai dengan kebutuhan mereka,” terang Head of Trade Partnership Blibli.com Lay Ridwan Gautama.

Lay menambahkan bahwa sepanjang Mei-Juni 2017, Blibli.com bersama Unilever telah menyediakan paket-paket Ramadhan sangat menarik di Blibli.com yang dikemas dalam program Unilever 1001 Inspirasi Ramadhan.

Melalui kerja sama ini diharapkan Blibli.com dapat lebih meningkatkan pelayanan kepada konsumennya terutama dalam hal kelengkapan produk serta pelayanan ekstra seperti gratis ongkir (ongkos kirim) dan pelayanan Customer Care 24/7. Adanya Anchor Store Unilever semakin memperkuat komitmen keseriusan Blibli.com dalam menjual produk-produk personal care dan home care, yang memang merupakan konsumsi market terbesar.

"Blibli.com melihat Unilever Indonesia sebagai salah satu key partner yang berperan penting dalam pengadaan produk-produk groceries di mana konsumen kami ternyata memang senang untuk membeli kebutuhan sehari-hari mereka secara online," ujar Lay.

Kerjasama Blibli.com dengan Unilever Indonesia

Kerja sama yang digagas Unilever Indonesia dan Blibli.com ini bukan pertama kalinya. Blibli.com bekerjasama dengan Unilever Indonesia sudah sejak Desember 2015 yaitu bertepatan dengan peringatan 82 tahun Unilever Indonesia. Pada akhir tahun 2015 Blibli.com menandatangani kerjasama dengan Unilever Indonesa untuk pertama kalinya dan selama tahun 2016, Blibli.com bersama Unilever telah melakukan banyak campaign baik di level brand ataupun korporasi seperti launching Wall’s Happy Delivery di mana Blibli.com menjadi e-commerce pertama yang menjual es-krim dari Unilever. Lalu launching Molto Eau De Perfume, relaunch Pond’s White Beauty dan Unilever 1001 Inspirasi Ramadhan yang menjadi campaign tersukses sepanjang tahun 2016. Selain sisi bisnis, kedua belah pihak juga berkolaborasi dalam melakukan program Corporate Social Responsibility (CSR) bersama.

Dengan menjual produk Unilever Indonesia, selama tahun 2016, Blibli.com menunjukkan pertumbuhan penjualan perbulan yang signifikan yaitu sebesar rata-rata 25 persen dan kenaikan total penjualan sebanyak 30 kali dibanding tahun sebelumnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi produksi keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:30 WIB

Dukung Proyek IKN, Industri Keramik Siap Investasi di Kaltim

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) optimis pemerintahan baru yang akan dipimpin oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan melanjutkan proyek Ibu Kota Negara (IKN)…

Proses bongkar muat sekam padi di storage area sekam padi di Pabrik Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Rabu, 24 April 2024 - 18:13 WIB

Keren! Reduksi Emisi Gas Rumah Kaca, SIG Tingkatkan Penggunaan Bahan Bakar Alternatif Menjadi 559 Ribu Ton

Jakarta– Isu perubahan iklim yang disebabkan oleh emisi gas rumah kaca (GRK) telah menjadi perhatian dunia, dengan munculnya komitmen global untuk mewujudkan net zero emission pada 2060.

Industri keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:00 WIB

Asaki Desak Pemerintah Segera Terapkan Antidumping Keramik China, Besaran Tarif Capai 150%

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) mendesak KADI untuk bekerja serius dan segera menerapkan kebijakan Antidumping untuk produk keramik impor asal Tiongkok yang secara tren tahunan…

Platform Teknologi Laboratorium di Indonesia Digelar untuk Ketujuh Kalinya

Rabu, 24 April 2024 - 17:56 WIB

Program Keberlanjutan dan Kecerdasan Buatan Menjadi Topik Hangat pada Pameran Lab Indonesia 2024

Jakarta– Lab Indonesia 2024 kembali mempertemukan elit industri laboratorium ilmiah dan analisis pada tanggal 24 – 26 April 2024 di Jakarta Convention Center (JCC).

Pembukaan kantor baru Thermo Fisher Scientific

Rabu, 24 April 2024 - 17:50 WIB

Ekspansi di Asia Pasifik, Thermo Fisher Scientific Buka Kantor di Jakarta dan Jalin Kemitraan Baru

Perusahaan menandatangani dua Nota Kesepahaman (MoU) dengan National Battery Research Institute dan Mandaya Hospital Group sebagai bagian dari ekspansi strategisnya di Indonesia