Fokus Pemerintah Membangun Infrastruktur di Luar Pulau Jawa

Oleh : Herry Barus | Kamis, 18 Mei 2017 - 04:32 WIB

Presiden RI Joko Widodo
Presiden RI Joko Widodo

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Presiden Joko Widodo berbicara fokus pemerintah tetap pada pembangunan infrastruktur kepada 30 pimpinan redaksi media massa, baik cetak, "online" (daring), radio dan televisi yang diundang ke Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/5/2017)

Dalam kesempatan ini, Presiden berbicara mengenai fokus pemerintah saat ini membangun infrastruktur, terutama pembangunan di luar Pulau Jawa.

"Terutama pembangunan pelabuhan baik pelabuhan lama atau ekspansi, juga pembangunan 'airport' (bandara) baru maupun perluasan, juga jalan baik trans Papua, tol di Sumatera serta beberapa lokasi menambah pembangkit listrik," kata Presiden

Presiden mengaku setiap melakukan kunjungan kerja ke daerah selalu dilaporin tenntang kurangnya pasokan listrik, sehingga fokus pemerintah tetap pada pembangunan infrastruktur.

Jokowi meminta kepada para wartawan yang hadir tidak membelokan pemberitaan tentang pembangunan infrastruktur tersebut hanya menguntungkan beberapa pihak saja.

"Pertanyaannya adalah infrastruktur itu untuk siapa, jangan dibelokan kemana-mana. Infrastruktur ini pertama menciptakan lapangan kerja," ucap Presiden, menegaskan.

Jokowi juga mengaku kecewa tentang pemberitaan yang tidak mengangkat penyerapan tenaga kerja yang terlibat dalam pembangunan infrastruktur ini.

"Saya cek ke bawah, berapa orang yang terangkut dalam proyek ini, siapa mereka, darimana mereka, dan itu tidak kecil, ada ribuan, ada ratusan. Angka-angka seperti itu yang tidak pernah diangkat, tidak pernah kita tulis," tutur Presiden.

Jokowi juga menyebut efek pembangunan infrastruktur ini juga bisa mengangkat perekonomian di daerah yang menjadi pembangunan tersebut.

"Apakah ini untuk ekonomi daerah juga mempunyai efek? sangat, karena apapun perputaran uang menjadi lebih besar di daerah tempat infrastruktur itu di bangun. Ini sering yang dibiarkan dan tidak dibaca, saya kira hal-hal yang perlu disampaikan," pesar Presiden kepada para Pimpred.

Jokowi juga menyebut efek pembangunan infrastruktur ini juga berefek pada penjualan produk dan komoditas di daerah lebih lancar.

Presiden mencontohkan saat kunjungan kerja di Maluku Utara untuk meresmikan Pelabuhan Laut Tapaleo yang berada di Desa Tepeleo, Kecamatan Patani Utara, Halmahera Tengah.

Jokowi mengungkapkan dirinya tidak hanya mendatangi infrastruktur yang besar, tetapi juga yang kecil ini harus diperhatikan.

Presiden mengungkapkan bahwa pelabuhan setingkat kecamatan ini awalnya hanya didatangi kapal empat bulan sekali, bahkan tidak ada kapal yang merapat karena ombak yang terlalu besar.

"Sekarang kapal yang sedang bisa merapat dan akhirnya tinggal masalah pembuatan manajemen jadwal kapal bisa datang ke sana. Sekarang sudah dua minggu sekali, tapi saya minta satu minggu sekali," ungkapnya.

Menurut Presiden, jika kapal datang rutin pedagang akan datang rutin ke daerah tersebut walaupun hanya untuk membeli komoditas dengan jumlah sekali kecil.

"Itu memang kecil kerna hanya beli pala berapa ton, kopra berapa ton, cengkeh berapa ton. Dulu tidak bisa barang-barang itu tidak terkirim dengan baik, sekarang bisa rutin disiapkan penduduk," ujarnya.

Presiden meminta hal-hal tersebut yang perlu dibaca, karena hal sekecil apapun itu juga bisa menggerakan ekonomi di daerah dan petani bisa menjual produknya dengan rutin.

"Saya kira infrastruktur itu membacanya seperti itu," kata Presiden.

Jokowi juga menyampaikan kunjungan kerja ke Papua yang meninjau pembangunan jalan Trans Papua di Kabupaten Wamena yang lokasinya sangat ekstrim karena berada di penggunungan yang memiliki ketinggian 3.200-3.600 meter di atas permukaan laut. Kemudian paling ekstrim pembangunan jalan Trans Papua.

Presiden berharap pembangunan jalan Trans Papua yang nantinya bisa menghubungkan sembilan kabupaten di penggunungan Papua ini akan menurunkan harga-harga komoditas yang saat ini masih sangat mahal.

"Kalau nanti truk sudah bisa lewat (di Trans Papua) harga-harga semua yang ada di penggunungan tengah, ada sembilan kabupaten yang ada di situ, harganya pasti jatuh," kata Jokowi.

Presiden mengatakan tingginya harga di daerah penggunungan tengah Pupau karena semua produk dan komoditas hanya bisa diangkut oleh pesawat.

"Semen harganya bisa Rp800 ribu bisa naik lagi Rp2,5 juta per sak karena dibawa oleh pesawat. Sehingga jika jalan itu ditembus, jembatanya semua selesai, maka harga di situ akan jatuh," harapnya.

Presiden mengakui jalan yang dibangun memang relatif pendek, yakni 287 kilometer, namun pembangunannya sangat sulit dan berat karena lokasinya di atas gunung dengan ketinggian 3.200-3.600 meter.

Jokowi menegaskan bahwa pembangunan infrastruktur itu sangat 'basic' (dasar) sekali dan semua negara mengerjakan hal sama apa yang dikerjakan Indonesia.

"Saya sampaikan pada menteri bahwa saya tidak akan kehilangan fokus untuk mengerjakan ini, sehingga konsentrasi anggaran, konsentrasi pekerjaan memang berapa pada hal-hal pada infrastruktur," kata Presiden.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…