Presiden Jokowi Minta Mendikbud Sebarkan Cerita Nusantara ke Anak-Anak

Oleh : Herry Barus | Kamis, 18 Mei 2017 - 04:07 WIB

Presiden Jokowi antusias bercerita dalam acara Hari Buku Nasional, di halaman tengah Istana Merdeka . (Foto: Humas/Jay).
Presiden Jokowi antusias bercerita dalam acara Hari Buku Nasional, di halaman tengah Istana Merdeka . (Foto: Humas/Jay).

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, negara ini kaya terhadap cerita-cerita, dongeng-dongeng. Di setiap daerah ada semuanya, beragam dari sisi suku, agama, budaya yang melahirkan cerita-cerita seperti Lutung Kasarung, Malin Kundang, Sangkuriang, Raja Ampat, dan sebagainya.

“Inilah cerita-cerita yang perlu dikenalkan pada anak-anak, sehingga minat baca anak ini menjadi lebih baik lagi,” kata Presiden Jokowi usai mendongeng di depan anak-anak yang hadir dalam acara Hari Buku Nasional, di halaman tengah Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/5/2017) sore.

Untuk itu, Presiden meminta kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) agar cerita-cerita Nusantara ini disebarkan, disampaikan kepada anak-anak sejak dini.

“Sehingga nilai-nilai moral, nilai-nilai etika, nilai-nilai kesantunan, nilai-nilai kejujuran, nilai-nilai keberanian itu ada di anak-anak, karena cerita-cerita yang baik tadi,” ujar Presiden.

Dalam kesempatan itu Presiden Jokowi juga menyampaikan, bahwa sesuai dengan janjinya kepada seluruh pegiat literasi, pegiat minat baca, maka setiap bulan nanti ada satu hari, pemerintah bisa mengirimkan buku ke pelosok tanah air lewat kantor pos, tanggal 20, dan itu digratiskan.

“Yang bulan ini tanggal 20, dan setiap bulannya tanggal 17. Jangan kebalik, jadi yang bulan ini tanggal 20 karena itu adalah Hari Kebangkitan Nasional, dan setiap bulannya tanggal 17,” jelas Presiden seraya mengharapkan hal itu akan memperkuat minat baca anak-anak, karena buku sampai ke daerah itu bisa menjadi lebih murah.

Mengenai buku favoritnya sejak kecil, Presiden Jokowi mengaku banyak sekali. Ia mengaku dulu yang dibacanya kalau komik ya Gundala Putra Petir, kemudian Kopingho.

“Cerita-cerita wayang itu banyak sekali saya. Selalu saya baca yang lucu-lucu, Petruk Gareng. Saya ingat selalu saya baca,” ungkap Presiden seperti dilansir Humas Setkab.

Saat ditanya kesediaannya mendongeng di Istana Merdeka, Presiden mengaku sesungguhnya dirinya tidak pernah mendongeng.

“Saya enggak pernah mendongeng tapi dulu sering didongengi oleh Kakek saya. Sering diberikan dongeng-dongeng yang dongeng-dongeng seperti tadi yang saya ceritakan tadi,” terang Presiden seraya menambahkan, dirinya selalu meluangkan waktu untuk membaca baik saat di pesawat maupun di mobil ketika dalam perjalanan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Iluastrasi Investasi-images IST

Kamis, 18 April 2024 - 17:21 WIB

Catat! Ini 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter

Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan mimpi di masa depan. Namun dengan banyaknya pilihan investasi saat ini, perlu diingat bahwa setiap instrumen investasi memiliki keuntungan…