Hari Buku Nasional: Presiden Jokowi Mendongeng Lutung Kasarung

Oleh : Herry Barus | Kamis, 18 Mei 2017 - 03:59 WIB

Presiden Jokowi Mendongeng Lutung Kasarung (Foto Setkab)
Presiden Jokowi Mendongeng Lutung Kasarung (Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi pendongeng dalam acara Gemar Membaca dalam rangka Hari Buku Nasional, di halaman tengah Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/5) sore.

Acara tersebut dihadiri oleh sekitar 500 anak murid SD/sederajat dan SMP/sederajat. Mereka begitu antusias dalam Hari Buku Nasional kali ini karena selain ini pertama kali mereka datang ke Istana, juga acara ini pertama kali digelar di Istana.Pada kesempatan ini, Presiden Jokowi juga mendongeng untuk anak-anak yang hadir.

Sebelum memulai mendongeng tentang dongeng anak dari Jawa Barat “Lutung Kasarung”, Presiden mengajak beberapa siswa untuk duduk di sebelahnya sehingga suasana semakin hangat.

Dengan bercanda Presiden bertanya pada anak-anak, “Anak-anakku bener ya, mau ya saya dongengi ya, mau ndak?” Pertanyaan ini dijawab dengan antusias oleh anak-anak dengan kata “mau”.

“Saya mau cerita tentang Lutung Kasarung atau Monyet yang Tersesat, ada yang tahu cerita Lutung Kasarung? Kalau tahu saya ndak usah cerita saja ya…” kata Presiden diiringi tawa dari anak-anak.

Selama sekitar 10 menit, Presiden Jokowi mendongeng untuk anak-anak.

“Saya titip, kalau mengejar cita-cita itu harus bekerja keras, harus rajin belajar, ya. Jangan senang curang, tidak boleh. Jangan suka menghina orang lain, tidak boleh. Tidak boleh menjelekkan teman, tidak boleh. Harus suka menolong teman,” kata Presiden Jokowi yang juga diikuti oleh anak-anak.

Di akhir mendongeng, Presiden mengajukan pertanyaan kepada anak-anak, “Siapakah pemuda tampan tadi yang menjadi calon suami Purbasari, tampannya seperti siapa?”

“Pak Jokowi!” seru anak-anak serempak.

Karena waktu yang semakin sore, akhirnya acara ini pun diakhiri. Presiden berpesan agar anak-anak belajar yang baik dan giat. “Jangan lupa berdoa dan bersembahyang, serta untuk rajin membaca buku, baik buku dongeng maupun buku pelajaran,” tuturnya.

Presiden Jokowi juga meminta agar anak-anak semuanya belajar yang baik, tidak melupakan berdoa, bersembahyang, dan juga tidak lupa belajar membaca.

“Belajar yang giat, membaca dongeng boleh dan terutama membaca buku pelajaran anak-anak,” pesan Presiden seperti dilansir dari Humas Setkab.

Dalam acara ini tampak hadir Menko PMK Puan Maharani, Mensesneg Pratikno, Mendikbud Muhadjir Effendy, dan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, serta Najwa Shihab sebagai Duta Baca Indonesia.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.