Ahmad Dhani di Pecat Dari Lesbumi NU, Ini Penyebabnya

Oleh : Hariyanto | Senin, 12 Desember 2016 - 08:42 WIB

Ahmad Dani
Ahmad Dani

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Ahmad Dhani dikabarkan dipecat dari Pusat Lembaga Seni Budaya Muslimin Nahdlatul Ulama (PP Lesbumi NU). Kabar pemecatan Ahmad Dhani disampaikan via akun Twitter oleh Nadirsyah Hosen, Rais Syuriah PCI NU Australia-New Zealand yang juga Pengasuh Ponpes Ma'had Aly Raudhatul Muhibbin Bogor.

Ahmad Dhani dipecat oleh Ketua Umum PBNU karena menyamakan Hadratusy Syekh Hasyim Asy'ari sang pendiri NU dengan petinggi FPI Rizieq Shihab. Kicauan Nadirsyah Hosen yang disebar Kamis (8/12) beredar luas menjadi perbincangan netizen.

Ketua Umum PP Lesbumi NU KH Agus Sunyoto kemudian membenarkan kabar pemecatan Ahmad Dhani dari posisi Wakil Ketua PP Lesbumi NU.

"Atas permintaan dari teman-teman Lesbumi juga dari PBNU. Sudah sejak pekan lalu," kata KH Agus Sunyoto.

Namun menurut KH Agus Sunyoto, Ahmad Dhani diberhentikan bukan semata karena statusnya di Twitter yang menyamakan Hadratusy Syekh Hasyim Asy'ari sang pendiri NU dengan petinggi FPI Rizieq Shihab.

Sejumlah sikap Ahmad Dhani yang dianggap tak lagi sesuai dengan nilai-nilai Lesbumi dan NU turut berkontribusi atas keputusan pemecatan ini.

Salah satu yang paling mendapat sorotan adalah aksi Ahmad Dhani pada November lalu saat berorasi di depan masa unjuk rasa di Jakarta. Saat itu Dhani diberitakan melontarkan kata-kata tak patut saat menyindir Presiden Joko Widodo.

"Banyak sikap dia yang bikin dipecat. Salah satunya saat orasi (terkait dugaan penghinaan Kepala Negara). Itu masalah hukum kita gak mau bermasalah dengan hukum," kata KH Agus Sunyoto.

Atas sikap Ahmad Dhani tersebut, KH Agus Sunyoto mengatakan, Lesbumi NU tak akan memberi bantuan pendampingan hukum apapun atas kasus yang menjerat Ahmad Dhani.

"Masalah ini tidak kita bantu, karena di NU sudah jelas. NU identik dengan santri, bahwa para santri harus menghormati pemimpin itu masalah moral, tak boleh merendahkan," kata Agus Sunyoto.

PP Lesbumi NU segera mengirimkan tembusan surat pemberhentian Ahmad Dhani sebagai Wakil Ketua PP.

Namun Agus Sunyoto menambahkan bahwa kendati menerima pelantikan sebagai pengurus sejak setahun lalu, Ahmad Dhani tak pernah aktif di organisasi. Lesbumi NU menilai Ahmad Dhani tak berkontribusi sama sekali.

"Selama ini tak pernah aktif. Ditelpon saja gak nyambung," ujarnya.

Lesbumi NU adalah salah satu lembaga di bawah naungan NU yang bertugas melaksanakan kebijakan di bidang pengembangan seni dan budaya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Apindo. (Foto: IST)

Kamis, 21 Juni 2018 - 07:20 WIB

Dunia Usaha Mengeluh, Apindo Minta Pasal-Pasal RUU SDA Dianulir

RUU Sumber Daya Air yang saat ini sedang di godok di DPR menimbulkan banyak persoalan. Banyak pihak melihat pasal-pasal dalam RUU SDA harus di anulir. Hal itu disampaikan Tim Kajian Publik Asosiasi…

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (twitter.com/budikaryas)

Kamis, 21 Juni 2018 - 07:20 WIB

Menhub Instruksikan Jajarannya Tingkatkan Keselamatan Pelabuhan

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya menginstruksikan jajarannya untuk meningkatkan keselamatan pelabuhan di Indonesia.

Basarnas (Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Juni 2018 - 06:40 WIB

Tim Gabungan Hentikan Sementara Pencarian Korban KM Sinar Bangun

Gabungan pencari korban tenggelam para penumpang KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba, Sumatera Utara, pada hari ketiga, Rabu (20/6/2018) , menghentikan sementara pencarian pada pukul 18.00…

Kecelakaan mobil di jalan raya (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Juni 2018 - 06:20 WIB

Libur Lebaran 2018, Angka Kecelakaan dan Pelanggaran di Jatim Menurun

Angka kecelakaan lalu lintas (laka) dan pelanggaran pada "Operasi Ketupat Semeru 2018" untuk mengamankan jalannya arus mudik dan arus balik Lebaran di wilayah Jawa Timur hingga hari ke-14 menurun…

Danau Toba (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Juni 2018 - 06:20 WIB

DPR Desak Kemenhub Segera Benahi Semua Transportasi Air

Tim SAR Gabungan dan Posko Harian Mudik Nasional Kementerian Perhubungan diharapkan dapat bekerja maksimal mencari dan menemukan korban hilang pada tragedi tenggelamnya KM Sinar Bangun di perairan…