Ahmad Dhani di Pecat Dari Lesbumi NU, Ini Penyebabnya

Oleh : Hariyanto | Senin, 12 Desember 2016 - 08:42 WIB

Ahmad Dani
Ahmad Dani

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Ahmad Dhani dikabarkan dipecat dari Pusat Lembaga Seni Budaya Muslimin Nahdlatul Ulama (PP Lesbumi NU). Kabar pemecatan Ahmad Dhani disampaikan via akun Twitter oleh Nadirsyah Hosen, Rais Syuriah PCI NU Australia-New Zealand yang juga Pengasuh Ponpes Ma'had Aly Raudhatul Muhibbin Bogor.

Ahmad Dhani dipecat oleh Ketua Umum PBNU karena menyamakan Hadratusy Syekh Hasyim Asy'ari sang pendiri NU dengan petinggi FPI Rizieq Shihab. Kicauan Nadirsyah Hosen yang disebar Kamis (8/12) beredar luas menjadi perbincangan netizen.

Ketua Umum PP Lesbumi NU KH Agus Sunyoto kemudian membenarkan kabar pemecatan Ahmad Dhani dari posisi Wakil Ketua PP Lesbumi NU.

"Atas permintaan dari teman-teman Lesbumi juga dari PBNU. Sudah sejak pekan lalu," kata KH Agus Sunyoto.

Namun menurut KH Agus Sunyoto, Ahmad Dhani diberhentikan bukan semata karena statusnya di Twitter yang menyamakan Hadratusy Syekh Hasyim Asy'ari sang pendiri NU dengan petinggi FPI Rizieq Shihab.

Sejumlah sikap Ahmad Dhani yang dianggap tak lagi sesuai dengan nilai-nilai Lesbumi dan NU turut berkontribusi atas keputusan pemecatan ini.

Salah satu yang paling mendapat sorotan adalah aksi Ahmad Dhani pada November lalu saat berorasi di depan masa unjuk rasa di Jakarta. Saat itu Dhani diberitakan melontarkan kata-kata tak patut saat menyindir Presiden Joko Widodo.

"Banyak sikap dia yang bikin dipecat. Salah satunya saat orasi (terkait dugaan penghinaan Kepala Negara). Itu masalah hukum kita gak mau bermasalah dengan hukum," kata KH Agus Sunyoto.

Atas sikap Ahmad Dhani tersebut, KH Agus Sunyoto mengatakan, Lesbumi NU tak akan memberi bantuan pendampingan hukum apapun atas kasus yang menjerat Ahmad Dhani.

"Masalah ini tidak kita bantu, karena di NU sudah jelas. NU identik dengan santri, bahwa para santri harus menghormati pemimpin itu masalah moral, tak boleh merendahkan," kata Agus Sunyoto.

PP Lesbumi NU segera mengirimkan tembusan surat pemberhentian Ahmad Dhani sebagai Wakil Ketua PP.

Namun Agus Sunyoto menambahkan bahwa kendati menerima pelantikan sebagai pengurus sejak setahun lalu, Ahmad Dhani tak pernah aktif di organisasi. Lesbumi NU menilai Ahmad Dhani tak berkontribusi sama sekali.

"Selama ini tak pernah aktif. Ditelpon saja gak nyambung," ujarnya.

Lesbumi NU adalah salah satu lembaga di bawah naungan NU yang bertugas melaksanakan kebijakan di bidang pengembangan seni dan budaya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mentan Amran Andi Sulaiman

Jumat, 21 September 2018 - 05:44 WIB

Menteri Amran ; Jangan Main-Main dan Coba Korupsi, Aku Sikat

INDUSTRY.co.id

Lembang Jawa Barat - Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, menyampaikan hal tersebut, dihadapan Masyarakat Tani Hortikultura, pada acara Spekta…

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution

Jumat, 21 September 2018 - 05:38 WIB

Indonesia Food Watch Sebut Menko Darmin Sudah Pikun Data Pangan

INDUSTRY.co.id

Jakarta - Indonesia Food Watch membuka suara terkait polemik impor beras saat ini sehingga terjadi pro kontra kebijakan impor. Apalagi baru-baru…

Anto Kepala Bid Hub Antar Lembaga Forjim saat mengisi training JICBS

Jumat, 21 September 2018 - 05:32 WIB

Forjim Latih Jurnalistik 3000 Dai Parmusi

INDUSTRY.co.id -

Jakarta Forum Jurnalis Muslim (Forjim) menjalin kerja sama program dengan Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi). Forjim akan mengisi pelatihan…

Mentan Andi Amran Sulaiman (Dok Industry.co.id)

Jumat, 21 September 2018 - 01:00 WIB

Di Tengah Rupiah Melemah, Mentan Genjot Ekspor

INDUSTRY.co.id

Di tengah melemanhnya nilau tukar rupiha terhadap dollar saat ini, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman kembali menggenjot volume ekspor…

Ilustrasi borobudur-IST

Kamis, 20 September 2018 - 20:50 WIB

Genjot Kunjungan Wisatawan, Kemenpar Gelar Sales Mission Borobudur

Sebagai destinasi utama, pengembangan Borobudur menjadi salah satu prioritas oleh Kementerian Pariwisata. Salah satunya melalui sales mission. Kali ini misi penjualan dilakukan di Grand Mercure…