Indonesia-Italia Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi

Oleh : Herry Barus | Rabu, 17 Mei 2017 - 10:05 WIB

Menko Darmin Nasution (Setkab)
Menko Darmin Nasution (Setkab)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menggelar pertemuan dengan Menteri Pembangunan Ekonomi Italia Carlo Calenda guna menjalin kesepakatan peningkatan kerja sama bidang ekonomi.

"Saya berharap kunjungan ini dapat memperkuat kerja sama bilateral antara Indonesia dan Italia, khususnya di bidang ekonomi, perdagangan, dan investasi," kata Darmin di Jakarta, Selasa (16/5/2017)

Darmin mengatakan Italia merupakan salah satu mitra penting bagi Indonesia.

Menurut data Kementerian Perdagangan pada 2016, total nilai perdagangan bilateral antara Indonesia dan Italia sebesar 3 miliar dolar AS. Jumlah ini turun 8,6 persen dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 3,2 miliar dolar AS.

Terkait dengan kerja sama perdagangan, ekspor utama Indonesia ke Italia adalah batubara, crude palm oil (CPO), alas kaki, karet, kopi, peralatan perekaman, perabotan, garmen, dan kertas pulp.

Sedangkan andalan impor Indonesia dari Italia antara lain mesin cuci, tabung dan pipa, kertas daur ulang dan kardus, mesin dan peralatan mekanik, produk kulit, suku cadang dan produk otomotif, dan mesin tekstil.

Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada 2016, investasi Italia ke Indonesia hanya mencapai 26,7 juta dolar AS yang terdiri dari 169 proyek.

Pada kuartal I-2017, peringkat penanaman modal asing Italia berada di posisi 25 dengan nilai investasi 11,34 juta dolar AS.

Darmin percaya bahwa kerja sama ekonomi kedua negara akan meningkat. "Kami akan memberikan upaya terbaik untuk memperkuat dan melaksanakan semua proyek strategis antara Indonesia dan Italia," kata dia.

Dalam kesempatan lain, Presiden Associazione Italia-ASEAN Enrico Letta menargetkan peningkatan investasi sebesar 10 persen di Indonesia.

"Kami berharap bisa meningkatkan investasi paling tidak 10 persen tahun ini. Penerbangan, infrastruktur, pengolahan makanan, energi dan farmasi adalah sektor-sektor yang menjadi fokus," kata Enrico di sela-sela kegiatan Pertemuan Tingkat Tinggi Hubungan Ekonomi ASEAN-Italia.

Ia menyadari investasi Italia ke Indonesia masih kecil disebabkan ketidakpahaman perusahaan Italia terkait peluang investasi di Indonesia.

"Sekitar 450 perusahaan dari Italia sudah berinvestasi di Asia Tenggara. Perusahaan-perusahaan tersebut siap meningkatkan investasi di Indonesia," kata dia seperti dilansir Antara.

Enrico juga mengatakan kerja sama perdagangan dan investasi Italia di Indonesia masih sangat terbuka lebar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:45 WIB

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Jakarta - Koordinasi dan kolaborasi lintas sektoral serta sosialisasi kebijakan yang masif menjadi kunci keberhasilan mudik sehat dan aman. Hal ini penting dilakukan mengingat jumlah pemudik…

Bank Mandiri saat menyerahkan santunan ke Yatim dan Dhuafa

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:34 WIB

Tebar Berkah Ramadan 1445 H, Mandiri Group Santuni 57.000 Anak Yatim dan Duafa

Bank Mandiri kembali berbagi kebersamaan di bulan suci Ramadan dengan masyarakat sekitar. Kali ini, Bank Mandiri bersama anak perusahaan memberikan bingkisan kepada 57.000 anak yatim dan duafa,…