Kemenperin Gandeng Kementerian Terkait Pacu Industri Mebel Nasional

Oleh : Ridwan | Selasa, 16 Mei 2017 - 16:46 WIB

Pameran industri Furniture
Pameran industri Furniture

INDUSTRY.co.id -Jakarta, Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian terus memacu pengembangan industri mebel dan kerajinan nasional melalui penguatan koordinasi di lintas kemeterian dan lembaga. Langkah strategis ini dilakukan, antara lain untuk menjamin ketersediaan bahan baku, memberikan insentif untuk meningkatkan ekspor dan mendorong investasi di sektor ini.

Dirjen Industri Agro, Kementerian Perindustrian, Panggah Susanto mengatakan, pihaknya telah mengirimkan surrat kepada Menteri Pertanian untuk meminta pengecualian sample furnitur dari proses karantina. Selain itu, kepada Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) tentang penyederhanaan birokrasi kayu hasil budidaya rakyat.

"Kami juga meminta kepada Menteri Perdagangan untuk menghapus persyaratan rekomendasi Kementerian LHK, terkait impor bahan baku bagi penerima fasilitas kemudahan impor tujuan ekspor (KITE)," ungkap Panggah Susanto melalui siaran persnya dalam acara Deklarasi Hari Mebel Indonesia di Cirebon, Jawa Barat (16/5/2017).

Selain itu, Panggah menjelaskan, kepada Mendag, kami juga meminta untuk penghapusan biaya verifikasi produk barang jadi rotan yang dibebaankan kepada pelaku industri.

Menurut catatan Kemenperin, kinerja ekspor industri furnitur Indonesia pada tahun 2016 sebesar USD 1.6 miliar. Sementara itu, berdasarkan data Centre for Industrial Studies (CSIL), nilai perdagangan furnitur dunia pada tahun 2016 mencapai USD 131 ,iliar.

"Ekspor furnitur pada tahun 2017, diprediksi akan meningkat menjadi USD 138 miliar," terangnya.

Untuk itu, lanjut Panggah, diperlukan upaya maksimal dari semua pihak terkait untuk mewujudkan hal tersebut, terutama dalam perbaikan sistem logistik bahan baku, produktivitas industri, inovasi produk, dan juga promosi yang lebih luas.

Seperti diketahui, pengembangan industri nasional diarahkan kepada industri yang menghasilkan produk-produk yang memiliki nilai tambah tinggi, banyak memanfaatkan sumber daya alam lokal, kompetitif di pasar global dan ramah lingkungan.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengatakan, pihaknya bersama pelaku usaha tengah menyusun rencana aksi dalam upaya memacu kinerja industri mebel dan kerajinan nasional agar mampu tumbuh dan berdaya saing. Dan menekankan kepada pelaku industri mebel dan kerajinan nasional agar terus berinovasi dan kreatif sehingga bisa meningkatkan nilai tambah produk dan memenuhi selera pasar saat ini.

"Kemenperin berharap masyarakat Indonesia dapat lebih mencintai produk dalam negeri dengan menggunakan produk furnitur dan kerajinan Tanah Air," tutup Panggah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…