PHRI: Jelang Ramadhan dan Lebaran 2017, Okupansi Hotel Akan Menurun

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 16 Mei 2017 - 14:22 WIB

 Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Hariyadi Sukamdani (Foto:jurnas)
Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Hariyadi Sukamdani (Foto:jurnas)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Menjelang bulan Ramadhan dan Lebaran 2017, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Haryadi Sukmandani mengatakan, bahwa akan ada penuruan di kuartal II, yakni pada bulan Ramadhan dan Lebaran tahun ini.

Haryadi mengatakan kepada INDUSTRY.co.id, di Jakarta Selasa (16/5/2017), bahwa, "Untuk kuartal I terjadi penuruan untuk okupansi hotel. Jika dibandingkan tahun 2016, kuartal pertama di tahun 2017 terjadi penurunan tipis," jelasnya.

Ia menambahkan, adapun penuruan di kuartal I ini disebabkan adanya over supply kamarnya lebih banyak, adanya pemangkasan anggaran dari pemerintah serta banyaknya hari libur.

"Di kuartal II nanti kita akan mengalami penurunan di bulan puasa selama hampir lima minggu, untuk hotel yang terdapat di kota-kota besar," sambungnya.

Pada bulan Ramadhan di kuartal II okupansi hotel di kota besar akan menurun, tetapi yang akan menikmati peningkatan okupansi yang tinggi hanya di daerah tujuan wisata saja, tambahnya.

"Jadi mungkin akan membaik di kuartal III atau ke IV. Untuk mensiasati penurunan di kuartal sebelumnya memang agak berat, tetapi memang kita akan membuat rencana, salah satunya dengan mendorong turis untuk datang ke Indoneisa serta melakukan pergerakan perjalanan wisatawan domestik, di tahun depan," pungkasnya Haryadi Sukmandani.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kingston Partner Gathering, Kamis (21/3/2019)

Jumat, 22 Maret 2019 - 23:00 WIB

Perkuat Pasar, Kingston Miliki Puluhan Mitra Reseller di Indonesia

Kingston Technology, salah satu pemimpin dunia dalam solusi produk dan teknologi penyimpanan memori, secara bersama-sama dengan para mitra penjualan mengumumkan program mitra resmi di Indonesia.

Suasana diskusi yang bertajuk “Kasus Privatisasi JICT Jilid II (2015-2039), Kemana Pemerintah dan KPK” yang digelar Serikat Pekerja (SP) JICT di Hotel Sunlake, Sunter, Jakarta, Kamis (21/03/2019) petang.

Jumat, 22 Maret 2019 - 20:49 WIB

Pakar Hukum UGM: Perpanjangan Kontrak Pelindo II dan Hutchison Ports Tetap Sah

Oce Madril, pakar Tindak Pidana Korupsi Universitas Gajah Mada (UGM), menilai perjanjian perpanjangan kontrak PT Jakarta International Container Terminal (JICT) antara PT Pelindo II dan Hutchison…

Tommy Soeharto Ketum Partai Berkarya (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 22 Maret 2019 - 20:00 WIB

Tommy Soeharto: Kami Hadir Memberi Bukti, Bukan Janji

Ketua Umum Partai Berkarya Tommy Soeharto mengatakan partainya berkomitmen memberi solusi dan bukti, bukan janji, untuk meningkatkan produksi pangan nasional.

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Jumat, 22 Maret 2019 - 19:05 WIB

Kemenperin Dorong IKM Logam Perluas Kemitraan Dengan Perusahaan Otomotif

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menegah dan Aneka (IKMA) meenggelar acara Kick-Off IKM dalam Supply Chain Industri Otomotif Nasional.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto ketika mengunjungi sentra IKM logam Ngingas, Sidoarjo, Jawa Timur

Jumat, 22 Maret 2019 - 18:18 WIB

IKM Siap Berkontribusi dalam Rantai Pasok Industri Otomotif Nasional

Industri Kecil Menengah (IKM) siap berkontribusi dalam rantai pasok industri otomotif nasional yang diwujudkan melalui keberhasilan Koperasi Batur Jaya (KBJ) yang sejak awal Januari 2019 berhasil…