Shell Bertekad Hadirkan Energi Yang Lebih Bersih

Oleh : Hariyanto | Senin, 15 Mei 2017 - 17:16 WIB

Darwin Silalahi, Presiden Director & Country Chairman Shell Indonesia didampingi oleh Dr Budi Santoso, ST. MT, Dosen Pembimbing Tim Bengawan
Darwin Silalahi, Presiden Director & Country Chairman Shell Indonesia didampingi oleh Dr Budi Santoso, ST. MT, Dosen Pembimbing Tim Bengawan

INDUSTRY.co.id - Solo, Kebutuhan energi secara global semakin bertambah seiring dengan semakin tingginya populasi penduduk dunia dengan standar hidup yang juga meningkat. Hal ini membawa konsekuensi berupa peningkatan jumlah CO2 di atmosfer dan gas rumah kaca lainnya. Oleh karena itu dibutuhkan upaya serius secara kolektif untuk mengurangi dampak pencemaran lingkungan dan menghadapi perubahan iklim dengan mendatangkan lebih banyak energi dari sumber-sumber yang jumlah karbonnya rendah.

“Hal ini yang menjadi concern kami secara global. Pengetahuan, teknologi, dan inovasi yang kami miliki bisa membantu menghadirkan solusi untuk menjawab tantangan transisi energi masa depan,” ujar Darwin Silalahi, President Director & Country Chairman Shell Indonesia di Solo, Senin, (15/5/2017).

“Ini merupakan salah satu upaya Shell untuk membantu mewujudkan kehidupan yang lebih baik dengan menghadirkan energi yang lebih banyak dan lebih bersih,” tambahnya.

Hal tersebut ia sampaikan di hadapan ratusan mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) dalam kuliah umum bertajuk ‘A Better Life with A Healthy Planet’ yang diselenggarakan di UNS Inn, Solo. Kuliah umum dihadiri juga Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, Rektor UNS Prof. Dr. H. Ravik Karsidi. M.S, jajaran rektorat dan dekan serta civitas akademi UNS lainnya.

Dalam presentasinya, Darwin melihat bahwa masa depan itu dipenuhi dengan hal ketidakpastian, hanya sedikit yang pasti. Pertama, terkait transisi energi. Hal ini bisa dilihat bagaimana proses transisi energi itu terjadi. Selama 50.000 tahun keberadaan kehidupan manusia, sumber energi umat manusia telah melewati transisi yang tumpang tindih.

Kedua, transisi bisa terjadi dengan cara yang tidak bisa diduga. Hal ini bisa dilihat pada inovasi sistem transportasi yang berubah secara radikal. Awalnya hanya alat transportasi yang ditarik dengan kuda berkembang menjadi kendaraan yang lebih modern dan bebas polusi hingga sistem transportasi yang lebih canggih lagi.

Ketiga, harapan masyarakat yang terus berkembang dan berlangsung hanya satu arah. Apa yang "dapat diterima" di tahun 1940an tentu saja tidak popular lagi hari ini. Demikian juga apa yang dapat diterima hari ini mungkin tidak dapat diterima lagi 10, 20, atau lebih dari 50 tahun dari sekarang.

“Sebagai warga masyarakat, kita selalu berharap bahwa perusahaan yang beroperasi di sekitar kita agar dapat menjalankan kegiatan bisnis dengan lebih bersih, lebih aman, lebih bertanggung jawab, dan lebih transparan.” ujarnya.

Pemaparan tersebut menunjukan bahwa sistem energi yang dirancang saat ini berperan menentukan masa depan. Berdasarkan data dari Shell Analysis World Energy Model: “World Energy Demand 2015” memperlihatkan bahwa di tahun 2015, penggunaan Minyak mencapai 32%, Gas (22%), Batubara (27%), Biomassa (10%), Nuklir (5%) dan Energi terbarukan/Renewable (4%). Sedangkan listrik (18%) dan fuel & feedstock (82%) yang terbagi untuk konsumsi perumahan (32%), transportasi (27%) serta industri dan layanan (41%).

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.

#bluBuatBaik Waste Station sudah tersebar di 7 lokasi strategis.

Rabu, 24 April 2024 - 23:16 WIB

Hari Bumi, Ini Langkah Kecil Memilah Sampah Untuk Bumi Lebih Sehat

blu by BCA Digital turut memfasilitasi dengan membangun sarana seperti Waste Station dan mengintegrasikan aplikasi Rekosistem x blu untuk mendorong perubahan kebiasaan dalam mengelola sampah…

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).